SMK Negeri 1 Pleret

SMK Negeri 1 Pleret, berlokasi di Jalan Imogiri Timur, km.9 Dusun Jati, Desa Wonokromo, Kapanewon Pleret, Daerah Istimewa Yogyakarta
Terdapat 4 Kompetensi Keahlian, Yaitu:
1. Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)
2. Teknik Jaringan Tenaga Listrik (TJTL)
3. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
4. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)

Kelas Seni Budaya Bersama Bu Rienz

Jika anda menempuh pendidikan di SMKN 1 Pleret, nanti akan berjumpa dengan Bu Rienz di kelas Seni Budaya.
Kelas Seni Budaya hanya ditempuh di kelas X saja, dengan jumlah jam tatap muka 3 JPL dalam sepekan.

Kegiatan SAGUGABLOG Lanjut 70

Ikatan Guru Indonesia (IGI) menyelenggarakan kegiatan yang sangat menarik, yaitu Sagusablog, atau SAtu GUru SAtu BLOG.
Kegiatan ini diawali dengan kelas sagusablog dasar, kemudian bagi peserta yang lulus, diperbolehkan untuk mengikuti kelas sagusablog lanjut.

Selasa, 27 Desember 2022

Sosialisasi Pendaftaran PGP Angkatan 9

 Yuk, Daftar PGP Angkatan 9!

Semangat Pagi.. Salam Merdeka Belajar!!

Sepekan sejak diumumkan hasil seleksi tahap 1 CGP Angkatan 8, tepatnya pada tanggal 26 Desember 2022, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) DIY menyelenggarakan Sosialisasi pendaftaran Program guru Penggerak (PGP) angkatan 9. Tujuan diadakan sosialisasi tersebut adalah agar guru-guru khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta dapat mengikuti seleksi CGP angkatan 9 dan dapat mempersiapkan diri semaksimal mungkin, agar semakin banyak guru di DIY yang lolos sebagai Guru Penggerak.

Undangan Sosialisasi Pendaftaran Program Guru Penggerak dikeluarkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) DIY nomor 2602/B7.5/PP.01.07/2022 tertanggal 26 Desember 2022. Dalam undangan tersebut, BBGP DIY mengimbau agar guru, Kepala Sekolah (khusus pendaftar CGP bagi KS yang belum memiliki Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS)), Pengawas Sekolah dan Praktisi Pendidikan di wilayah Kabupaten/Kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta baik yang telah mendaftarkan diri maupun belum pada Program PGP Angkatan 9 untuk hadir dan berperan aktif dalam kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan pada:

Hari, Tanggal : Rabu, 28 Desember 2022
Waktu : 08.30 s.d. 11.40
Media : Zoom Meeting
Meeting ID : 849 7496 3998
Passcode: 450312 atau bit.ly/sosialisasipgpbbgpdiy28desember
Youtube Streaming: https://youtu.be/WfPoj1-2uCs

Dalam kegiatan kampanye dan sosialisasi tersebut, turut hadir Kepala Balai Besar Guru Penggerak DIY, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Tim PGP BBGP DIY, dan TIM PP, CP, CGP DIY. Kegiatan Sosialisasi dapat disaksikan pula melalui Kanal YouTube BBGP DIY, sehingga calon peserta Seleksi CGP yang tertinggal informasi tetap dapat menyimak sosialisasi dikemudian hari.

Adapun rekruitmen Pendaftaran Calon Pengajar Praktik (CPP) dan Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 9 dan 10 dibuka hingga tanggal 10 Januari 2023. Sementara bagi pendaftar CGP angkatan 8 yang belum lolos tahap 1 masih diberi kesempatan untuk mengikuti kembali dengan mendaftarkan diri melalui angkatan 9 dan 10 ini. Dengan demikian, masih cukup banyak waktu bagi calon peserta untuk menyiapkan berkas dan membuat Esay. 


