SMK Negeri 1 Pleret

SMK Negeri 1 Pleret, berlokasi di Jalan Imogiri Timur, km.9 Dusun Jati, Desa Wonokromo, Kapanewon Pleret, Daerah Istimewa Yogyakarta
Terdapat 4 Kompetensi Keahlian, Yaitu:
1. Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)
2. Teknik Jaringan Tenaga Listrik (TJTL)
3. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
4. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)

Kelas Seni Budaya Bersama Bu Rienz

Jika anda menempuh pendidikan di SMKN 1 Pleret, nanti akan berjumpa dengan Bu Rienz di kelas Seni Budaya.
Kelas Seni Budaya hanya ditempuh di kelas X saja, dengan jumlah jam tatap muka 3 JPL dalam sepekan.

Kegiatan SAGUGABLOG Lanjut 70

Ikatan Guru Indonesia (IGI) menyelenggarakan kegiatan yang sangat menarik, yaitu Sagusablog, atau SAtu GUru SAtu BLOG.
Kegiatan ini diawali dengan kelas sagusablog dasar, kemudian bagi peserta yang lulus, diperbolehkan untuk mengikuti kelas sagusablog lanjut.

Selasa, 28 Februari 2023

Materi Teknik Karya Seni Rupa 3D (KD 3.8.3)

 Teknik Berkarya Seni Rupa 3 Dimensi

A. Pengertian Teknik Berkarya Seni Rupa 3 Dimensi

Pengertian teknik dalam seni rupa adalah metode yang dilakukan untuk menciptakan berbagai jenis karya seni baik 2 dimensi maupun 3 dimensi.
Contoh seni rupa 2 dimensi yaitu lukisan, kaligrafi, mozaik dan poster.
Sedangkan seni rupa 3 dimensi meliputi patung, arsitektur dan vas bunga.

Teknik tersebut dibuat untuk memudahkan pemula dalam belajar.
Selain itu, teknik juga bermanfaat bagi mereka yang sudah mahir untuk lebih menyempurnakan dan mempercepat pengerjaan.

B. Media Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Media berkarya seni rupa tiga dimensi sangat beragam tergantung dari teknik yang digunakan
Media untuk membuat karya seni rupa 3 dimensi antara lain: Kertas, Kayu, Tanah liat, Logam, Batu, plastik dll

C. Teknik Berkarya Seni Rupa 3 Dimensi

Ada beberapa teknik dalam berkarya seni rupa 3 dimensi, Yaitu:
  1. Teknik Pahat
  2. Teknik Butsir
  3. Teknik Cetak
  4. Teknik Cor
  5. Teknik Merakit/las
1. Teknik Pahat

Teknik pahat adalah suatu teknik karya seni rupa 3 dimensi dengan cara membentuk suatu karya seni yaitu dengan cara membuang bahan yang tidak diperlukan untuk membuat suatu karya seni.
Misalnya, membuat patung dan relief dengan bahan dasar kayu dan batu.
Untuk dapat membuatnya diperlukan memakai alat pahat seperti alat pahat, kikir dan martil.
Biasanya bahan atau media yang digunakan dalam teknik pahat ini adalah bahan keras seperti batu, gips, kayu atau dengan bahan lainnya.

2. Teknik Butsir
Teknik butsir adalah teknik dengan mengurangi dan menambah bahan hingga memperoleh bentuk yang diinginkan.
Alat yang digunakan adalah sudip.
Teknik ini digunakan pada pembuatan keramik yang berbahan lunak dan liat.
Media atau bahan yang biasa digunakan adalah tanah liat dan plastisin

3. Teknik Cetak
Teknik cetak adalah teknik dengan membuat cetakan terlebih dahulu.
Teknik digunakan untuk membuat karya yang berbahan dasar sesuatu yang lunak dan mampu menyesuaikan dengan bentuk cetakan, seperti tanah liat, bubur kertas, bubur serbuk gergaji dll

4. Teknik Menuang/Cor
Teknik Menuang atau Cor ini adalah suatu teknik karya seni rupa 3 dimensi yang dihasilkan dengan cara menuangkan bahan cair yang dituang pada sebuah alat cetakan khusus. Kemudian bahan cair tersebut nantinya akan mengeras, selanjutnya akan dikeluarkan dari cetakan khusus tersebut.
Bahan cair yang dipakai biasanya seperti semen, logam, gips ataupun karet.

5. Teknik Merakit/Las
Teknik merakit adalah suatu teknik karya seni rupa 3 dimensi dengan cara menyambungkan bagian beberapa potongan bahan. Cara ini biasanya disebut dengan merakit dan hasil dari karyanya disebut dengan rakitan.
Untuk dapat menggabungkan bahan-bahan tersebut dapat dengan cara dipatri, disekrup, mengelas atau dengan cara lainnya.
Selain logam dengan dilas, teknik membuat bunga dari sedotan juga termasuk dalam teknik ini.


Senin, 27 Februari 2023

Pelatihan Digital Talent Desain Grafis #Part 6

 Penutupan Thematic Academy - Digitalent Kominfo


Alhamdulillah.. tidak terasa hari ini adalah hari terakhir kegiatan thematic academy digital talent. Serangkaian kegiatan telah dilaksanakan dengan lancar. Hari ini, live sesion keenam dilaksanakan pagi hari, karena siang nanti akan diadakan sesi penutupan di masing-masing kelas.
Berhubung semua materi sudah disampaikan, pagi ini kami hanya diskusi dan review tugas-tugas yang telah kami buat selama pelatihan. Dimulai dari tugas pertama hingga tugas kelima, kami bergiliran mempresentasikan hasil penugasan yang kami kerjakan. Tak lupa pula, Pak Yana mengingatkan peserta untuk mengakses LMS dan peserta yang belum sempat mengerjakan pretest masih diberi kesempatan untuk mengerjakan hingga pukul 08.30.
Selayaknya pelatihan yang lain, peserta juga diwajibkan untuk mengerjakan post tes yang dijadwalkan pada pukul 09.30-10.30 sebagai syarat kelulusan pelatihan dan pemberian sertifikat. Adapun persentase kelulusan diperhitungkan dari beberapa aspek, yaitu:
  1. kehadiran
  2. pre test dan posttes
  3. penugasan
Jika semua aspek penilaian bisa terpenuhi sesuai kriteria minimal, maka peserta berhak mendapatkan sertifikat dari BPPTIK.
Acara penutupan dilaksanakan pada pukul 10.30, melalui zoom meeting di kelas masing-masing. Pada kesempatan ini, disampaikan pula testimoni dari perwakilan peserta. Peserta laki-laki diwakili oleh Bapak Qaharudin, sementara Bu Rien'z mewakili testimoni untuk peserta perempuan. Tak lupa kami pun menyampaikan permohonan maaf jika selama kegiatan terdapat kekhilafan dan kesalahan kami baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Semoga bisa dipertemukan kembali pada kegiatan selanjutnya.

