Jumat, 02 Desember 2022

Acara Puncak Anugerah Ki Hajar 2022

 Luar Biasa!! Inilah Pemenang Ki Hajar Stem, Duta Teknologi dan Daerah Jawara Belajar.id

Rabu, 30 November 2022 menjadi hari bersejarah bagi bu Rien'z dan 33 Duta Teknologi 2022 dari seluruh Nusantara. Bagaimana tidak??? Gegap gempita perayaan Anugerah Ki Hajar yang diselenggarakan di Gedung D Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakartamenampilkan Juara Ki Hajar, penobatan Duta Teknologi 2022 sekaligus pemberian apresiasi kepada Daerah Jawara Belajar.id.

Seperti yang telah disampaikan, bahwa 34 Duta Teknologi ini melalui proses seleksi yang cukup panjang dalam program PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) Tahun 2022. Mulai dari level 1 hingga level 4, ke-34 Duta Teknologi mengikuti seleksi yang cukup ketat pada 5 Besar di masing-masing provinsi, hingga terpilih 1 perwakilan sebagai Duta Teknologi.

Mengenakan pakaian adat Gagrag Yogyakarta, kebaya berbahan beludru warna hitam, dipadukan dengan hijab berwarna gold, saya mengikuti rangkaian acara dengan khidmat. Acara Anugerah Ki Hajar 2022 diawali dengan penampilan ansambel Angklung oleh Dharma Wanita Pusdatin, dengan membawakan beberapa lagu nan epik dan sangat menghibur. Bahkan ketika didendangkan lagu viralnya Farel Prayoga, 80% audience ikut berjoget di tempat duduk masing-masing. Dipandu oleh pembawa acara 2 DRB yang sangat menawan, acara demi acara terusun secara sistematis dan sangat mengesankan

Meskipun ada kekecewaan dari para Duta, karena Mas Menteri Nadiem Makarim berhalangan hadir, namun sambutan beliau secara virtual sangat memotivasi para Duta Teknologi yang akan dinobatkan pada kesempatan ini. Beliau Mas Menteri menyampaikan bahwa transformasi teknologi digital telah dilakukan dengan mengedapankan platform pendidikan yang mengutamakan kebutuhan pemangku kependidikan, guru, kepala sekolah, dan kepala dinas. Kita telah bersama-sama membuktikan bahwa teknologi digital bisa menunjang proses implementasi berbagai terobosan Merdeka Belajar secara lebih cepat dan efisien.

Selanjutnya, Kepala Pusdatin Bapak Hasan Chabibie dalam sambutanya menyakatan bahwa selama dua tahun terakhir, selama pandemi, guru dan doesn telah menggunakan teknologi sebagai media pembelajarn jaraj jauh. Transformasi terbesut dapat dilaksanakan karena adanya kolaborasi dan gotong royong dari semua pihak. Disampaikan pula perbedaan penyebutan bagi guru terpilih dalam kegiatan PembaTIK, yang tahun0tahun sebelumnya disebut Duta Rumah Belajar (DRB), pada tahun ini bertransformasi menjadi DUTA Teknologi Kemendikbudristek (DTK). Hal ini disebabkan karena meluasnya peran pendidikn dalam menjawab kebutuhan pembelajaran berbasis murid, khususnya selama andemi dua tahun terakhir ini. Para guru telah menggunakan berbagai platform pembelajaran termasuk Platform Merdeka Mengajar (PMM).


Dalam kesempatan ini pula, diumumkan juara-juara Gen Ki Hajar dari berbagai kategori. Perwakilan juara Gen Ki Hajar dipanggil untuk menerima hadiah dan penghargaan. Selanjutnya, acara diselingi dengan penampilan kolaborasi Duta Rumah Belajar dan Duta Teknologi dalam repertoar Tari Nusantara. Dalam repertoar tersebut, menunjukkan bahwa para Duta pun tetap menunjung tinggi budaya tradisional daerah, menghargai perbedaan dan kekayaan budaya Nusantara.

Sambutan pelaksana teknis (Plt.) Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh peserta, baik yang telah mendapatkan penghargaan maupun yang belum berkesempatan menjadi pemenang. Beliau mengatakan bahwa apa yang dihasilkan adalah berkat bimbingan para guru-guru hebat yang telah mendampingi murid dalam menghasilkan produk original dengan pemanfaatan teknologi. Disampaikan pula bahwa teknologi adalah bagian dari semua kebijakan yang tidak dapar terpisahkan. 

Akhirnya, saat yang ditunggu-tunggu tiba. satu demi satu Duta Teknologi dari 34 provinsi di Indonesia dipanggil untuk menerima penghargaan sekaligus dinobatkan sebagai Duta Teknologi. Penyematan Selempang secara simbolis dilakukan oleh beliau ibu Nunuk Suryani didampingi Kepala Pusdatin, Bapak Hasan Chabibie. Haru, bahagia, dan penuh rasa syukur tercurahkan pada saat itu. menerima selempang ini, artinya kami siap melaksanakan segala ketugasan yang disampirkan kepada kami, para Duta Teknologi.



Di sesi berikutnya, pengumumam pemenang daerah Jawara belajar.id dan pemberian penghargaan kepada kepala daerah yang merupakan peraih kategori daerah Jawara. 




0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...