Minggu, 08 Januari 2023

Materi Coaching Clinic Seleksi Tahap 2 CGP A-8 (Part 2)

 Ini yang Harus disiapkan untuk Seleksi Simulasi Mengajar & Wawancara


Masih berlanjut coaching clinic seleksi tahap 2 CGP A-8 bersama Pokja PGP Kemendikbudristek. Paparan materi petunjuk umum dan khusus telah disampaikan oleh sub pokja PGP, bapak Otong Kusnadi, dan telah bu Rien'z tulis dalam postingan sebelumnya (Materi Coaching Clinic Seleksi Tahap 2 CGP A-8 Part1). Pada part 2 ini, bu Rien'z akan berbagi informasi Materi coaching clinic seleksi tahap 2 CGP A-8 yang disampaikan oleh pokja SIMPB  yaitu bapak Ghazi.

Secara runtut dan sistematis, Pak Ghazi memberikan materi mengenai Tata Kelola SImulasi Mengajar dan Wawancara di SIMPKB. Beliau menyampaikan bahwa jumlah total kandidat CGP A-8 di tahap 2 ini sejumlah 33.599 peserta dengan pembagian jadwal simulasi mengajar dan wawancara sebagai berikut:
Simulasi mengajar : 11 Januari - 3 Februari 2023
Wawancara            : 6 Februari - 3 Maret 2023
Bapak Ghazi menyampaikan bahwa pastikan kandidat/peserta seleksi tahap 2 tidak mengalami kendala saat masuk akun/login SIMPKB. Jika terjadi kendala lupa password, disarankan agar segera melakukan reset password dnegan menghubungi ketua komunitas, atau operator dinas pendidikan setempat.

Pemutakhiran Data

Tahap awal persiapan Simulasi Mengajar adalah, kandidat perlu melakukan pemuthakhiran data dengan mengunggah ulang KTP dan RPP melalui SIMPKB masing-masing. Siapkan file yang sesuai dengan aturan pada SIMPKB, yaitu ukuran file maksimal 1 MB dengan file KTP menggunakan format jpg, dan RPP berupa pdf. RPP yang diunggah ulang adalah RPP yang sama ketika melakukan seleksi tahap 1.

Cara unggah ulang RPP sebagai berikut:

  1. Siapkan file KTP dan RPP di perangkat lokal (Laptop atau HP)
  2. Setelah menerima notifikasi (kotak dialog) untuk pemutakhiran data, klik tombol lanjutkan
  3. Unggah KTP, lalu lanjutkan di kotak unggah ulang RPP
  4. Klik judul RPP (tulisan berwarna biru) lalu akan diarahkan ke tab baru berupa laman ubah RPP
  5. Judul RPP, jenis, deskripsi dan kata kunsi tidak bisa di edit, sehingga langsung klik tanda lampiran untuk ubah RPP.
  6. Kembali ke tab SIMPKB, klik simpan

Pra Simulasi Mengajar

Sebelum hari H simulasi mengajar, pemantau akan mengirimkan pesan WA kepada kandidat untuk memastikan kehadiran peserta. Petunjuk singkatnya sebagai berikut :
  1. Buka SIM PKB
  2. Klik Simulasi Mengajar
  3. Klik Detail Jadwal
  4. Klik Tautan Gmeet (kotak biru)
  5. Jika sudah meminta bergabung, silahkan ditunggu sampai diizinkan masuk
Tips yang disampaikan oleh bapak Ghazi adalah, gunakan Chrome dengan akun Google yang sama untuk membuka SIMPKB. Pastikan nama akun adalah nama asli peserta (bukan nama beken di dunia maya)

Hari H Simulasi Mengajar

Pada saat hari H simulasi mengajar, pastikan peserta telah menyiapkan KTP asli untuk verifikasi data. Konfirmasikan data diri peserta kepada asesor, dan ikuti semua arahan asesor dengan baik. Simulasi mengajar akan direkam oleh sistem dari pokja PGP, sehingga peserta tidak diizinkan untuk merekam dalam bentuk apapun.

Wawancara

Jadwal wawancara juga akan dirilis melalui SIMPKB masing-masing peserta. Untuk itu, peserta diharapkan sering mengecek SIMPKB secara berkala, agar tidak tertinggal informasi penting terkait jadwal seleksi. Pada saat seleksi wawancara, secara teknis hampir sama dengan simulasi mengajar. Waktu yang dibutuhkan untuk seleksi wawancara ini adalah 60 menit. Adapun peraturan kandidat pada saat mengikuti wawancara adalah sebagai berikut:
  1. Kandidat yang dinyatakan diskualifikasi pada saat simulasi mengajar tidak dapat mengikuti wawancara
  2. Materi wawancara seputar Esai yang diisi peserta saat seleksi tahap 1
  3. Waktu wawancara 1 jam (60 menit) untuk persiapan, dan integrasi nilai 30 menit
  4. Kandidat wajib mengisi umpan balik asesor.

Panduan lebih lengkap dapat disimak pada laman bantuan SIMPKB yang dapat diakses oleh siapa saja. Silakan dipelajari dengan seksama, agar bisa mengikuti simulasi mengajar dan wawancara dengan lancar dan sukses
Panduan untuk mengikuti Simulasi Mengajar bisa di simak [di sini]
Panduan lengkap PGP silakan simak pada file pdf berikut:

Demikian sedikit catatan materi coaching clinic yang berhasil Bu Rien'z rangkum.. semoga bermanfaat.
jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar ya.. Ikuti terus Blog Guru Seni untuk informasi menarik seputar kegiatan guru.. Terima kasih
Location: Beteng, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...