Jumat, 24 Februari 2023

Pelatihan Digital Talent Desain Grafis #Part 5

 Materi Hari Kelima - Membuat Infografis


Masih semangat mengikuti Thematic Academy Digitalent di hari kelima ini. Materi kali ini adalah membuat infografis. Waah, seperti apa ya?? Dimulai tepat pukul 13.00 WIB, Pak Adi menyapa semua peserta dan langsung mempersilakan kepada pak Yana untuk memandu pelatihan pada siang ini.
Infografis adalah media informasi yang disajikan dalam bentuk teks, serta dipadukan dengan beberapa elemen visual seperti gambar, ilustrasi, grafik, dan tipografi. Berasal dari kata infographic yang sangat identik dengan penambahan data dalam bentuk angka yang dikemas dalam berbagai paduan warna desain yang menarik. 

Manfaat Infografis:

  • Meningkatkan brand awareness
Infografis juga dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan brand awareness dari produk bisnis anda. Dengan cara, menyisipkan logo brand perusahaan anda supaya pembaca dalam mengenal dan mengetahui logo anda dengan lebih mudah.
  • Meningkatkan optimalisasi SEO
Setelah banyak pembaca yang mengenal brand milik anda, selanjutnya melakukan optimasi SEO dengan tepat. Anda dapat mulai dengan memposting dan melakukan promosi mengenai infografis tersebut. Tambahan backlink juga sangat bermanfaat untuk mendukung performa dari SEO
  • Mudah untuk dibagikan
Dapat membagikan infografis secara lebih mudah dengan menempelkan pada blog atau artikel. Secara otomatis, pengunjung juga dapat membagikannya melalui jejaring social yang sering digunakan, seperti facebook, twitter, dan Instagram
  • Menumbuhkan minat membaca
Tampilan yang menarik dapat meningkatkan minat pembaca. Cara untuk menumbuhkan hal tersebut dengan memperbaiki tampilan visual akan terlihat lebih user friendly dan tidak membosankan saat dibaca.
  • Sebagai media promosi yang efektif
Audiens cenderung lebih menyukai konten yang dibuat lebih sederhana, namun konteks yang dicapai sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan adanya infografis, maka membuka peluang untuk melakukan promosi secara lebih efektif dan efisien

Infographic terbagi menjadi tiga jenis, yaitu jenis statis, animasi, dan interaktif. Terdapat, setidaknya 7 langkah untuk membuat infographic yang mudah bagi pemula.

Penugasan hari ini adalah masing-masing peserta diminta untuk membuat infografis pendidikan berdasarkan sumber yang sesuai dengan ketugasan guru masing-masing. Tugas kelima ini merupakan tugas terakhir dari pelatihan ini. Semua peserta antusias untuk mengerjakan tugas dan saling diskusi mengenai seluk-beluk infografis yang akan dibuat.

Tak lupa, pertemuan sore ini diakhiri dengan sesi foto bersama untuk dokumentasi. Kabar baiknya adalah selama sabtu-minggu jadwal pelatihan off.. Yeaayyy...!!! Happy weekend teman-teman.. Sampai jumpa hari senin pagi.

Kamis, 23 Februari 2023

Pelatihan Digital Talent Desain Grafis #Part 4

 Materi Hari Keempat - Membuat Poster

Kamis manis, siap duduk manis di depan lepy, menyimak obrolan desain grafis bersama Thematic Academy Digitalent siang ini. Tertib waktu, pukul 13.00 WIB zoom meeting sudah mulai dibuka, dan peserta pun segera masuk room untuk bergabung. Tak ingin ketinggalan materi, sambil rapat pun jadi. Bu Rien'z terpaksa harus "mendua" dengan rapat siang ini, karena keduanya tidak bisa ditinggalkan. Tentu saja bu Rien'z telah minta izin terlebih dahulu untuk "mendua", dan mengenakan handsfree agar suaranya tidak saling mengganggu.

Hari keempat kali ini adalah materi praktik untuk membuat desain poster. Pak Yana, selaku pengajar memberikan materi tutorial menggunakan Canva dan membuat desain posternya. Seperti biasa, kami juga selalu berdiskusi, sharing pengalaman dalam membuat desain apapun.
Poster sifatnya untuk mencari perhatian banyak orang sehingga juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan produk, jasa, kegiatan, seputar Pendidikan dan lain-lain. Tujuan dibuat poster antara lain:

  • Masyarakat/audience menjadi tahu tentang kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan.
  • Menjadikan produk atau jasa kita dikenal dan digunakan oleh masyarakat/audience.
  • Mengingatkan masyarakat/audience tentang hal yang seharusnya dilakukan.
  • Mengingatkan masyarakat/audience agar menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain

Selain itu, poster juga berfungsi untuk menyampaikan informasi, sebagain media promosi barang ataupun jasa, sarana bagi para desainer grafis untuk berkreativitas.

Jenis-Jenis Poster yang cukup dikenal adalah:

Poster Berdasarkan Isinya :

●Poster Layanan Masyarakat Poster yang berisikan informasi tentang pelayanan-pelayanan kepada masyarakat, seperti poster layanan Kesehatan atau kesejahteraan masyarakat
●Poster Niaga Poster yang berisikan tentang menjual dan mempromosikan suatu atau jasa yang dijual oleh perusahaan
●Poster Kegiatan Poster yang berisikan informasi suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, supaya kegiatan tersebut diketahui oleh banyak orang dengan harapan orang-orang tersebut dapat menghadiri kegiatan yang dilaksanakan.
●Poster Karya Seni Poster yang sifatnya ekspresif dan belum tentu diartikan sama antara orang satu dengan orang lainnya.
●Poster Pendidikan Poster yang berisikan tentang informasi yang dapat memberikan pengarahan dan Pendidikan kepada masyarakat.

Sedangkan Poster Berdasarkan Tujuannya

●Poster Afirmasi Poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para pembaca dengan kalimat yang dapat mempengaruhi.
●Poster “Dicari” Poster yang bertujuan untuk mencari orang ataupun benda-benda yang diperlukan, misalnya poster perusahaan yang mencari pekerja poster mengenai orang hilang dan lain-lain.
●Poster Film Poster yang bertujuan untuk mempromosikan film-film terbaru yang akan ditayangkan dengan maksud supaya masyarakat tertarik untuk menontonnya.
●Poster Komersial Poster yang bertujuan mempromosikan produk ataupun jasa yang dijual oleh suatu perusahaan, poster jenis ini sering disebut poster niaga.

