Kamis, 23 Februari 2023

Pelatihan Digital Talent Desain Grafis #Part 4

 Materi Hari Keempat - Membuat Poster

Kamis manis, siap duduk manis di depan lepy, menyimak obrolan desain grafis bersama Thematic Academy Digitalent siang ini. Tertib waktu, pukul 13.00 WIB zoom meeting sudah mulai dibuka, dan peserta pun segera masuk room untuk bergabung. Tak ingin ketinggalan materi, sambil rapat pun jadi. Bu Rien'z terpaksa harus "mendua" dengan rapat siang ini, karena keduanya tidak bisa ditinggalkan. Tentu saja bu Rien'z telah minta izin terlebih dahulu untuk "mendua", dan mengenakan handsfree agar suaranya tidak saling mengganggu.

Hari keempat kali ini adalah materi praktik untuk membuat desain poster. Pak Yana, selaku pengajar memberikan materi tutorial menggunakan Canva dan membuat desain posternya. Seperti biasa, kami juga selalu berdiskusi, sharing pengalaman dalam membuat desain apapun.
Poster sifatnya untuk mencari perhatian banyak orang sehingga juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan produk, jasa, kegiatan, seputar Pendidikan dan lain-lain. Tujuan dibuat poster antara lain:

  • Masyarakat/audience menjadi tahu tentang kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan.
  • Menjadikan produk atau jasa kita dikenal dan digunakan oleh masyarakat/audience.
  • Mengingatkan masyarakat/audience tentang hal yang seharusnya dilakukan.
  • Mengingatkan masyarakat/audience agar menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain

Selain itu, poster juga berfungsi untuk menyampaikan informasi, sebagain media promosi barang ataupun jasa, sarana bagi para desainer grafis untuk berkreativitas.

Jenis-Jenis Poster yang cukup dikenal adalah:

Poster Berdasarkan Isinya :

●Poster Layanan Masyarakat Poster yang berisikan informasi tentang pelayanan-pelayanan kepada masyarakat, seperti poster layanan Kesehatan atau kesejahteraan masyarakat
●Poster Niaga Poster yang berisikan tentang menjual dan mempromosikan suatu atau jasa yang dijual oleh perusahaan
●Poster Kegiatan Poster yang berisikan informasi suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, supaya kegiatan tersebut diketahui oleh banyak orang dengan harapan orang-orang tersebut dapat menghadiri kegiatan yang dilaksanakan.
●Poster Karya Seni Poster yang sifatnya ekspresif dan belum tentu diartikan sama antara orang satu dengan orang lainnya.
●Poster Pendidikan Poster yang berisikan tentang informasi yang dapat memberikan pengarahan dan Pendidikan kepada masyarakat.

Sedangkan Poster Berdasarkan Tujuannya

●Poster Afirmasi Poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para pembaca dengan kalimat yang dapat mempengaruhi.
●Poster “Dicari” Poster yang bertujuan untuk mencari orang ataupun benda-benda yang diperlukan, misalnya poster perusahaan yang mencari pekerja poster mengenai orang hilang dan lain-lain.
●Poster Film Poster yang bertujuan untuk mempromosikan film-film terbaru yang akan ditayangkan dengan maksud supaya masyarakat tertarik untuk menontonnya.
●Poster Komersial Poster yang bertujuan mempromosikan produk ataupun jasa yang dijual oleh suatu perusahaan, poster jenis ini sering disebut poster niaga.

Prinsip Desain Poster
  1. Keseimbangan/Balance
  2. Alur Baca/Movement
  3. Penekanan/Emphasis
  4. Kesatuan/Unity
  5. Kesan Spesific/Appeal
Langkah selanjutnya adalah penugasan. Nah, karena hari ketiga kemarin tidak ada penugasan, pada hari keempat ini judulnya rapel tugas.. hehe.. Ada dua tugas yang harus diselesaikan oleh peserta, yaitu tugas ke-3, membuat poster PPDB sekolah masing-masing, dan tugas ke-4 adalah membuat desain sesuai dengan desain brief yang telah dibuat pada tugas hari kedua.
Tepat pukul 16.00 live sesion hari ini ditutup, dan diakhiri dengan foto bersama untuk dokumentasi. Cekrek.. Cekrek.. Sampai jumpa di hari ke limaaa....
Location: Pleret, Jl. Imogiri Tim. KM.9, Jati, Wonokromo, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791, Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...