Selasa, 21 Februari 2023

Pelatihan Digital Talent Desain Grafis #Part 2

 Materi Hari Kedua - Mengenal Desain Brief

Masih bersama thematic academy digitalent di live sesion hari kedua ini, Selasa 21 Februari 2023. Materi yang didownload melalui LMS berjudul "Desain Brief". Sebagai orang awam di dunia desain grafis, ketika mendengar istilah desain brief  langsung bertanya-tanya, apa sih desain brief itu? Sempat terpikir, wah materi hari kedua ini cukup susah. Sebentar membaca materi pdf mengenai desain brief, masih belum begitu memahami apa dan bagaimana desain brief ini.

Tepat pukul 13.00 WIB, zoom meeting dimulai. Dibuka oleh admin, Pak Adi Priyatna dan langsung disambung dengan pemaparan materi oleh pak Yana tentang Desain Brief. Pemaparan materi Desain Brief ini disampaikan secara sistematis oleh beliau. Kami pun mengangguk-angguk tanda bahwa kami cukup memahami materi yang disampaikan. Tak lupa, beliau selalu menyisipkan pertanyaan pemantik, memberikan waktu bagi peserta untuk bertanya ataupun sharing, sehingga kami bisa menikmati jalannya live sesion dengan nyaman dan tidak mengantuk.

Secara definisi, yang dimaksud dengan Design brief adalah gambaran awal suatu proyek desain yang merupakan kesepakatan antara desainer dan klien, agar desain yang dihasilkan mampu memberikan solusi yang tepat. Desin Brief menguraikan cakupan dan ruang lingkup proyek termasuk produk atau pekerjaan (fungsi dan estetika), waktu dan anggaran. Biasanya dapat digunakan untuk banyak proyek termasuk di bidang arsitektur, desain interior dan desain industri.

Tujuan adanya desain brief adalah untuk membantu desainer untuk mengetahui segala informasi mengenai bisnis klien, sehingga logo atau produk desain lain yang dihasilkan mampu menjadi identitas yang kuat dan tepat bagi bisnis tersebut. 
Hal apa saja yang terdapat pada desain brief meliputi:
  • Profil Perusahaan/Organisasi 
  • Ulasan Proyek Design 
  • Merek, Produk dan Target Pasar 
  • Referensi

Dalam menyusun desain brief, perlu dilakukan Mind Maping berdasarkan kata kunci sesuai kerangka dasar design brief. Misalkan kita akan melakukan desain logo Perusahaan Pembuat Alat Musik Sasando Khas NTT. Kata Kunci: Perusahan Pembuat Alat Musik, Sasando, Nusa Tenggara Timur, Visi dan Misi, Warna Identik Perusahan. Dan contoh-contoh lain yang relevan.

Di hari kedua pelatihan ini, diakhiri dengan penugasan, yaitu mempraktikkan membuat desin brief. Peserta seolah-olah menerima order dari konsumen, dan menawarkan rancangan desainnya menggunakan desain brief ini. Tema dan konsumen dibebaskan sesuai dengan pengalaman yang pernah dialami oleh peserta. Penugasan dikirimkan melalui tautan Google drive yang telah disampaikan dan disematkan pada deskripsi grup WA.

Tak lupa, kami pun mengakhiri live sesion ini dengan berfoto bersama. Sebuah ilmu baru yang bu Rien'z dapat hari ini mengenai desain brief, tentu saja menambah wawasan dan pengetahuan serta bermanfaat di kemudian hari. 
Sampai jumpa di live sesion hari ketiga besok pagi, ya...

Location: Pleret, Jl. Imogiri Tim. KM.9, Jati, Wonokromo, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791, Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...