Prinsip Desain Poster
  1. Keseimbangan/Balance
  2. Alur Baca/Movement
  3. Penekanan/Emphasis
  4. Kesatuan/Unity
  5. Kesan Spesific/Appeal
Langkah selanjutnya adalah penugasan. Nah, karena hari ketiga kemarin tidak ada penugasan, pada hari keempat ini judulnya rapel tugas.. hehe.. Ada dua tugas yang harus diselesaikan oleh peserta, yaitu tugas ke-3, membuat poster PPDB sekolah masing-masing, dan tugas ke-4 adalah membuat desain sesuai dengan desain brief yang telah dibuat pada tugas hari kedua.
Tepat pukul 16.00 live sesion hari ini ditutup, dan diakhiri dengan foto bersama untuk dokumentasi. Cekrek.. Cekrek.. Sampai jumpa di hari ke limaaa....

Rabu, 22 Februari 2023

Pelatihan Digital Talent Desain Grafis #Part 3

 Materi Hari Ketiga - Perangkat Lunak Editing Desain Grafis

Masih semangat di hari ketiga.. Rabu siang yang syahdu, karena seharian mendung menggelayut di langit Yogyakarta. Tak menyurutkan semangat bu Rien'z dan teman-teman peserta Thematic Academy untuk mengikuti live sesion siang ini. Bahkan saat zoom meeting dimulai, hujan deras mengguyur kota Gudeg ini, sukses membuat audio zoom cukup terganggu oleh suara riuh jatuhnya air hujan yang menimpa atap parkiran sekolah. Dengan lebih menajamkan pendengaran, namun cukup bisa menyimak materi yang disampaikan oleh pak Yana siang ini.

Materi hari ketiga ini adalah mengenal aplikasi perangkat lunak untuk membuat desain grafis. Kali ini, Pak Yana mengenalkan aplikasi Canva dan Photophea. Aplikasi Canva merupakan sebuah tools untuk desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dapat dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Canva saat tersedia dalam beberapa versi, web, iPhone, dan Android. Canva dapat digunakan di website secara online ataupun di android. Cukup sign in dengan akun Google, pengguna dapat menggunakan Canva kapan saja secara gratis. Namun tentu saja terdapat keterbatasan akses elemen bagi kaun Canva gratis, untuk itu, bagi pendidik yang memiliki akun belajar.id bisa memanfaatkan akun belajarnya untuk mendaftarkan akun Canva Pro Edu agar bisa memanfaatkan fitur pro secara gratis juga. Lalu bagaimana dengan guru yang belum memiliki akun belajar? Guru bisa ikut bergabung di Tim salah satu guru yang telah memiliki akun pro edu, sehingga bisa juga ikut menikmati fasilitas pro edu yang disediakan.

Aplikasi kedua adalah aplikasi editing foto secara online, yaitu Photopea. Photopea merupakan alternatif Photoshop gratis yang dapat digunakan untuk editor foto online ini di sebagian besar browser web populer seperti Chrome, Firefox, beroperasi, dan Microsoft tepi juga & banyak lagi. Pengguna tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan editor foto berkualitas. Bahkan, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi.

Selanjutnya, aplikasi ketiga adalah Aplikasi Pixlr merupakan penyunting foto yang hebat dengan mana anda dapat dengan mudah membuat gambar kreatif dan membaginya dengan orang lain. Dikatakan terbaik karena penggunannya yang mudah dan juga sudah banyak digunakan oleh banyak orang.
Cukup seru pembahasan mengenai ketiga aplikasi ini, sebagian besar peserta telah mengenal dan menggunakan Canva, sehingga kami bisa saling sharing dan berbagi pengalaman mengenai penggunaan Canva. Bahkan kami pun sempat untuk berkolaborasi untuk tergabung di Tim Canva Bu Rien'z bagi peserta yang belum memiliki akun Canva Pro Edu.

Yang lebih penting lagi, bahwa hari ketiga ini, kami bebas tugas... Yeeaayyy...!!!
Seperti biasa, kita pun mengambil gambar bersama. Karena tadi bu Rien'z mengikuti live sesion sambil ngajar, maka tertinggal sesi foto bersama.. Namun pak Yana dan teman-teman baik sekali, bersedia mengulang sesi foto bersama sebelum kita menutup live sesion hari ketiga ini..
Sampai jumpa di hari keempat yaaaa....

Selasa, 21 Februari 2023

Pelatihan Digital Talent Desain Grafis #Part 2

 Materi Hari Kedua - Mengenal Desain Brief

Masih bersama thematic academy digitalent di live sesion hari kedua ini, Selasa 21 Februari 2023. Materi yang didownload melalui LMS berjudul "Desain Brief". Sebagai orang awam di dunia desain grafis, ketika mendengar istilah desain brief  langsung bertanya-tanya, apa sih desain brief itu? Sempat terpikir, wah materi hari kedua ini cukup susah. Sebentar membaca materi pdf mengenai desain brief, masih belum begitu memahami apa dan bagaimana desain brief ini.

Tepat pukul 13.00 WIB, zoom meeting dimulai. Dibuka oleh admin, Pak Adi Priyatna dan langsung disambung dengan pemaparan materi oleh pak Yana tentang Desain Brief. Pemaparan materi Desain Brief ini disampaikan secara sistematis oleh beliau. Kami pun mengangguk-angguk tanda bahwa kami cukup memahami materi yang disampaikan. Tak lupa, beliau selalu menyisipkan pertanyaan pemantik, memberikan waktu bagi peserta untuk bertanya ataupun sharing, sehingga kami bisa menikmati jalannya live sesion dengan nyaman dan tidak mengantuk.

Secara definisi, yang dimaksud dengan Design brief adalah gambaran awal suatu proyek desain yang merupakan kesepakatan antara desainer dan klien, agar desain yang dihasilkan mampu memberikan solusi yang tepat. Desin Brief menguraikan cakupan dan ruang lingkup proyek termasuk produk atau pekerjaan (fungsi dan estetika), waktu dan anggaran. Biasanya dapat digunakan untuk banyak proyek termasuk di bidang arsitektur, desain interior dan desain industri.

Tujuan adanya desain brief adalah untuk membantu desainer untuk mengetahui segala informasi mengenai bisnis klien, sehingga logo atau produk desain lain yang dihasilkan mampu menjadi identitas yang kuat dan tepat bagi bisnis tersebut. 
Hal apa saja yang terdapat pada desain brief meliputi:
  • Profil Perusahaan/Organisasi 
  • Ulasan Proyek Design 
  • Merek, Produk dan Target Pasar 
  • Referensi

Dalam menyusun desain brief, perlu dilakukan Mind Maping berdasarkan kata kunci sesuai kerangka dasar design brief. Misalkan kita akan melakukan desain logo Perusahaan Pembuat Alat Musik Sasando Khas NTT. Kata Kunci: Perusahan Pembuat Alat Musik, Sasando, Nusa Tenggara Timur, Visi dan Misi, Warna Identik Perusahan. Dan contoh-contoh lain yang relevan.