Berikut Bu Rien'z lampirkan file Surat Undangan Kampanye dan Sosialisasi Pendaftaran PGP Angkatan 9 & 10.

Mari sukseskan Program Guru Penggerak Angkatan 9! Daftarkan diri anda sekarang, dan jadikan diri anda sebagai bagian dari transformasi pendidikan menuju Merdeka Belajar!

Kamis, 22 Desember 2022

Pengumuman Seleksi Tahap 1 Calon Guru Penggerak Angkatan 8

 

5 Guru SMK Negeri 1 Pleret Lolos Seleksi Tahap 1 CGP A8

Semangat Pagi.. Salam Merdeka Belajar!!

Siang ini, Rabu 21 Desember 2022 diantara kesibukan para guru mempersiapkan rapotan semester gasal tahun 2022/2023, WhatsApp Grup CGP Angkatan 8 Kabupaten Bantul ramai dengan informasi pengumuman Seleksi Tahap 1 CGP Angkatan 8. Meskipun tidak menaruh harap bisa lolos di angkatan ini, karena pengalaman hasil seleksi CGP angkatan 7 kemarin, guru yang lolos seleksi tahap 1 CGP angkatan 7 didominasi oleh guru TK, dan tidak ada satupun guru SMK yang lolos. Namun demikian, rasa penasaran dengan pengumuman tersebut tetap tumbuh besar. Bu Rien'z segera mengunduh file yang disematkan pada chat WAG tersebut.

Berdasarkan Surat Direktorat Jenderal guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nomor 3515/B3/GT.00.08/2022, tentang Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 Calon Guru Penggerak Angkatan 8, disampaikan bahwa:

  1. Pendaftar CGP secara daring yang kami terima melalui laman pendaftaran sejumlah 211.409 orang.
  2. CGP yang memenuhi persyaratan kelengkapan CV, unggahan dokumen, dan esai melalui proses verifikasi dan validasi (verval) berjumlah 64.336 orang.
  3. CGP yang dinyatakan lulus tahap 1 angkatan 8 berjumlah 33.559 orang (lampiran 2) dan yang bersangkutan berhak untuk mengikuti seleksi tahap 2. Proses seleksi tahap 2 meliputi simulasi mengajar dan wawancara.
  4. CGP dari kabupaten sasaran PGP Daerah Khusus (Dasus) dan Intensif yang mendaftar secara daring dan dinyatakan lulus tahap 1 akan mengikuti simulasi mengajar dan wawancara secara daring (online).
  5. Simulasi mengajar dan wawancara secara daring (online) akan dilaksanakan pada bulan Januari s.d. Februari 2023.
  6. Jadwal simulasi mengajar dan wawancara akan disampaikan melalui aplikasi SIMPKB masing-masing CGP.
  7. Pendaftar yang tidak lulus tahap 1 angkatan 8 dapat mendaftar pada Rekrutmen Calon Guru Pengerak (CGP) Angkatan 9 (seleksi serentak angkatan 9 dan 10).
  8. Informasi lengkap seputar Rekrutmen Calon Guru Pengerak (CGP) Angkatan 9 dan Angkatan 10 dapat dilihat pada laman Guru Penggerak: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak
  9. Tim Seleksi tidak melayani komunikasi dengan CGP dalam bentuk apapun. CGP diharapkan selalu memantau perkembangan informasi yang diumumkan melalui SIMPKB. Segala kerugian akibat kelalaian tidak memantau perkembangan informasi yang diumumkan menjadi tanggung jawab CGP.
  10. Tim Seleksi mengundang guru, kepala sekolah, kepala dinas, atau pimpinan pelamar/calon guru penggerak disatuan tugasnya/diwilayahnya, untuk memberikan informasi/masukan berkenaan dengan rekam jejak/integritas para peserta seleksi sebagaimana daftar terlampir. Informasi/masukan disampaikan kepada Tim Seleksi melalui alamat email: gurupenggerakkemendikbud@gmail.com.

