Selasa, 17 Januari 2023

Audiensi Pengurus IGI Bantul ke Dikpora Bantul

Silaturahim dan Perkenalan Pengurus IGI Bantul

Beberapa waktu yang lalu, Bertepatan dengan Peringatan Hari Guru Nasional, 25 November 2022 bertempat di SMK Negeri 2 Depok, telah dilakukan Pelantikan Pengurus IGI Daerah yang terdiri dari pengurus Daerah Kabupaten Kulon Progo, Sleman, Bantul, Gunungkidul dan Kota Yogyakarta periode 2021-2026.

Pengurus Daerah di masing-masing kabupaten/kota mulai melakukan rapat koordinasi dan penyusunan program kerja. Pengurus IGI Bantul, merumuskan program kerja bersama, didampingi oleh Pengurus Wilayah DIY, Ibu Camaradini pada hari Kamis, 12 Januari 2023 bertempat di Ruang Pertemuan Perpustakaan SMK Negeri 1 Sewon. Rapat terbatas pengurus IGI Bantul tersebut menghasilkan rangkaian program kerja pengurus IGI Bantul dalam kurun waktu masa jabatan 5 tahun kedepan. Selanjutnya, pengurus IGI Bantul mengadakan kegiatan audiensi dengan stakeholder terkait, antara lain dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Bantul.

Meskipun tidak bisa semuanya hadir, namun kegiatan audiensi berjalan dengan lancar. Sesuai surat permohonan audiensi yang telah diajukan kepada Dinas Dikpora Bantul, sempat terjadi penundaan acara, yang sedianya direncanakan pada hari Jumat, 13 Januari 2023, ditunda menjadi hari Senin, 16 Januari 2023.

Bertempat di Ruang Pertemuan 1, kami para pengurus IGI diterima dengan baik oleh Sekretaris Dinas Dikpora Bantul, Dr. Titik Sunarti Widyaningsih, S.Pd., M.Pd., beliau mewakili kepala Dikpora Bantul yang pada saat ini sedang ada ketugasan lain. Didampingi Kepala Bidang PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) , Drs. Ali Suriansyah, M.Pd., dan Kepala Bidang SMP, Retno Yuli Astuti, M.Pd.. Kegiatan audiensi dimulai tepat pukul 13.30 WIB.

Setelah diawali dengan berdoa, Ketua Pengurus IGI Bantul Widodo, S.Pd., M.Pd. menyampaikan ucapan terima kasih atas izin dan diterimanya kami di Dinas Dikpora Bantul ini, serta mengutarakan maksud kunjungan kami pada siang ini. Selanjutnya, beliau menyampaikan sekilas mengenai organisasi Ikatan Guru Indonesia, serta memperkenalkan semua pengurus IGI Bantul, baik yang saat ini hadir maupun tidak hadir. Dalam kesempatan ini pula, Pak Wid (Kami menyebut beliau demikian) menyampaikan program kerja pengurus IGI Bantul pada periode 2021-2026, dan beberapa hal-hal yang mungkin bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan DInas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul.

Tanggapan sekretaris Dinas Dikpora Bantul, Dr. Titik Sunarti Widyaningsih, S.Pd., M.Pd.  menyambut dengan baik, dan sangat mendukung terbentuknya organisasi IGI di kabupaten Bantul. Bahwa memang diperlukan wadah-wadah organisasi untuk menampung aspirasi, dan memberikan kesempatan kepada para guru untuk mengembangkan diri, demi kemajuan pendidikan khususnya di Bantul. Beliau juga sangat terbuka, menawarkan hal apa saja yang kami harapkan dari Dikpora terkait dengan program2 yang kita rencanakan?

Sementara itu, Drs. Ali Suriansyah, M.Pd., selaku Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan juga memberikan dukungan yang luar biasa kepada IGI Bantul. Beliau berpesan, agar organisasi ini tetap istiqomah dalam menjembatani para guru agar bisa mengembangkan diri dan berbagi ilmu. Beliau menyatakan, bahwa Kabupaten Bantul selama ini terkenal dengan prestasi guru-gurunya. Selama pandemi dua tahun terakhir ini, sepertinya belum muncul kembali bibit-bibit prestasi dari Kabupaten Bantul. Nah melalui organisasi IGI ini, harapannya bisa mencetak guru-guru handal dan berprestasi sehingga akan mengantarkan Bantul kembali pada masa kejayaannya.