Di hari kedua pelatihan ini, diakhiri dengan penugasan, yaitu mempraktikkan membuat desin brief. Peserta seolah-olah menerima order dari konsumen, dan menawarkan rancangan desainnya menggunakan desain brief ini. Tema dan konsumen dibebaskan sesuai dengan pengalaman yang pernah dialami oleh peserta. Penugasan dikirimkan melalui tautan Google drive yang telah disampaikan dan disematkan pada deskripsi grup WA.

Tak lupa, kami pun mengakhiri live sesion ini dengan berfoto bersama. Sebuah ilmu baru yang bu Rien'z dapat hari ini mengenai desain brief, tentu saja menambah wawasan dan pengetahuan serta bermanfaat di kemudian hari. 
Sampai jumpa di live sesion hari ketiga besok pagi, ya...

Pelatihan Digital Talent Desain Grafis #Part 1

Materi Hari Pertama - Dasar Desain Grafis

Sangat beruntung pada akhirnya lolos administrasi sebagai peserta pelatihan Digital Talent di Thematic Academy dari BPPTIK Kominfo. Setelah mencoba untuk mendaftar di hari terakhir pendaftaran, beberapa hari kemudian Bu Rien'z mendapatkan email dari BPPTIK mengenai pengumuman diterima sebagai peserta pelatihan thematic academy. Semua peserta yang dinyatakan diterima sebagai peserta, dimasukkan kedalam WhatsApp Grup untuk mempermudah koordinasi dan informasi. Dalam grup WA, dipandu oleh admin bapak Adi Priyatna, dan seorang pengajar yaitu Bapak Yana Handayana.
Hari pertama pelatihan dimulai dengan pembukaan pada pukul 08.30 - 09.45. Setelah dibuka dengan berdoa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan laporan ketua penyelenggara Dr. Nusirwan S.Ag., M.Si. sekaligus Kepala BPPTIK. Beliau melaporkan bahwa pelatihan Thematic Academy bacth 1 ini diselenggarakan secara daring dan luring dengan ribuan peserta yang sudah terdaftar di web digitalent kominfo. Selanjutnya, kegiatan thematic academy dibuka secara resmi oleh Dr. Hary Budiarto, M.Kom (Kepala Badan Litbang SDM, Kemkominfo) sekaligus menyematkan id peserta secara simbolis kepada peserta pelatihan yang mengikuti secara luring.
Sebelum melanjutkan ke materi, semua peserta diwajibkan untuk mengunduh aplikasi digitalent melalui playstore di android masing-masing. Aplikasi tersebut nantinya akan digunakan untuk scan barcode presensi pada tiap sesinya. Sesuai jadwal pelatihan, pada pukul 10.00 - 11.00 WIB adalah akses materi secara mandiri melalui LMS. Namun karena LMS sedang dalam perbaikan, maka kami belum bisa mengakses secara maksimal. Meski demikian, pak Adi memberikan kemudahan bagi peserta yang belum bisa mengakses LMS. 
Pukul 13.00 tepat, kegiatan synchronuous dilaksanakan melalui zoom meeting. Semua peserta pun wajib hadir dan disarankan agar menyalakan kamera, serta mengganti id zoom meeting sesuai dengan nama pada KTP. Hal ini dimaksudkan, agar admin lebih mudah dalam memantau dan merekap presensi kehadiran peserta selama live section. Setelah dibuka oleh admin, Pak Adi Priyatna, acara dilanjutkan dengan perkenalan pengajar dan peserta. satu per satu peserta diizinkan untuk memperkenalkan diri, menyebutkan nama, instansi serta ketugasan di instansi masing-masing. Sebanyak kurang lebih 40 peserta bergantian memperkenalkan diri.
Materi pada hari pertama ini adalah mengenai Dasar Desain Grafis. Dimana Pak Yana menyampaikan beberapa hal tentang elemen desain grafis serta prinsip dasar desain grafis. Meskipun agak mirip-mirip dengan prinsip dasar seni rupa dan unsur seni rupa, namun materi ini bisa dibilang baru bagi Bu Rien'z, karena selama ini belum pernah mempelajari secara intens mengenai desain grafis. 
Dalam desain grafis terdapan beberapa elemen, antara lain:
  • Line
  • Shape/Form
  • Texture
  • Scale/Size
  • Color
  • Text/Font
Sementara untuk prinsip desain grafis meliputi:
  • Align
  • Contras
  • Balance
  • Repetition
  • Proximity
Terakhir, untuk mengakhiri live sesion ini, Pak Yana memberikan penugasan berupa bedah logo. Nah, semua peserta diminta untuk membedah salah satu logo (bebas) sesuai dengan elemen dan prinsip desain yang telah disampaikan pada pemaparan materi. Karena LMS belum bisa diakses secara maksimal, maka penugasan pun diunggah melalui Google Drive yang telah disampaikan oleh pengajar.
Tak lupa, di akhir sesi kami melakukan foto bersama sebagai dokumentasi. Woww... Sangat seru dan menantang untuk penugasan hari pertama ini. tidak sabar rasanya untuk menyimak materi selanjutnya.
Sampai Jumpa..

Kunjungan ke SMKN 3 Jogja

Studi Tiru Tim Kesiswaan SMKN 1 Pleret ke SMKN 3 Yogyakarta

Sebagai sekolah yang baru merangkak, SMKN 1 Pleret berupaya untuk meningkatkan kinerja dan performanya dalam hal pembentukan karakter siswa, kompetensi siswa serta prestasi dan keterserapan lulusan di dunia kerja. Beberapa program kerja yang disusun tentu saja masih sangat perlu belajar dan mengadaptasi kesuksesan SMK besar yang telah lahir sebelumnya. Salah satu program kerja yang menjadi impian tim kesiswaan SMKN 1 Pleret adalah program kegiatan pelatihan ketarunaan untuk siswa baru, agar pembentukan karakter bisa dimulai sejak awal menjadi murid SMK.

Menyimak berbagai postingan dari SMKN 3 Yogyakarta mengenai kegiatan pelatihan ketarunaan, menjadi suatu motivasi bagi SMKN 1 Pleret untuk bisa ikut melaksanakan kegiatan serupa. Tentu saja perlu banyak persiapan untuk menyusun dan melaksanakan program ini. Tahap awal yang kami lakukan adalah dengan melakukan kunjungan studi tiru ke SMKN 3 Yogyakarta pada hari Senin, 20 Februari 2023. Sebanyak 11 guru dari tim kesiswaan (termasuk Kepala Sekolah) dengan antusias ingin mengetahui bagaimana proses kerja SMKN 3 Yogyakarta dalam menyelenggarakan kegiatan pelatihan ketarunaan ini.

