Modul 1 - Mengenali dan Memahami Diri sebagai Pendidik
Salam dan Bahagia...
Jargon Merdeka Belajar kita kenal dimana-mana. Tapi sebenernya apa sih maknanya? Samakah itu dengan membebaskan murid sebebas-bebasnya? Lalu apa batasannya?
Platform Merdeka Mengajar tentunya sudah menjadi hal yang tidak asing bagi para guru. Dari Platform yang sering kita sebut dengan PMM itu, salah satu fitur yang tersedia adalah fitur Pelatihan Mandiri. Disini, para guru bisa mengakses berbagai bentuk pelatihan secara mandiri yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Kemudahan akses PMM yang tidak hanya diakses melalui perangkat laptop saja, PMM juga bisa diakses oleh guru melalui aplikasi di perangkat android masing-masing.
Kali ini, Bu Rienz akan membagikan resume salah satu topik yang terdapat di pelatihan mandiri, yaitu Topik Merdeka Belajar. Topik Merdeka Belajar Topik ini berisi lima modul yang harus dipelajari. kelima modul itu adalah:
- Mengenali dan Memahami Diri sebagai Pendidik
- Mendidik dan Mengajar
- Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh
- Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti
- Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan.
Selain mempelajari materi, guru juga perlu mengerjakan soal latihan pemahaman, melakukan refleksi diri pada tiap modul, serta menyelesaikan post test dan tentu saja adalah mempraktikkan aksi nyata. Jika semua aktivitas tersebut dilakukan dengan baik pleh guru, maka guru tersebut berhak memperoleh sertifikat yang setara dengan 39 jam. Nah, mari kita kupas satu per satu materi di atas.
Modul 1. Mengenali dan Memahami Diri sebagai Pendidik
Pada modul ini, kita akan belajar dua hal:
- Merefleksikan diri dan peran sebagai pendidik
- Memproyeksikan diri menjadi guru seperti apa di masa depan.
Modul ini dikembangkan oleh: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta ditinjau oleh Simon Rafael dan Monika Irayati. Simon Rafael dan Monika Irayati berpengalaman di bidang pendidikan dan kepelatihan guru, salah satunya adalah Program Guru Penggerak
Sebagai Pendidik tentu sudah seharusnya mampu mengenali karakteristik dan kebutuhan murid. Akan tetapi hal yang paling mendasar juga harus dimulai dari diri sendiri yaitu mengenali kekuatan dan kelemahan diri. untuk memahami materi ini lebih detail, silakan menyaksikan video melalui link berikut. https://youtu.be/nvLIc9O5C9c
Video di atas, mengajak Ibu dan Bapak Guru merefelksikan kekuatan dan kelemahan yang kita punyai, lalu bagaimana kita dapat mengelola apa yang kita miliki tersebut untuk berperan mendidik murid-murid kita.
Referensi: Ki Hadjar Dewantara - Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka). Cetakan ke 5: 2013. Penerbit: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa bekerja sama dengan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa 2013
Tidak dipungkiri bahwa peran guru amatlah penting bagi perkembangan murid. Materi lebih detail dijelaskan oleh nara sumber melalui link berikut ini. https://youtu.be/sORGF8_h_g4 Video ini mengajak kita berefleksi bersama terkait peran sebagai guru selama ini.
Referensi: Ki Hadjar Dewantara - Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka). Cetakan ke 5: 2013. Penerbit: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa bekerja sama dengan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa 2013
Murid seringkali terinspirasi dari Ibu dan Bapak gurunya. Tentu sebagai guru, kita ingin memberikan pengaruh-pengaruh yang baik di masa depan murid. Materi pada sub modul ini dapat diakses melalui link berikut. https://youtu.be/t0FOFVWq4kM Video ini mengajak kita memproyeksikan menjadi guru seperti apa di masa depan?
Referensi: Ki Hadjar Dewantara - Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka). Cetakan ke 5: 2013. Penerbit:Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa bekerja sama dengan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa 2013
Terdapat 10 Soal yang harus dikerjakan oleh bapak/ibu guru di Modul 1 ini. Kriteria telah menuntaskan modul adalah ketika semua pertanyaan dapat terjawab dengan baik. Pada kesempatan ini, Bu Rienz akan menampilkan soal-soal yang ada pada Modul 1.
Soal 1 Berikut adalah salah satu contoh penerapan belajar merdeka yang diterapkan dalam pendidikan di sekolah
Jawaban: C Mempercayakan murid-murid untuk bekerja dengan mandiri dan membimbingnya jika membutuhkan bantuan
Soal 2 Apa definisi manusia merdeka menurut Ki Hajar Dewantara?
Jawaban: B Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun batin, tidak tergantung dengan orang lain
Soal 3 Pendidik sejatinya menuntun tumbuh kodrat pada anak agar dapat memperbaiki....
Jawaban: A perilakunya
Soal 4 Berikut ini langkah-langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang pendidik untuk menuntun murid-murid menjadi manusia yang merdeka, kecuali ...
Jawaban: B Menambah kapasitas diri sebagai pendidik
Soal 5 Sebagai guru, apa saja pengalaman belajar yang perlu dimaknai oleh murid?
Jawaban: A Pengetahuan, keterampilan dan wawasan keilmuan, serta pendidikan karakter
Soal 6 Untuk memberikan ilustrasi tentang pentingnya mendidik anak, Ki Hajar Dewantara menyamakannya seperti...
Jawaban: B mendidik masyarakat
Soal 7 Murid-murid kita saat ini adalah generasi digital native , fasih berselancar di internet, mendapatkan pengetahuan bahkan mempelajari keterampilan sesuai kebutuhan belajar mereka. Apa yang dimaksud generasi digital native?
Jawaban: C Generasi yang lahir dan tumbuh di dalam era digital
Soal 8 Dengan menjadi guru, apa yang kelak akan dibentuk dengan menjadikan murid-murid sebagai bagian atau bahkan pemimpin masyarakat di masa depan?
Jawaban: B Kebudayaan
Soal 9 Untuk menjadi guru yang dapat menghadapi perubahan zaman yang dinamis, keterampilan apa yang perlu dimiliki seorang guru?
Jawaban: C Adaptif
Soal 10 Jika seorang guru ingin muridnya menjadi manusia yang memiliki empati, maka ia perlu melakukan hal-hal berikut ini, kecuali....
Jawaban: A memastikan muridnya selalu sukses dalam proses belajarnya
Soal-soal di atas bisa saja ditampilkan secara acak. Bapak/ibu pembaca sekalian, bisa mencocokkan jawaban yang Bu Rien'z berikan ini dengan soal yang bapak/ibu kerjakan.
Nah, Modul 1 sudah diselesaikan. Mari kita lanjutkan menuju ke Modul 2 - Mendidik dan Mengajar. Sampai jumpa pada postingan berikutnya..
0 comments:
Posting Komentar