Sabtu, 28 Januari 2023

Simulasi Mengajar Seleksi Tahap 2 CGP A-8

 Lega... Simulasi Mengajar telah dilalui dengan Baik

Tidak ada kata lain yang terucap, selain ungkapan syukur setelah menyelesaikan Simulasi Mengajar dalam seleksi tahap 2 Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 8 ini. Seperti dalam postingan bu Rien'z beberapa hari yang lalu, bahwa sebanyak 5 guru di SMK Negeri 1 Pleret lolos seleksi tahap 1, dan saat ini sedang menempuh seleksi tahap 2 CGP A-8. Sesuai linimasa pelaksanaan CGP A-8, bahwa Simulasi Mengajar (SM) ini dijadwalkan pada tanggal 11 Januari - 3 Februari 2023. Adapun teknis dan jadwal masing-masing peserta dapat dilihat melalui akun simpkb masing-masing.

Seleksi simulasi mengajar CGP tahap 2 ini, merupakan seleksi lanjutan, setelah peserta dinyatakan lulus seleksi tahap 1. Pada seleksi tahap 1, peserta diminta untuk mengupload RPP, CV dan menuliskan esai terkait dengan aktivitas dan motivasi sebagai Guru Penggerak. Selanjutnya, di tahap 2 ini peserta wajib mengikuti tes simulasi mengajar dengan durasi 10 menit sesuai dengan RPP yang telah diunggah pada seleksi tahap 1. Selain melakukan micro teaching, peserta seleksi CGP juga akan menempuh sesi tanya-jawab terkait dengan pembelajaran yang dilakukan.

Dari kelima guru di SMKN 1 Pleret, jadwal Simulasi Mengajar berurutan sebagai berikut:

  1. Al Faris Akbar, Senin 16 Januari 2023 pukul 16.00
  2. Lusia Krisna Epi Iswanti, Selasa 24 Januari 2023 pukul 09.30
  3. Jatmiko, Selasa 24 Januari 2023 pukul 13.30
  4. Rini Sri Lestari, Jumat 27 Januari 2023 pukul 10.30
  5. Abdul Latif, Sabtu 28 Januari 2023 pukul 14.30

Segala persiapan kami lakukan bersama. Kami berlima saling support dan saling mendukung, saling membantu demi kelancaran pelaksanaan simulasi mengajar ini. Sebagai peserta paling awal, Pak Al (demikian kami memanggil) sangat beruntung memiliki pengalaman saat beliau membantu Bapak Kepala Sekolah saat simulasi mengajar pada seleksi CPP Angkatan 7 beberapa bulan yang lalu. Berdasarkan pengalaman tersebut, pak Al melakukan setting ruangan yang representatif untuk melakukan praktik mengajar.

Sangat bersyukur, bahwa Bapak Kepala Sekolah, Pariyana, S.Pd., M.T. sangat mendukung kami. Bahkan beliau mengizinkan kami untuk menggunakan ruang LSP untuk persiapan seleksi mengajar ini. Dengan demikian, ruang LSP tidak digunakan untuk kegiatan apapun selama 2 minggu terakhir. Tidak hanya itu, peralatan aset sekolah yang kami butuhkan seperti web cam, LCD Proyektor dan speaker pun diizinkan untuk kami pinjam selama proses simulasi mengajar. Sungguh, dukungan dari Kepala Sekolah membuat kami sangat terbantu dan termotivasi. Kepala Sekolah juga tidak tanggung-tanggung memberikan berbagai tips dan trik dalam persiapan simulasi mengajar. Pengalaman beliau selama seleksi CPP angkatan 7 betul-betul ditularkan kepada kami, tanpa kecuali.

Persiapan untuk melaksanakan Simulasi Mengajar yang Bu Rien'z lakukan salah satunya adalah dengan mempersiapkan materi, dan media sesuai dengan RPP yang telah diunggah pada seleksi tahap 1. Pada kesempatan ini, bu Rien'z mengambil tema materi "Konsep Budaya" yang mana menjadi salah satu materi dasar di kelas X, untuk mengubah miskonsepsi budaya dari para murid. Dengan surasi waktu 10 menit, Bu Rien'z mengemas micro teaching dengan cukup matang. Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom, dan media pembelajaran yang beragam sesuai dengan kebutuhan karakteristik belajar murid. Media pembelajaran yang Bu Rien'z gunakan adalah Media Video Pembelajaran, Blog Pembelajaran, tayangan Powerpoint dan Roda Unsur Budaya.

Tidak lupa pula bu Rien'z juga menyiapkan rancangan dialog untuk SM, yang dilatih secara berulang-ulang (kurang lebih 6-8 kali latihan) untuk mematangkan alur dan menghafalkan dialog, agar tidak ngelantur saat simulasi mengajar. selain itu, latihan juga sangat diperlukan agar bisa tepat waktu cukup 10 menit dari pembukaan, inti hingga penutup.

H-1 pelaksanaan, tepatnya hari kamis, 26 Januari, tim pemantau CGP mengirimkan pesan kepada bu Rien'z yang intinya adalah konfirmasi kehadiran SM dan langkah-langkah mengikuti SM di hari esok. Tim pemantau yang terdaftar di SIMPKB, beliau bapak Andre Gunawan Lubis menyampaikan beberapa pesan agar bu Rien'z lebih siap dalam mengikuti simulasi mengajar esok hari.

Pada saat hari H, Bu Rien'z mulai mengakses simpkb guru penggerak sejak 15 menit sebelum jadwal berlangsung. Namun adanya kendala jaringan, sampai 12 menit bu Rien'z menunggu, namun belum ada tanda-tanda di admit oleh asesor. Berusaha tetap tenang, Bu Rien'z akhirnya menghubungi tim pemantau dan melaporkan bahwa bu Rien'z sudah berusaha untuk gabung di Google Meet sejak 15 menit yang lalu. Alhamdulillah, tepat pukul 10.30 WIB, bu Rien'z berhasil bergabung di room meet.

Dengan menarik nafas panjang dan berdoa, bu Rien'z langsung pasang wajah ramah full senyum kepada kedua asesor. Setelah kedua asesor memperkenalkan diri, Bu Rien'z disilakan untuk memperkenalkan diri juga. Dengan diawali pantun, Bu Rien'z memperkenalkan diri dengan gaya bahasa yang penuh semangat dan percaya diri. Selanjutnya, bu Rien'z diminta langsung melakukan simulasi mengajar di tempat yang sudah bu Rien'z siapkan sebelumnya. 10 menit simulasi mengajar dilalui dengan lancar dan baik, tanpa ada kesalahan ataupun dialog yang terlupa. Dengan persiapan yang matang, membuat Bu Rien'z lebih percaya diri, terutama saat menghadapi asesor saat tanya jawab. Semua pertanyaan dari asesor dapat dijawab dengan lancar.


Demikian sedikit berbagi pengalaman daat mengikuti simulasi mengajar seleksi tahap 2 CGP A-8. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan jejak di komentar, ya..

Location: Pleret, Jl. Imogiri Tim. KM.9, Jati, Wonokromo, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791, Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...