Ditemui langsung oleh Kepala Sekolah dan Waka Kesiswaan beserta jajarannya, kami ber-11 menempati ruang Yudhistira yang sejuk dan nyaman. Diawali dengan berdoa dan kata sambutan dari kepala SMKN 3 Yogyakarta, beliau menyambut baik kedatangan kami dan dengan senang hati berbagi pengalaman dan motivasi dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ketarunaan ini. Dilanjutkan dengan penyampaian maksud dan tujuan kedatangan tim SMKN 1 Pleret yang disampaikan oleh Kepala sekolah, bapak Pariyana, S.Pd., M.T. Kami sangat berharap bisa meniru, dan memodifikasi apa yang sudah dilakukan oleh SMKN 3 Yogyakarta dalam rangka pembiasaan dan pembentukan karakter siswa melalui program kegiatan pelatihan ketarunaan ini. Mungkin tidak akan semudah membalikkan telapak tangan, hal ini membutuhkan banyak pengorbanan bagi tim pelaksana dan solidaritas semua warga sekolah tanpa kecuali.

Beberapa hal yang menjadi catatan dari hasil kunjungan ini adalah

  1. Jumlah siswa di SMKN 3 Yogyakarta mencapai 1.900 an. Sementara jumlah seluruh siswa di SMKN 1 Pleret hanya 1/3 nya. Jadi, potensi keberhasilan program cukup baik.
  2. pengelolaan ketertiban di SMKN 3 Yogyakarta, belajar dari SMKN 2 Sragen pada tiga tahun yang lalu namun baru dapat terlaksana di tahun 2022-2023 ini di kelas X karena tertunda adanya pandemi.
  3. Siswa kelas X wajib mengikuti pelatihan ketarunaan, bekerjasama dengan Kodim untuk melatih dan membentuk karakter siswa, mendatangkan instruktur pelatih dengan memanfaatkan dana komite kemudian untuk tahun ini baru dianggarkan melalui APBD.
  4. Pelatihan ketarunaan dilaksanakan secara rutin 1 minggu 1x, dibagi menjadi 4 kelas per hari. Dalam satu minggu itu, harinya tidak tetap (bergantian) setiap minggunya, dan berbeda kelas sehingga pembelajaran di mata pelajaran umum tidak terganggu.
  5. Dalam pelatihan ini, ada kegiatan fisik dan non fisik.
  6. Hasil dari kegiatan Ketarunaan di SMKN 3 Yogyakarta berhasil meloloskan 6 siswa menjadi paskibraka Kota Yogyakarta
  7. Pelatih dan Narasumber tidak hanya dari Brimob, namun juga ditawarkan dari Badan Narkotika Nasional, Kepolisian dll
  8. Instruktur Ketarunaan, ada 5 personel dari alumni
  9. Ada seleksi terkait dengan kondisi fisik. Jika ada siswa yang terkendala secara fisik diberi tanda agar siswa tersebut tidak full mengikuti kegiatan fisik.

Siswa yang mengikuti kegiatan ketarunaan wajib membawa perlengkapan sendiri, seperti bekal makan siang, air minum/air mineral minimal 1,5 liter dan snack
Sementara materi dasar yang diberikan pada pelatihan ketarunaan antara lain meliputi kerohanian, samapta (bina jasmani dan kesiagaan) dan wawasan wiyata mandala.

Kegiatan studi tiru yang dilaksanakan hari ini sungguh sangat bermanfaat. Semoga dapat menjadi awal yang baik untuk SMK Pleret dalam merencanakan program pelatihan ketarunaan mendatang.

Sabtu, 18 Februari 2023

Layanan Digital Talent Kominfo

Wajib Tahu.. Digital Talent Scholarship, salah satu Layanan Keren dari Kominfo

Beberapa hari yang lalu, tidak sengaja saat berselancar di dunia maya, ternyata Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) memiliki layanan Pelatihan yang keren banget. Layanan ini diberi nama Digital Talent Scholarship (DTS), yang di dalamnya berisi berbagai layanan pelatihan untuk berbagai kalangan, seperti pendidik, ASN, mahasiswa dan sebagainya. Dengan beberapa tema pelatihan yang ditawarkan, salah satu tema pelatihan yang cocok untuk para pendidik dan tenaga kependidikan adalah Layanan Tematik Academy.

Pada saat ini, Digitalent Kominfo sedang menyelenggarakan pelatihan Tematik Academy dengan beberapa pilihan materi, seperti Data Science, Desain Grafis, serta .... yang dapat diikuti oleh siapa saja yang memenuhi persyaratan sebagai peserta. Kabar baiknya lagi, pelatihan ini ada yang dilaksanakan secara luring dan daring. Pelatihan luring dilaksanakan bagi peserta yang domisili di daerah sasaran pelatihan, sementara pelatihan daring bisa diikuti oleh peserta dari mana saja.

Cara membuat Akun Digitalent

Untuk bisa menikmati fasilitas pelatihan ini, tentu saja seseorang harus membuat akun DTS (Digital Talent Scholarship). Mendaftar akun gratis, tidak dipungut biaya apapun. Cukup mendaftarkan diri menggunakan akun Google, mengisikan biodata yang diperlukan, juga foto resmi maka anda sudah bisa mengakses fasilitas pelatihan dari Digitalent Kominfo.

Bagaimana cara daftarnya? 

  1. Pertama, buka web https://digitalent.kominfo.go.id/ , akan muncul tampilan beranda yang menunjukkan berbagai tawaran akademi yang diselenggarakan oleh BPPTIK.
  2. Jika belum pernah memiliki akun, silakan klik tombol daftar yang ada di kanan atas.
  3. isikan data awal yang dibutuhkan, seperti email dan buat password (terdiri dari minimal 8 karakter, memenuhi kriteria ada yaitu mengandung kombinasi huruf Kapital, Angka, dan Simbol)
  4. Setelah klik Sign in, maka akan ada perintah untuk mengecek Kotak masuk email yang berisikan 6 kode verifikasi. 
  5. Ketikkan kode verifikasi yang diterima melalui email, dan klik daftar/simpan
  6. Pada Bagian kedua, anda akan diminta untuk mengisikan identitas pribadi, seperti NIK (nanti akan diverifikasi melalui data dukcapil
  7. lengkapi data tempat tanggal lahir, nomor HP, Data Domisili, pekerjaan dan data kontak darurat.
  8. Terakhir, upload foto formal anda untuk identitas profil
  9. Selesai.. Akun anda siap digunakan untuk mengikuti pelatihan keren di Digital Talent Scholarship BPPTIK Kominfo

Untuk lebih jelas lagi, silakan baca melalui file berikut ya..


Selamat mencoba!!

