Jumat, 17 Februari 2023

Rapat Virtual Warga 02 BLPT

Seru!! Pertemuan Perdana DRB & DTK 

Agenda di Jumat sore ini, cukup spesial karena adanya pertemuan perdana secara virtual antara Duta Rumah Belajar tahun 2017-2021 dan Duta Teknologi Kemendikbudristek tahun 2022. Pertemuan secara virtual ini diadakan sebagai salah satu upaya silaturahmi dan koordinasi antara DRB, DTK dan BLPT (Balai Layanan Teknologi Pendidikan). Sebagai kepanjangan tangan dari BLPT, tentu saja para DRB dan DTK sangat perlu untuk mengikuti pertemuan ini agar tidak ketinggalan informasi penting dari BLPT. Selain itu, pertemuan ini juga menjadi moment yang ditunggu-tunggu untuk saling sapa dan temu kangen bersama DRB & DTK semua angkatan dari seluruh Nusantara.

Dipandu oleh host yang cantik dan energik, Mba Aiz, pertemuan virtual ini dihadiri oleh kurang lebih 165 peserta meeting. Bisa kebayang bagaimana serunya ketika kami semua saling menyapa dan bercanda di room meet..😀 Sangat seru dan yang pasti, kehangatan dan kekeluargaan sangat terasa di lingkungan keluarga besar BLPT ini. Diawali dengan berdoa bersama, terdapat agenda utama dalam pertemuan ini, antara lain adalah pemutakhiran data DRB & DTK, koordinasi rencana Rakor, dan informasi pendaftaran IKM bagi sekolah untuk tahun pelajaran 2023/2024.

Dalam sambutannya, Teh Tuti (begitu panggilan sayang kami kepada beliau) memperkenalkan diri sebagai ibu "Kepala Sekolah" baru menggantikan jabatan Bapak mantan "Kepala Sekolah" Arief Dharmawan yang saat ini berpindah ketugasan di Bidang Jejaring dan Kemitraan. Teh Tuti juga memperkenalkan kembali tim warga 02 (Bidang Distribusi Platform) yang didalamnya termasuk kami para DRB & DTK. Sementara warga 01 (bidang Jejaring dan Kemitraan) yang dipimpin oleh Bapak Arief Darmawan juga diperkenalkan secara singkat. Selanjutnya perkenalan warga 03 (Bidang Pelayanan Pemanfaatan) yang dipimpin oleh bapak Agus Ali Sri Wartono, memberikan sebuah fasilitas yang luar biasa bagi DRB & DTK yaitu berupa akun belajar khusus yang pastinya lebih dari sekedar akun belajar yang dimiliki oleh bapak/ibu guru yang lainnya. Waaahhh... Terima kasih banyak, pak Agus😍. Dan yang terakhir warga 04 (Bidang Pemantauan dan Evaluasi) dipimpin oleh Bapak Saleh Sarifudin. Setelah semua tim BLPT diperkenalkan, Mba Aiz juga mempersilakan para ketua angkatan DRB dan DTK untuk memperkenalkan anggotanya.

Pemutakhiran Data DRB & DTK

Agenda pertama pertemuan virtual ini adalah menyampaikan update pemutakhiran data DRB dan DTK semua angkatan. Dimana sampai hari jumat pukul 11.00 WIB siang tadi, sudah 45% data DRB dan DTK yang masuk. Mba Aiz juga mengingatkan bahwa pemutakhiran data ini ditunggu sampai hari Munggu, 19 Februari 2023 pukul 23.59 WIB. Tujuan pemutakhiran data ini adalah selain untuk mendata kembali data terbaru dari para DRB & DTK semua angkatan, ada rencana pembuatan profil DRB & DTK di tiap angkatan, yang nantinya akan di posting di platform layanan BLPT. Dari data tersebut juga nantinya akan menjadi dasar untuk mengundang para DRB & DTK pada rakor pada bulan Maret mendatang.

Rakor DRB & DTK

Rakor DRB dan DTK direncanakan akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Maret (Sebelum Ramadhan). Rakor ini harapannya akan menjadi pertemuan akbar seluruh DRB dan DTK sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan berkolaborasi untuk membahas kegiatan dan kebijakan yang akan dilaksanakan oleh BLPT selama 1 tahun kedepan. Teh Tuti juga menyampaikan bahwa DRB tahun 2017-2021 akan bertransformasi menjadi DTK. Salah satu agenda tahunan yang akan dibahas adalah penyelenggaraan PembaTIK tahun 2023 yang nantinya mungkin akan ada penyesuaian dan prosedur baru terkait dengan kebijakan baru dari Kemendikbudristek.

Pendaftaran IKM

Selanjutnya, materi yang tak kalah penting adalah sosialisasi pendaftaran IKM. Hal yang menjadi spesial di tahun ini, adalah pertama kalinya pendaftaran IKM dapat dilakukan melalui PMM oleh Kepala Sekolah. Proses pendaftara IKM dijelaskan secara detail oleh Bapak Feriza. Sosialisasi pendaftaran IKM ini disampaikan kepada para DRB & DTK karena secara tidak langsung, pasti kami akan banyak mendapatkan pertanyaan dari sekolah-sekolah yang akan melakukan pendaftaran IKM. Disampaikan pula daftar istilah dalam IKM, yaitu PMM, Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, Mandiri berbagi dan Akun Belajar.id.

Hal yang perlu digaris bawahi pada masa pendaftaran IKM adalah mengenai Jadwal pendaftaran 
● Pendaftaran berlangsung dari tanggal 6 Februari (pukul 18:00 WIB) - 31 Maret 2023. 
● Selama masa pendaftaran, Satuan Pendidikan bisa merubah opsi Kurikulum Merdeka maksimal sebanyak 3 kali.

Panduan pendaftaran IKM dapat dibaca melalui file berikut ini:

Tak terasa 120 menit pertemuan virtual ini berlangsung. Jika tidak mengingat teman-teman yang berada di zona waktu Indonesia Timur sudah larut malam, rasanya kami enggan untuk menyudahi pertemuan virtual ini. Diakhiri dengan berdoa dan sesi foto bersama, kami berharap semoga segera dipertemukan dalam kegiatan Rakor DRB & DTK bulan depan dalam keadaan sehat dan ceria.



Location: Beteng, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

2 komentar:

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...