Kamis, 16 Maret 2023

Sinergi Pusdatin, BLPT, bersama Duta Teknologi dan Kapten Belajar.id (Part 1)

Pembukaan Kegiatan Sinergi Pusdatin, BLPT bersama DTK dan Kapten Belajar.id

Ada yang spesial di bulan Maret ini bagi para Duta Rumah Belajar dan Duta Teknologi kemendikbudristek. Untuk pertama kalinya seluruh Duta Rumah Belajar (DRB) dan Duta Teknologi Kemendikbudristek (DTK) dikumpulkan dalam satu event secara bersamaan. Sebanyak kurang lebih 202 DRB, DTK angkatan tahun 2017 hingga 2022 berserta Kapten belajar.id dari 34 provinsi se-Indonesia berada dalam satu ruangan di kegiatan "Sinergi Pusdatin, BLPT bersama Duta Teknologi dan Kapten Belajar.id" di Hotel Millenium Sirih Jakarta selama 4 hari. Sesuai undangan, kami ber 202 akan mengikuti kegiatan ini pada hari Kamis-Minggu, tanggal 16-19 Maret 2023 dengan jadwal rundown acara yang sudah disusun sedemikian rupa padatnya.

Diawali dengan acara pembukaan pada hari Kamis, 16 Maret 2023 malam. Seluruh DRB dan DTK beserta Kapten Belajar.id berkumpul di Java Ballroom dengan pembagian tempat duduk sesuai wilayah/provinsi masing-masing. Mengenakan Dresscode masing-masing angkatan, Bu Rien'z beserta 33 DTK angkatan 2022 yang lainnya mengenakan seragam baru kita dengan nuansa warna Abu-abu, bawahan hitam dan hijab berwarna hitam. 


Pada acara pembukaan ini, Kepala Pusdatin kemendikbudristek, Bapak M. Hasan Chabibie menyampaikan bahwa saat ini kami para Duta dan Kapten Belajar.id mengemban tugas untuk mengoptimalkan, mensosialisasikan dan berkontribusi dalam pemanfaatan Plastform teknologi berbasis e-pembelajaran dalam mendukung peran sebagai pendidik pada satu tahun mendatang. Para Duta Teknologi dan Kapten belajar.id sebagai "Connecting The Dots" akan bergerak untuk memberikan inspirasi kepada seluruh guru di Indonesia untuk mewujudkan Merdeka Belajar melalui berbagi Praktik Baik dalam menerapkan platform teknologi dengan cara berkoordinasi bersama Dinas Pendidikan di daerah masing-masing. Kerjasama itu meliputi hal distribusi dan penyebaran platform teknologi berbasis e-pembelajaran.


Pada kesempatan ini pula, dilakukan juga transformasi Duta Rumah Belajar tahun 2017-2021 menjadi Duta Teknologi Kemendikbudristek, dengan ditandai penukaran selempang DRB ke DTK secara simbolis, yang diwakili oleh ketua masing-masing angkatan tahun 2017 hingga 2022. Duta Teknologi  merupakan pendidik terpilih dari kompetisi Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) yang rutin dilaksanakan setiap tahun sejak 2017-2022, sementara Kapten belajar.id ini adalah pemimpin komunitas berbasis akun Belajar.id di masing-masing daerah. pada tahun ini, keduanya akan dilibatkan secara langsung sebagai partner/mitra dari Pusdatin dalam kegiatan pemanfaatan berbagai platform digital.


Untuk memaksimalkan peran Pusdatin dalam bertugas, maka dibentuklah Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kemendikbudristek melalui Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 49 tahun 2022.

Spesial di hari pertama ini, turut hadir pula Prof. Dr. Nunuk Suryani selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) sebagai keynote speaker. Beliau menyampaikan bahwa berbagai platform teknologi pembelajaran merupakan persembahan bagi para guru sebagai sarana untuk berkarya, mengajar dan saling memberi inspirasi untuk negeri. Harapannya, dengan sinergi antara Pusdatin, BLPT bersama DTK dan Kapten belajar.id ini akan mampu melahirkan pembiasaan dalam pemanfaatan platform teknologi, sehingga akan membentuk budaya (kultur) teknologi yang berujung pada pendidikan yang merata dan berkualitas.

Keberadaan Duta Teknologi dan Kapten belajar.id di wilayah masing-masing, diharapkan mampu membantu guru-guru lain untuk menguasai platform pembelajaran baik di lingkungan sekolah sendiri, maupun komunitas di sekitarnya. Pesan Prof Nunuk adalah dampingi para guru yang masih gagap teknologi, ajak mereka untuk segera melek teknologi.


Diakhiri dengan sesi foto bersama tiap angkatan, dan sebagai penyemangat bagi kami, para Duta Teknologi, Bapak M. Hasan Chabibie menyampaikan Yel Yel baru kami sebagai Jangkar Teknologi Pendidikan Indonesia

Siapa Kita???
Duta Teknologi
Siapa Kita???
Duta Teknologi
Duta Teknologi!!
Jangkar Teknologi Pendidikan Indonesia
Location: Jl. H. Fachrudin No.3, Kp. Bali, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270, Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...