Jumat, 17 Februari 2023

Rapat Virtual Warga 02 BLPT

Seru!! Pertemuan Perdana DRB & DTK 

Agenda di Jumat sore ini, cukup spesial karena adanya pertemuan perdana secara virtual antara Duta Rumah Belajar tahun 2017-2021 dan Duta Teknologi Kemendikbudristek tahun 2022. Pertemuan secara virtual ini diadakan sebagai salah satu upaya silaturahmi dan koordinasi antara DRB, DTK dan BLPT (Balai Layanan Teknologi Pendidikan). Sebagai kepanjangan tangan dari BLPT, tentu saja para DRB dan DTK sangat perlu untuk mengikuti pertemuan ini agar tidak ketinggalan informasi penting dari BLPT. Selain itu, pertemuan ini juga menjadi moment yang ditunggu-tunggu untuk saling sapa dan temu kangen bersama DRB & DTK semua angkatan dari seluruh Nusantara.

Dipandu oleh host yang cantik dan energik, Mba Aiz, pertemuan virtual ini dihadiri oleh kurang lebih 165 peserta meeting. Bisa kebayang bagaimana serunya ketika kami semua saling menyapa dan bercanda di room meet..😀 Sangat seru dan yang pasti, kehangatan dan kekeluargaan sangat terasa di lingkungan keluarga besar BLPT ini. Diawali dengan berdoa bersama, terdapat agenda utama dalam pertemuan ini, antara lain adalah pemutakhiran data DRB & DTK, koordinasi rencana Rakor, dan informasi pendaftaran IKM bagi sekolah untuk tahun pelajaran 2023/2024.

Dalam sambutannya, Teh Tuti (begitu panggilan sayang kami kepada beliau) memperkenalkan diri sebagai ibu "Kepala Sekolah" baru menggantikan jabatan Bapak mantan "Kepala Sekolah" Arief Dharmawan yang saat ini berpindah ketugasan di Bidang Jejaring dan Kemitraan. Teh Tuti juga memperkenalkan kembali tim warga 02 (Bidang Distribusi Platform) yang didalamnya termasuk kami para DRB & DTK. Sementara warga 01 (bidang Jejaring dan Kemitraan) yang dipimpin oleh Bapak Arief Darmawan juga diperkenalkan secara singkat. Selanjutnya perkenalan warga 03 (Bidang Pelayanan Pemanfaatan) yang dipimpin oleh bapak Agus Ali Sri Wartono, memberikan sebuah fasilitas yang luar biasa bagi DRB & DTK yaitu berupa akun belajar khusus yang pastinya lebih dari sekedar akun belajar yang dimiliki oleh bapak/ibu guru yang lainnya. Waaahhh... Terima kasih banyak, pak Agus😍. Dan yang terakhir warga 04 (Bidang Pemantauan dan Evaluasi) dipimpin oleh Bapak Saleh Sarifudin. Setelah semua tim BLPT diperkenalkan, Mba Aiz juga mempersilakan para ketua angkatan DRB dan DTK untuk memperkenalkan anggotanya.

Pemutakhiran Data DRB & DTK

Agenda pertama pertemuan virtual ini adalah menyampaikan update pemutakhiran data DRB dan DTK semua angkatan. Dimana sampai hari jumat pukul 11.00 WIB siang tadi, sudah 45% data DRB dan DTK yang masuk. Mba Aiz juga mengingatkan bahwa pemutakhiran data ini ditunggu sampai hari Munggu, 19 Februari 2023 pukul 23.59 WIB. Tujuan pemutakhiran data ini adalah selain untuk mendata kembali data terbaru dari para DRB & DTK semua angkatan, ada rencana pembuatan profil DRB & DTK di tiap angkatan, yang nantinya akan di posting di platform layanan BLPT. Dari data tersebut juga nantinya akan menjadi dasar untuk mengundang para DRB & DTK pada rakor pada bulan Maret mendatang.

Rakor DRB & DTK

Rakor DRB dan DTK direncanakan akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Maret (Sebelum Ramadhan). Rakor ini harapannya akan menjadi pertemuan akbar seluruh DRB dan DTK sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan berkolaborasi untuk membahas kegiatan dan kebijakan yang akan dilaksanakan oleh BLPT selama 1 tahun kedepan. Teh Tuti juga menyampaikan bahwa DRB tahun 2017-2021 akan bertransformasi menjadi DTK. Salah satu agenda tahunan yang akan dibahas adalah penyelenggaraan PembaTIK tahun 2023 yang nantinya mungkin akan ada penyesuaian dan prosedur baru terkait dengan kebijakan baru dari Kemendikbudristek.

Pendaftaran IKM

Selanjutnya, materi yang tak kalah penting adalah sosialisasi pendaftaran IKM. Hal yang menjadi spesial di tahun ini, adalah pertama kalinya pendaftaran IKM dapat dilakukan melalui PMM oleh Kepala Sekolah. Proses pendaftara IKM dijelaskan secara detail oleh Bapak Feriza. Sosialisasi pendaftaran IKM ini disampaikan kepada para DRB & DTK karena secara tidak langsung, pasti kami akan banyak mendapatkan pertanyaan dari sekolah-sekolah yang akan melakukan pendaftaran IKM. Disampaikan pula daftar istilah dalam IKM, yaitu PMM, Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, Mandiri berbagi dan Akun Belajar.id.

Hal yang perlu digaris bawahi pada masa pendaftaran IKM adalah mengenai Jadwal pendaftaran 
● Pendaftaran berlangsung dari tanggal 6 Februari (pukul 18:00 WIB) - 31 Maret 2023. 
● Selama masa pendaftaran, Satuan Pendidikan bisa merubah opsi Kurikulum Merdeka maksimal sebanyak 3 kali.

Panduan pendaftaran IKM dapat dibaca melalui file berikut ini:

Tak terasa 120 menit pertemuan virtual ini berlangsung. Jika tidak mengingat teman-teman yang berada di zona waktu Indonesia Timur sudah larut malam, rasanya kami enggan untuk menyudahi pertemuan virtual ini. Diakhiri dengan berdoa dan sesi foto bersama, kami berharap semoga segera dipertemukan dalam kegiatan Rakor DRB & DTK bulan depan dalam keadaan sehat dan ceria.



Sabtu, 11 Februari 2023

Sesi Wawancara Seleksi Tahap 2 CGP A-8

Plong... Seluruh tahapan Seleksi Tahap 2 CGP A-8 telah dilalui

Seperti dalam tulisan Bu Rien'z sebelumnya, bahwa sebelum mengikuti Pendidikan Guru Penggerak (PGP), calon peserta wajib melalui serangkaian proses seleksi yang cukup panjang. Rangkaian seleksi Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 8 meliputi dua tahap. Tahap 1, berupa seleksi administrasi melalui CV, dan Esai calon peserta guru penggerak. Calon peserta yang dinyatakan lolos di tahap 1, masih harus mengikuti seleksi tahap 2 yang meliputi Simulasi Mengajar dan Sesi Wawancara.

