Kamis, 02 Maret 2023

Resume Topik Merdeka Belajar pada Platform Merdeka Mengajar (Modul 2)

Modul 2 - Mendidik dan Mengajar

Salam dan Bahagia..

Topik Merdeka Belajar pada Platform Merdeka Mengajar (PMM), berisi lima modul yang harus di selesaikan. Pada postingan sebelumnya, Bu Rien'z telah menyampaikan resume Modul 1 - Mengenali dan Memahami Diri sebagai Pendidik. Kali ini kita akan menyambung ke Modul 2, tentang Mendidik dan Mengajar.

Modul 2. Mendidik dan Mengajar

Sekolah atau satuan pendidikan seringkali dipersepsi sebagai tempat mengasah kecerdasan kognitif semata. Sementara kehidupan kita percaya tidak hanya memerlukan kecerdasan kognitif, ada kecerdasan dan keterampilan hidup lain yang diperlukan untuk menjalani hidup. Kita percaya bahwa sekolah dan pendidikan merupakan bekal untuk murid kita mengisi masa depan. Pertanyaannya, Apakah hal-hal yang Ibu dan Bapak Guru lakukan setiap hari di ruang kelas bisa membantu murid mengisi masa depannya? Pada modul ini kita akan bersama berefleksi mengenai praktik mengajar kita apakah sudah cukup menyiapkan murid di masa depan? 

Modul ini dikembangkan oleh: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta ditinjau oleh Simon Rafael dan Monika Irayati. Simon Rafael dan Monika Irayati berpengalaman di bidang pendidikan dan kepelatihan guru, salah satunya adalah Program Guru Penggerak

Daftar Materi: 
A. Mendidik Menyeluruh

Kita percaya bahwa sekolah dan pendidikan merupakan bekal untuk murid kita mengisi masa depan. Pertanyaannya, Apakah hal-hal yang Ibu/ Bapak lakukan setiap hari di ruang kelas bisa membantu murid mengisi masa depannya?
Pada modul ini kita akan bersama berefleksi mengenai praktik mengajar kita apakah sudah cukup menyiapkan murid di masa depan?
Video materi bisa diakses melalui link berikut ini: https://youtu.be/R3jMf0-SzCI 

Referensi:
Ki Hadjar Dewantara - Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka). Cetakan ke 5: 2013. Penerbit: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa bekerja sama dengan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa 2013

B. Pendidikan Satu Abad

Kita percaya bahwa sekolah dan pendidikan merupakan bekal untuk murid kita mengisi masa depan. Pertanyaannya, Apakah hal-hal yang Ibu/ Bapak lakukan setiap hari di ruang kelas bisa membantu murid mengisi masa depannya?
Pada modul ini kita akan bersama berefleksi mengenai praktik mengajar kita apakah sudah cukup menyiapkan murid di masa depan?
Video Materi Modul ini dapat diakses melalui link berikut: https://youtu.be/9Jh7YtCBiR8

Referensi:
Ki Hadjar Dewantara - Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka). Cetakan ke 5: 2013. Penerbit: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa bekerja sama dengan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa 2013

C. Menjadi Manusia (secara) Utuh

Manusia memilki dua kebutuhan dasar yaitu kebutuhan lahir dan batin. pendidikan seyogyanya dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Mari kita simak video berikut, untuk memahami lebih detail mengenai materi ini. https://youtu.be/FNqIlGa4PA4 Video ini mengajak kita bagaimana peran guru dalam memenuhi kebutuhan lahir dan batin murid mencapai selamat dan bahagia. Apakah cara mendidik dan mengajar kita sudah memenuhi kebutuhan murid?

Referensi:
Ki Hadjar Dewantara - Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka). Cetakan ke 5: 2013. Penerbit: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa bekerja sama dengan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa 2013

Post Test Modul 2 - Mendidik dan Mengajar 

Terdapat 12 Soal yang harus dikerjakan oleh bapak/ibu guru di Modul 2 ini. Kriteria telah menuntaskan modul adalah ketika semua pertanyaan dapat terjawab dengan baik. Pada kesempatan ini, Bu Rienz akan menampilkan soal-soal yang ada pada Modul 2. 

Soal 1
Ki Hadjar Dewantara mendefinisikan “Pendidikan” sebagai “tuntunan”. Artinya…
Jawaban: D Tuntunan dalam hidup tumbuhnya murid sesuai dengan kodratnya

Soal 2
Apa definisi dari “mendidik” yang paling tepat menurut Ki Hadjar Dewantara?
Jawaban: A Menuntun segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik itu sebagai manusia maupun anggota masyarakat

Soal 3
Berikut ini adalah bentuk praktik pengajaran, kecuali:
Jawaban: B Guru mengamati minat murid terhadap puisi

Soal 4
Menurut Ki Hadjar Dewantara, ... merupakan cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin.
Jawaban: D Pengajaran

Soal 5
Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari "tuntunan" orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah ...
Jawaban: B Akal budi yang berkembang

Soal 6
Berikut pernyataan yang sesuai terkait pemahaman terhadap kata "pendidikan" dan "pengajaran" menurut Ki Hadjar Dewantara ...
Jawaban: C Pengajaran adalah salah satu bagian dari pendidikan

Soal 7
Hanya fokus pada orientasi kognitif dalam pembelajaran dapat menyebabkan…
Jawaban: B Perkembangan kecakapan emosi dan sosial murid terabaikan

Soal 8
Menurut Ki Hadjar Dewantara, sistem pendidikan barat mengedepankan rasio dan ilmu pengetahuan tanpa adanya....
Jawaban: D pendidikan emosional dan olah rasa

Soal 9
Dasar utama yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara untuk mencapai keluhuran manusia, nusa dan bangsa adalah kemerdekaan setiap murid untuk mampu mengatur dirinya sendiri agar seperti tersebut di bawah ini, kecuali...
Jawaban: D mengatur orang lain

Soal 10
Sifat pendidikan yang paling sesuai dengan bangsa kita menurut Ki Hadjar Dewantara adalah ...
Jawaban : C Humanis, Kerakyatan dan Kebangsaan

Soal 11
Penanda manusia merdeka menurut Ki Hadjar Dewantara adalah berikut ini kecuali...
Jawaban: C beriman

Soal 12
Pengembangan budi pekerti (olah rasa, karakter), pikiran (olah pikir) dan jasmani (olah raga) murid melalui pendidikan tidak dapat dipisahkan, karena…
Jawaban: B Membuat diri murid menjadi seimbang

Demikian resume materi Modul 2 tentang Mendidik dan Mengajar. Kita lanjutkan resume modul 3 - Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh pada postingan berikutnya.

Sampai Jumpa..

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...