Kamis, 22 Desember 2022

Pengumuman Seleksi Tahap 1 Calon Guru Penggerak Angkatan 8

 

5 Guru SMK Negeri 1 Pleret Lolos Seleksi Tahap 1 CGP A8

Semangat Pagi.. Salam Merdeka Belajar!!

Siang ini, Rabu 21 Desember 2022 diantara kesibukan para guru mempersiapkan rapotan semester gasal tahun 2022/2023, WhatsApp Grup CGP Angkatan 8 Kabupaten Bantul ramai dengan informasi pengumuman Seleksi Tahap 1 CGP Angkatan 8. Meskipun tidak menaruh harap bisa lolos di angkatan ini, karena pengalaman hasil seleksi CGP angkatan 7 kemarin, guru yang lolos seleksi tahap 1 CGP angkatan 7 didominasi oleh guru TK, dan tidak ada satupun guru SMK yang lolos. Namun demikian, rasa penasaran dengan pengumuman tersebut tetap tumbuh besar. Bu Rien'z segera mengunduh file yang disematkan pada chat WAG tersebut.

Berdasarkan Surat Direktorat Jenderal guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nomor 3515/B3/GT.00.08/2022, tentang Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 Calon Guru Penggerak Angkatan 8, disampaikan bahwa:

  1. Pendaftar CGP secara daring yang kami terima melalui laman pendaftaran sejumlah 211.409 orang.
  2. CGP yang memenuhi persyaratan kelengkapan CV, unggahan dokumen, dan esai melalui proses verifikasi dan validasi (verval) berjumlah 64.336 orang.
  3. CGP yang dinyatakan lulus tahap 1 angkatan 8 berjumlah 33.559 orang (lampiran 2) dan yang bersangkutan berhak untuk mengikuti seleksi tahap 2. Proses seleksi tahap 2 meliputi simulasi mengajar dan wawancara.
  4. CGP dari kabupaten sasaran PGP Daerah Khusus (Dasus) dan Intensif yang mendaftar secara daring dan dinyatakan lulus tahap 1 akan mengikuti simulasi mengajar dan wawancara secara daring (online).
  5. Simulasi mengajar dan wawancara secara daring (online) akan dilaksanakan pada bulan Januari s.d. Februari 2023.
  6. Jadwal simulasi mengajar dan wawancara akan disampaikan melalui aplikasi SIMPKB masing-masing CGP.
  7. Pendaftar yang tidak lulus tahap 1 angkatan 8 dapat mendaftar pada Rekrutmen Calon Guru Pengerak (CGP) Angkatan 9 (seleksi serentak angkatan 9 dan 10).
  8. Informasi lengkap seputar Rekrutmen Calon Guru Pengerak (CGP) Angkatan 9 dan Angkatan 10 dapat dilihat pada laman Guru Penggerak: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak
  9. Tim Seleksi tidak melayani komunikasi dengan CGP dalam bentuk apapun. CGP diharapkan selalu memantau perkembangan informasi yang diumumkan melalui SIMPKB. Segala kerugian akibat kelalaian tidak memantau perkembangan informasi yang diumumkan menjadi tanggung jawab CGP.
  10. Tim Seleksi mengundang guru, kepala sekolah, kepala dinas, atau pimpinan pelamar/calon guru penggerak disatuan tugasnya/diwilayahnya, untuk memberikan informasi/masukan berkenaan dengan rekam jejak/integritas para peserta seleksi sebagaimana daftar terlampir. Informasi/masukan disampaikan kepada Tim Seleksi melalui alamat email: gurupenggerakkemendikbud@gmail.com.

Membaca satu-persatu nama guru yang lolos seleksi tahap 1, mata ini langsung terpaku pada sebaris nama nomor urut 9. Sambil mengerjapkan mata berkali-kali, memastikan bukan mimpi atau salah baca karena terlalu lama memandang layar Leptop, ternyata memang benar adanya bahwa Nama Bu Rien'z tercantum sebagai salah satu guru yang lolos seleksi tahap 1 ini. Jempol tangan ini langsung scroll layar ke bawah, pusat perhatian ada pada pencarian nama instansi SMK Negeri 1 Pleret. Alhamdulillah, satu demi satu nama rekan-rekan guru di SMKN 1 Pleret ditemukan pada tabel itu. Sebanyak 5 orang guru SMKN 1 Pleret  yang mendaftar dan mengirimkan berkas seleksi tahap 1 CGP angkatan 8, semua lolos. Secara berurutan, nama-nama tersebut adalah:

  1. Rini Sri Lestari_Guru Seni Budaya (No. Urut 9)
  2. Abdul Latif_Guru BK (No. Urut 29)
  3. Lusia Krisna Epi Iswanti_Guru PPKn (No. Urut 39)
  4. Al Faris Akbar_Guru Teknik Komputer dan Jaringan (No. Urut 41)
  5. Jatmiko_Guru PAI (No. urut 87)
Pengumuman Seleksi Tahap 1 CGP Angkatan 8 secara lengkap dapat dibaca pada file berikut:

Ucapan syukur dan selamat saling kami sampaikan kepada sesama peserta yang lolos seleksi tahap 1. Tidak lupa pula kami tetap memberikan semangat dan motivasi kepada rekan-rekan yang belum lolos dan belum mencoba untuk mendaftar CGP. Masih banyak kesempatan untuk mengikuti Program Guru Penggerak ini. Dalam waktu dekat, akan dibuka kembali pendaftaran untuk angkatan 9 dan 10, melanjutkan pendaftaran yang telah diadakan sebelumnya.

Location: Pleret, Jl. Imogiri Tim. KM.9, Jati, Wonokromo, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791, Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...