Selasa, 21 Februari 2023

Pelatihan Digital Talent Desain Grafis #Part 1

Materi Hari Pertama - Dasar Desain Grafis

Sangat beruntung pada akhirnya lolos administrasi sebagai peserta pelatihan Digital Talent di Thematic Academy dari BPPTIK Kominfo. Setelah mencoba untuk mendaftar di hari terakhir pendaftaran, beberapa hari kemudian Bu Rien'z mendapatkan email dari BPPTIK mengenai pengumuman diterima sebagai peserta pelatihan thematic academy. Semua peserta yang dinyatakan diterima sebagai peserta, dimasukkan kedalam WhatsApp Grup untuk mempermudah koordinasi dan informasi. Dalam grup WA, dipandu oleh admin bapak Adi Priyatna, dan seorang pengajar yaitu Bapak Yana Handayana.
Hari pertama pelatihan dimulai dengan pembukaan pada pukul 08.30 - 09.45. Setelah dibuka dengan berdoa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan laporan ketua penyelenggara Dr. Nusirwan S.Ag., M.Si. sekaligus Kepala BPPTIK. Beliau melaporkan bahwa pelatihan Thematic Academy bacth 1 ini diselenggarakan secara daring dan luring dengan ribuan peserta yang sudah terdaftar di web digitalent kominfo. Selanjutnya, kegiatan thematic academy dibuka secara resmi oleh Dr. Hary Budiarto, M.Kom (Kepala Badan Litbang SDM, Kemkominfo) sekaligus menyematkan id peserta secara simbolis kepada peserta pelatihan yang mengikuti secara luring.
Sebelum melanjutkan ke materi, semua peserta diwajibkan untuk mengunduh aplikasi digitalent melalui playstore di android masing-masing. Aplikasi tersebut nantinya akan digunakan untuk scan barcode presensi pada tiap sesinya. Sesuai jadwal pelatihan, pada pukul 10.00 - 11.00 WIB adalah akses materi secara mandiri melalui LMS. Namun karena LMS sedang dalam perbaikan, maka kami belum bisa mengakses secara maksimal. Meski demikian, pak Adi memberikan kemudahan bagi peserta yang belum bisa mengakses LMS. 
Pukul 13.00 tepat, kegiatan synchronuous dilaksanakan melalui zoom meeting. Semua peserta pun wajib hadir dan disarankan agar menyalakan kamera, serta mengganti id zoom meeting sesuai dengan nama pada KTP. Hal ini dimaksudkan, agar admin lebih mudah dalam memantau dan merekap presensi kehadiran peserta selama live section. Setelah dibuka oleh admin, Pak Adi Priyatna, acara dilanjutkan dengan perkenalan pengajar dan peserta. satu per satu peserta diizinkan untuk memperkenalkan diri, menyebutkan nama, instansi serta ketugasan di instansi masing-masing. Sebanyak kurang lebih 40 peserta bergantian memperkenalkan diri.
Materi pada hari pertama ini adalah mengenai Dasar Desain Grafis. Dimana Pak Yana menyampaikan beberapa hal tentang elemen desain grafis serta prinsip dasar desain grafis. Meskipun agak mirip-mirip dengan prinsip dasar seni rupa dan unsur seni rupa, namun materi ini bisa dibilang baru bagi Bu Rien'z, karena selama ini belum pernah mempelajari secara intens mengenai desain grafis. 
Dalam desain grafis terdapan beberapa elemen, antara lain:
  • Line
  • Shape/Form
  • Texture
  • Scale/Size
  • Color
  • Text/Font
Sementara untuk prinsip desain grafis meliputi:
  • Align
  • Contras
  • Balance
  • Repetition
  • Proximity
Terakhir, untuk mengakhiri live sesion ini, Pak Yana memberikan penugasan berupa bedah logo. Nah, semua peserta diminta untuk membedah salah satu logo (bebas) sesuai dengan elemen dan prinsip desain yang telah disampaikan pada pemaparan materi. Karena LMS belum bisa diakses secara maksimal, maka penugasan pun diunggah melalui Google Drive yang telah disampaikan oleh pengajar.
Tak lupa, di akhir sesi kami melakukan foto bersama sebagai dokumentasi. Woww... Sangat seru dan menantang untuk penugasan hari pertama ini. tidak sabar rasanya untuk menyimak materi selanjutnya.
Sampai Jumpa..

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...