Simulasi Mengajar dijadwalkan pada tanggal 11 Januari sampai 3 Februari yang lalu. Bu Rien'z telah menempuh proses Simulasi Mengajar ini pada hari Jumat , 27 Januari lalu (bagaimana keseruannya? Bisa di baca di sini). Berbagai persiapan Bu Rien'z lakukan agar dapat mengikuti seleksi ini dengan baik. Untuk menghadapi Simulasi mengajar, perlu menyiapkan RPP 10 menit, alat peraga serta media pembelajaran. Diperlukan pula beberapa perangkat pendukung lainnya, seperti Laptop (Bu Rien'z pakai 2 Laptop) untuk Gmeet, dan untuk presentasi, Microphone (optional), web cam (optional).

Sementara seleksi wawancara dijadwalkan tanggal 6 Februari hingga 3 Maret. Jika pada saat SM, Bu Rien'z mendapatkan giliran belakangan, di sesi wawancara ini Bu Rien'z mendapatkan giliran pertama kali, dibandingkan dengan rekan2 guru CGP A-8 dari SMKN 1 Pleret. Berikut urutan jadwal Wawancara CGP dari SMK Negeri 1 Pleret

  1. Rini Sri Lestari (Jumat, 10 Februari 2023)
  2. Abdul Latif (Selasa, 21 Februari 2023)
  3. Al Faris Akbar (Kamis, 23 Februari 2023
  4. Lusia Krisna Epi Iswanti (Sabtu, 25 Februari 2023)
  5. Jatmiko (Selasa, 28 Februari 2023)

Menjadi yang pertama, tentu saja membuat Bu Rien'z cukup gugup dan khawatir. Karena belum bisa mengira-ngira bagaimana proses wawancara nanti berlangsung. Meskipun Bu Rien'z sudah pernah mengikuti seleksi semacam ini, namun tentu saja tidak bisa disamakan baik dalam prosesnya maupun asesor yang akan mewawancarai.


Hal-hal yang Bu Rien'z siapkan untuk sesi wawancara ini, tentu saja yang utama adalah kesiapan diri. Bu Rien'z mempersiapkan diri dengan selalu membaca, dan bertanya kepada rekan-rekan senior yang berpengalaman. Membaca kembali esai dan profil yang sudah Bu Rien'z tuliskan. Yang kedua adalah kesiapan perangkat yang akan digunakan pada saat sesi wawancara. Tidak seribet ketika Simulasi Mengajar, perangkat yang dibutuhkan saat wawancara ini cukup sebuah laptop dan headset saja. Jangan lupa menyiapkan KTP untuk diverifikasi oleh asesor.

Hari Jumat ini, keberuntungan berpihak pada bu Rien'z. Biasanya, setiap hari jumat ada agenda kegiatan pramuka untuk siswa kelas X yang dimulai pukul 14.00 - 15.30 WIB. Namun di hari ini, SMKN 1 Pleret ada agenda kehumasan, sehingga kegiatan pramuka diajukan menjadi pukul 13.00 - 14.30, sehingga proses wawancara tidak akan terganggu. Sambil menunggu waktu, bu Rien'z abadikan dulu moment menjelang sesi wawancara ini, sekaligus mengurangi nervous dan gugup.

Bersiap sejak pukul 14.30, bu Rien'z mengenakan kebaya sebagai ciri khas Bu Rien'z sebagai guru seni budaya sekaligus menunjukkan identitas tradisional Gaya Yogyakarta. Pukul 14.50 Bu Rien'z mulai mengakses laman simpkb guru penggerak dan meng-klik tautan Gmeet wawancara. Setelah kurang lebih 5 menit menunggu, akhirnya Bu Rien'z diizinkan masuk room oleh asesor.

Asesor pada wawancara kali ini ada dua orang, bapak dan ibu. Salah satu dari asesor membuka sesi wawancara, serta memperkenalkan diri sebagai asesor. Beliau juga mengutarakan tujuan wawancara serta minta izin untuk merekam dan memfoto proses wawancara untuk keperluan penilaian dan dokumentasi laporan sasesor. Kemudian Bu Rien'z dipersilakan untuk memperkenalkan diri.

Beli Sate di Alun-alun
Sempat mampir ke Taman Sari
Selamat sore Assalamu'alaikum
Izinkan saya memperkenalkan diri
Burung Kenari terjebak getah karet
Kelinci menari bikin tertawa
Saya Rini Sri Lestari dari SMKN 1 Pleret
Siap mengikuti sesi wawancara

Seperti pada saat SM, Bu Rien'z mengawali perkenalan dengan pantun, setelah minta izin kepada asesor terlebih dahulu. Asesor cukup terkesan dengan teknik perkenalan yang Bu Rien'z lakukan, dan hal ini menambah percaya diri bu Rien'z untuk melanjutkan sesi wawancara. Asesor pertama mengajukan beberapa pertanyaan kepada bu Rien'z selama kurang lebih 30 menit. Satu demi satu pertanyaan bisa bu Rien'z jawab dengan lancar. Setelah dianggap cukup, asesor pertama menyerahkan sesi berikutnya kepada asesor kedua. 

Sangat bersyukur, asesor kedua juga sangat baik. Bahkan beliau mempersilakan bu Rien'z untuk minum dulu sebelum dilanjutkan ke sesi wawancara yang kedua. Tidak jauh beda dengan asesor pertama, asesor kedua juga memberikan beberapa pertanyaan dan bisa terjawab dengan baik. Akhirnya, pada menit ke 56, asesor kedua menyatakan bahwa sesi wawancara sudah cukup dan bu Rien'z disilakan untuk meninggalkan Gmeet.

Langsung plong... Rasanya lega dan bersyukur telah menyelesaikan sesi wawancara lebih cepat dari perkiraan yang dijadwalkan. Setelah menunggu kurang lebih 30 menit, bu Rien'z kembali mengakses simpkb guru penggerak untuk mengisi umpan balik kepada asesor.


Kedua tahapan seleksi CGP telah dilalui dengan baik dan lancar. Selanjutnya tingga menunggu pegumuman kelulusan seleksi CGO A-8 ini melalui simpkb. Harapannya, semua peserta bisa lolos dan lanjut mengikuti Pendidikan Guru Penggerak angkatan 8. Mari bersama untuk Tergerak, Bergerak, Menggerakkan.


Kamis, 02 Februari 2023

Materi Karya Seni Rupa Terapan (KD 3.8.2)

Seni Rupa Terapan

A. Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang mana mengandung nilai fungsi tertentu disamping nilai seni yang dimilikinya. (Wikipedia)

B. Sejarah Seni Rupa Terapan

Diusut ke masa lalu, seni rupa terapan sebenarnya sudah akrab dari zaman nenek moyang bangsa Indonesia dimasa silam. Sejarah telah membuktikan, pada zaman prasejarah orang-orang di masa lalu telah menggunakan berbagai pernak-pernik perlengkapan yang mempunyai nilai seni tinggi dalam kehidupan sehari-harinya. Beberapa diantaranya adalah kapak batu, tulang untuk berburu, dolmen, nekara, moko, bejana dan lain sebagainya. Seiiring waktu berjalan, seni rupa terapan secara turun temurun diwariskan ke masyarakat kita di masa sekarang. Dalam berbagai aspek kesenian seperti seni dekorasi, seni arsitektur, seni ilustrasi, seni grafis, seni terapan telah melebur.