Acara audiensi dilanjutkan dengan sesi diskusi, dimana Ibu Lusia Tri Camaradini, M.Eng., dan ibu Maria Estri Putransi, M.Pd., juga menyampaikan keberhasilan dan pencapaian IGI selama ini. Bagaimana para anggota dan pengurus benar-benar total dalam berorganisasi, bahu membahu bekerjasama tanpa pamrih, tidak memandang senioritas, bahkan IGI sangat terbuka dalam hal apapun. Pada kesempatan ini pula Bu Rien'z menyampaikan testimoni sebagai anggota baru di Ikatan Guru Indonesia. Bu Rien'z tergabung di IGI secara resmi pada tahun 2021. Selama menjadi anggota, banyak fasilitas-fasilitas dari IGI yang bermanfaat bagi pengembangan diri. Sebagian besar kegiatan pelatihan guru di IGI tidak berbayar, yang bisa diakses oleh semua anggota IGI kapan saja sesuai kebutuhan. Bu Rien'z juga menyampaikan bahwa pencapaian sebagai Duta Teknologi Kemendikbudristek ini, sedikit banyak sangat terbantu oleh ilmu-ilmu yang Bu Rien'z dapatkan di kegiatan IGI.


Terakhir, kami pun menyampaikan sekedar kenang-kenangan kepada Kepala Bidang PTK, sebagai bentuk kasih sayang kami kepada Dinas Dikpora Kabupaten Bantul. Tak lupa kami mengambil gambar bersama di depan Lobby Kantor Dinas Dikpora Bantul untuk mendukung dokumentasi kegiatan kami ini. 


Ucapan syukur dan terima kasih kami haturkan, atas terselenggaranya audiensi hari ini. Semoga hasil audiensi bersama Dinas Dikpora Bantul bisa menjadi salah satu penyemangat kami dalam bertugas sebagai pengurus IGI Daerah Kabupaten Bantul. Semua program kerja yang kami rencanakan dapat tercapai sesuai dengan slogan kami, "Sharing and Growing Together", semoga Ikatan Guru Indonesia akan menjadi komunitas yang tepat bagi para guru dan siapa saja yang tertarik dan peduli pada pentingnya memajukan dunia pendidikan dan keguruan khususnya di Kabupaten Bantul.


Postingan Instagram kegiatan ini ada di https://www.instagram.com/p/Cnf8jT5Pn6h/?igshid=NjcyZGVjMzk=


16 komentar:

  1. Luar biasa IGI bantul. Selamat berjuang untuk membantu guru2 lebih maju & kompeten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap.. semangat... Terima kasih motivasinya, pak Sugeng..

      Hapus
  2. Saatnya kita bawa Bantul meraih prestasi di berbagai kegiatan pendidikan melalui IGI, ya Bu Rien's. Semangaaaaaat 💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah.. Bantul bangkit.. Bantul Berprestasi..

      Hapus
  3. Keren IGi Bantul selamat berkarya untuk mendorong perubahan ke arah yang lebih baik, di tunggu kiprah selanjutnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas motivasinya.. Siap semangat.. dan tunggu kegiatan keren IGI Bantul selanjutnya

      Hapus
  4. IGI Bantul mantab.. Selamat bekerja memajukan pendidikan di wilayah Kab Bantul.
    Selamat dan sukses untuk IGI Bantul.

    BalasHapus
  5. Mantap, langkah awal yang sangat bagus dan brilliant. Maju terus IGI Bantul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih motivasinya, pak Eko.. Bismillah.. siap semangat.. Mohon bimbingan dari para senior..

      Hapus
  6. Mantab jiwa, semoga IGI Bantul semakin eksis untuk berbagi ilmu dan ketrampilan dengan guru² di Bantul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Terima kasih atas motivasinya.. mohon bimbingannya, pak Yosh

      Hapus
  7. Mantap IGI Bantul. Lanjutkan.
    Sharing and growing together....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap lanjutkan.. Terima kasih motivasinya pak Rohmadi..

      Hapus
  8. Jozz tetap semngat & sukses selalu untuk IGI bantul & IGI DIY

    BalasHapus

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...