Rabu, 22 Februari 2023

Pelatihan Digital Talent Desain Grafis #Part 3

 Materi Hari Ketiga - Perangkat Lunak Editing Desain Grafis

Masih semangat di hari ketiga.. Rabu siang yang syahdu, karena seharian mendung menggelayut di langit Yogyakarta. Tak menyurutkan semangat bu Rien'z dan teman-teman peserta Thematic Academy untuk mengikuti live sesion siang ini. Bahkan saat zoom meeting dimulai, hujan deras mengguyur kota Gudeg ini, sukses membuat audio zoom cukup terganggu oleh suara riuh jatuhnya air hujan yang menimpa atap parkiran sekolah. Dengan lebih menajamkan pendengaran, namun cukup bisa menyimak materi yang disampaikan oleh pak Yana siang ini.

Materi hari ketiga ini adalah mengenal aplikasi perangkat lunak untuk membuat desain grafis. Kali ini, Pak Yana mengenalkan aplikasi Canva dan Photophea. Aplikasi Canva merupakan sebuah tools untuk desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dapat dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Canva saat tersedia dalam beberapa versi, web, iPhone, dan Android. Canva dapat digunakan di website secara online ataupun di android. Cukup sign in dengan akun Google, pengguna dapat menggunakan Canva kapan saja secara gratis. Namun tentu saja terdapat keterbatasan akses elemen bagi kaun Canva gratis, untuk itu, bagi pendidik yang memiliki akun belajar.id bisa memanfaatkan akun belajarnya untuk mendaftarkan akun Canva Pro Edu agar bisa memanfaatkan fitur pro secara gratis juga. Lalu bagaimana dengan guru yang belum memiliki akun belajar? Guru bisa ikut bergabung di Tim salah satu guru yang telah memiliki akun pro edu, sehingga bisa juga ikut menikmati fasilitas pro edu yang disediakan.

Aplikasi kedua adalah aplikasi editing foto secara online, yaitu Photopea. Photopea merupakan alternatif Photoshop gratis yang dapat digunakan untuk editor foto online ini di sebagian besar browser web populer seperti Chrome, Firefox, beroperasi, dan Microsoft tepi juga & banyak lagi. Pengguna tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan editor foto berkualitas. Bahkan, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi.

Selanjutnya, aplikasi ketiga adalah Aplikasi Pixlr merupakan penyunting foto yang hebat dengan mana anda dapat dengan mudah membuat gambar kreatif dan membaginya dengan orang lain. Dikatakan terbaik karena penggunannya yang mudah dan juga sudah banyak digunakan oleh banyak orang.
Cukup seru pembahasan mengenai ketiga aplikasi ini, sebagian besar peserta telah mengenal dan menggunakan Canva, sehingga kami bisa saling sharing dan berbagi pengalaman mengenai penggunaan Canva. Bahkan kami pun sempat untuk berkolaborasi untuk tergabung di Tim Canva Bu Rien'z bagi peserta yang belum memiliki akun Canva Pro Edu.

Yang lebih penting lagi, bahwa hari ketiga ini, kami bebas tugas... Yeeaayyy...!!!
Seperti biasa, kita pun mengambil gambar bersama. Karena tadi bu Rien'z mengikuti live sesion sambil ngajar, maka tertinggal sesi foto bersama.. Namun pak Yana dan teman-teman baik sekali, bersedia mengulang sesi foto bersama sebelum kita menutup live sesion hari ketiga ini..
Sampai jumpa di hari keempat yaaaa....

Location: Pleret, Jl. Imogiri Tim. KM.9, Jati, Wonokromo, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791, Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...