C. Fungsi Seni Rupa Terapan

Fungsi dari karya seni rupa terapan dapat dibedakan menjadi dua fungsi, yaitu:
1. Fungsi Estetis
Fungsi Estetis merupakan fungsi yang hanya ditujukan sebagai benda hias, contohnya karya batik atau tenun yang dibuat khusus untuk hiasan dinding, benda kerajinan, topeng, dan vas bunga.
2. Fungsi Praktis
Fungsi praktis merupakan karya seni yang tujuan utama pembuatannya adalah sebagai benda pakai. Contohnya perabotan rumah tangga, meja, kursi dan tekstil.

Topeng Batik Kayu termasuk Karya Seni Rupa Terapan
dengan fungsi estetis

Rak Kayu merupakan Karya Seni Rupa Terapan
dengan fungsi praktis

Jam Ukir merupakan Karya Seni Rupa Terapan
dengan fungsi estetis dan praktis

D. Jenis-Jenis Seni Rupa Terapan

Jenis Seni Rupa Terapan dibedakan berdasarkan:
1. Bentuknya
2. Wujudnya
3. Asalnya

Berdasarkan Bentuknya
Berdasarkan bentuknya, karya seni rupa terapan dibedakan menjadi lima kategori, yaitu:

1. Rumah Adat

Rumah adat adalah rumah yang dibuat berdasarkan adat yang dianut suatu suku. Indonesia memiliki bentuk rumah adat yang beranekaragam. Jika dilihat struktur bangunan rumah adat di Indonesia secara keseluruhan maka dapat dibedakan berdasarkan bangunan yaitu berdasarkan atapnya, ragam hiasannya, bentuk dan bahan baku pembuatannya. Seperti misalnya rumah beratap joglo di Jawa, rumah beratap gonjong di Minangkabau, Rumah panggung di Kalimantan dan Lampung.

2. Senjata Tradisional

Fungsi senjata pada masa lalu berbeda dengan penggunaan senjata tradisional saat ini. Senjata tradisional sekarang ini lebih sering dipakai sebagai peralatan untuk bekerja. Ada juga yang menggunakannya sebagai perlengkapan ritual, perlengkapan pakaian adat, pertunjukan seni tradisional, dan sebagai benda hias. Contohnya adalah Celurit dari Madura, Pasa Timpo dari Sulawesi Tengah, Kujang dari Jawa Barat, Mandau dari Kalimantan.

3. Transportasi Tradisional

Transportasi tradisional yang mempertahankan bentuk dan ciri khas tradisionalnya masih dapat ditemui di wilayah Nusantar. Misalnya perahu, kereta kuda, pedati dan becak.
4. Seni Kriya
Seni kriya sangat luas, tetapi secara garis besar dapat dibagi menjadi 4 kelompok, antara lain.
  • Seni Pahat: misalnya kursi yang dipahaat, diukir sebagai tempat duduk.
  • Seni Tekstil: Tenun, kain songket yang dapat digunakan untuk menutupi tubuh dan sebagai hiasan dinding.
  • Kriya Anyaman: Topi anyam yang dapat dipakai dan dijadikan hiasan dinding.
  • Kriya Keramik: Vas bunga, guci, cangkir antik yang dapat dijadikan hiasan dirumah.

5. Arsitektur Bangunan

Arsitektur bangunan di Indonesia sangat beranekaragam. Seni rupa terapan terlihat dari berbagai arsitektur bangunan di Indonesia. Seperti Candi yang merupakan salah satu contoh arsitektur bangunan di Indonesia yang menerapkan seni rupa terapan

Berdasarkan Wujudnya

Berdasarkan wujudnya seni rupa terapan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
• Seni Rupa Terapan 2 Dimensi: Yaitu seni rupa terapan yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar. Contoh batik, wayang kulit, dan tenun.

• Seni Rupa Terapan 3 Dimensi: Yaitu seni rupa terapan yang memiliki dimensi panjang, lebar, dan kedalaman. Contoh patung, senjata tradisional, rumah adat dan lain sebagainya.

Berdasarkan Asalnya

Berdasarkan Asalnya seni rupa terapan dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:
  • Seni Rupa Terapan Nusantara: Merupakan seni rupa terapan yang asalnya dari nusantara dan diwariskan secara turun temurun melalui budaya. Contohnya Rumah adat, pakaian adat, senjata tradisional, alat transportasi tradisional dan lain sebagainya.
  • Seni Rupa Terapan Modern: Merupakan seni rupa terapan yang asalnya dari kebudayaan modern masa kini. Contohnya adalah lukisan modern dengan aliran seni rupa tertentu dan lain sebagainya.

E. Contoh Karya Seni Rupa Terapan

1. Peralatan Rumah Tangga

Peralatan rumah tangga ini merupakan salah satu contoh dari karya seni terapan. Contoh peralatan rumah tangga yang juga sebagai seni adalah kursi, meja dan tempat tidur.
Sudah pasti, semua peralatan itu memiliki fungsi namun juga diperindah dengan seni untuk mempercantik rumah. Peralatan tersebut dihias dan ditata sesuai keinginan yang punya rumah.

2. Pakaian

Contoh seni rupa terapan yang paling bisa dikenal adalah pakaian. Pakaian jelas digunakan manusia sebagai bahan sandang di kehidupan sehari-hari.
Saat ini pakaian bukan hanya sekedar kebutuhan sandang, dengan beragam model dari bentuk hingga gambar yang menghiasi ini sangat mempercantik modelnya dan bisa disebut sebagai karya seni rupa ini.

3. Poster

Poster juga termasuk salah satu contoh dari karya seni rupa. Meskipun bentuk poster hampir sama seperti lukisan berupa gambar dua dimensi, namun poster bukan merupakan seni rupa murni.
Poster juga memiliki tujuan yaitu untuk mengajak atau menghimbau masyarakat luas. Tujuannya ini yang membuat poster menjadi seni rupa terapan.

4.Perhiasan

Perhiasan juga salah satu bentuk karya seni rupa. Sederhananya perhiasan sendiri masuk ke dalam ketagori contoh karya yang mengedepankan nilai keindahan daripada kegunaan.
Bahkan, tidak jarang sebuah berlian, emas dan lainnya hanya dijadikan pajangan. Namun, lebih banyak yang memakai sebagai benda penghias di diri manusia.



Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...