Sabtu, 21 Januari 2023

Audiensi Pengurus IGI Bantul ke Balai Dikmen Bantul

 IGI Jalin Kerjasama dengan Balai Dikmen Bantul

Setelah awal minggu lalu sowan ke Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, kali ini Pengurus Ikatan Guru Indonesia mengunjungi Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Bantul. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul membawahi sekolah-sekolah jenjang PAUD/TK, SD dan SMP. Sementara Balai Pendidikan Menengah (disingkat Baldik) Kabupaten Bantul sebagai Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY membawahi Sekolah-sekolah jenjang SMA/SMK dan SLB.

Pengurus  IGI yang diwakili oleh Camaradini (Pengurus IGI wilayah DIY); Widodo (Ketua IGI Bantul); Rofiana (sie. Kewirausahaan); Sabjan dan Bu Rien'z (Sie. Advokasi), ditemui secara langsung oleh Kepala Balai Dikmen, Ismunardi, S.Pd., M.M. beserta jajarannya, Kasubbag TU, sie. Layanan, serta pengawas SMA/SMK. Kegiatan audiensi dilaksanakan di ruang pertemuan lantai 2, Kantor Balai Dikmen Kabupaten Bantul. Direncanakan tahun depan, Kantor balai DIkmen akan berpindah lokasi di Sewon, Jalan Parangtritis.



Dalam Sambutannya, Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Bantul, Ismunardi, S.Pd., M.M. menyampaikan dukungannya terhadap organisasi IGI di Kabupaten Bantul. Beliau juga menyampaikan harapannya agar melalui IGI bisa membantu para guru untuk bisa mengembangkan diri dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan pelayanan terhadap murid-muridnya. 

Selanjutnya ketua IGI Bantul, Widodo memperkenalkan pengurus daerah (PD) IGI Bantul sekaligus menyampaikan beberapa program kerja IGI Bantul kepada jajaran Balai Dikmen Bantul. Salah satu program IGI yang disampaikan adalah program pengembangan diri guru yang berbasis inovasi pembelajaran, baik melalui media pembelajaran maupun digitalisasi administrasi pembelajaran.

Sabjan Badio, selaku seksi bidang advokasi menambahkan, bahwa IGI juga telah menjalin kerjasama yang baik dengan kemendikbudristek melalui pengurus pusat. Pada saat peringatan Hari Guru tahun 2022 kemarin Mas Menteri mengundang perwakilan pengurus IGI wilayah untuk ikut dalam kegiatan di Jakarta. Selain itu, IGI juga punya kanal-kanal pembelajar yang dapat dimanfaatkan oleh anggota sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Bantul, Ismunardi, S.Pd., M.M. sangat mengapresiasi adanya organisasi IGI. Segala kegiatan yang akan dilaksanakan oleh IGI Bantul silakan dikomunikasikan, seandainya nanti pihak Balai Dikmen bisa membantu terlaksananya kegiatan tersebut. Hal yang sama juga disampaikan oleh pengawas SMA, Suwito, S.Pd., M.Pd. bahwa kedudukan IGI seyogyaknya perlu bersinergi dengan dinas pendidikan, agar segala kegiatan bisa membantu guru dalam memanfaatkan legalitas sertifikat (bukti kegiatan) untuk pengembangan diri.

Dalam hal ini, ternyata organisasi IGI pertama kali telah ikut diperjuangkan oleh Drs. Dwi Suranto, pengawas SMK sejak tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia (KGI). Hingga saat ini IGI telah berbadan hukum dan menjadi salah satu organisasi profesi yang resmi, diharapkan IGI Bantul bisa selalu membarikan kontribusi yang baik terhadap pendidikan, khususnya di Kabupaten Bantul. 

Kegiatan audiensi siang ini, berakhir pukul 14.30 WIB, tepat saatnya staf Balai Dikmen mengakhiri jam kerja di hari Jumat ini. Tidak lupa kami berpose bersama di depan kantor Balai Dikmen sebagai dokumentasi dan bukti pelaksanaan audiensi kami hari ini.




Location: Bantul, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...