Membaca satu-persatu nama guru yang lolos seleksi tahap 1, mata ini langsung terpaku pada sebaris nama nomor urut 9. Sambil mengerjapkan mata berkali-kali, memastikan bukan mimpi atau salah baca karena terlalu lama memandang layar Leptop, ternyata memang benar adanya bahwa Nama Bu Rien'z tercantum sebagai salah satu guru yang lolos seleksi tahap 1 ini. Jempol tangan ini langsung scroll layar ke bawah, pusat perhatian ada pada pencarian nama instansi SMK Negeri 1 Pleret. Alhamdulillah, satu demi satu nama rekan-rekan guru di SMKN 1 Pleret ditemukan pada tabel itu. Sebanyak 5 orang guru SMKN 1 Pleret  yang mendaftar dan mengirimkan berkas seleksi tahap 1 CGP angkatan 8, semua lolos. Secara berurutan, nama-nama tersebut adalah:

  1. Rini Sri Lestari_Guru Seni Budaya (No. Urut 9)
  2. Abdul Latif_Guru BK (No. Urut 29)
  3. Lusia Krisna Epi Iswanti_Guru PPKn (No. Urut 39)
  4. Al Faris Akbar_Guru Teknik Komputer dan Jaringan (No. Urut 41)
  5. Jatmiko_Guru PAI (No. urut 87)
Pengumuman Seleksi Tahap 1 CGP Angkatan 8 secara lengkap dapat dibaca pada file berikut:

Ucapan syukur dan selamat saling kami sampaikan kepada sesama peserta yang lolos seleksi tahap 1. Tidak lupa pula kami tetap memberikan semangat dan motivasi kepada rekan-rekan yang belum lolos dan belum mencoba untuk mendaftar CGP. Masih banyak kesempatan untuk mengikuti Program Guru Penggerak ini. Dalam waktu dekat, akan dibuka kembali pendaftaran untuk angkatan 9 dan 10, melanjutkan pendaftaran yang telah diadakan sebelumnya.

Jumat, 02 Desember 2022

Acara Puncak Anugerah Ki Hajar 2022

 Luar Biasa!! Inilah Pemenang Ki Hajar Stem, Duta Teknologi dan Daerah Jawara Belajar.id

Rabu, 30 November 2022 menjadi hari bersejarah bagi bu Rien'z dan 33 Duta Teknologi 2022 dari seluruh Nusantara. Bagaimana tidak??? Gegap gempita perayaan Anugerah Ki Hajar yang diselenggarakan di Gedung D Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakartamenampilkan Juara Ki Hajar, penobatan Duta Teknologi 2022 sekaligus pemberian apresiasi kepada Daerah Jawara Belajar.id.

Seperti yang telah disampaikan, bahwa 34 Duta Teknologi ini melalui proses seleksi yang cukup panjang dalam program PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) Tahun 2022. Mulai dari level 1 hingga level 4, ke-34 Duta Teknologi mengikuti seleksi yang cukup ketat pada 5 Besar di masing-masing provinsi, hingga terpilih 1 perwakilan sebagai Duta Teknologi.

Mengenakan pakaian adat Gagrag Yogyakarta, kebaya berbahan beludru warna hitam, dipadukan dengan hijab berwarna gold, saya mengikuti rangkaian acara dengan khidmat. Acara Anugerah Ki Hajar 2022 diawali dengan penampilan ansambel Angklung oleh Dharma Wanita Pusdatin, dengan membawakan beberapa lagu nan epik dan sangat menghibur. Bahkan ketika didendangkan lagu viralnya Farel Prayoga, 80% audience ikut berjoget di tempat duduk masing-masing. Dipandu oleh pembawa acara 2 DRB yang sangat menawan, acara demi acara terusun secara sistematis dan sangat mengesankan

Meskipun ada kekecewaan dari para Duta, karena Mas Menteri Nadiem Makarim berhalangan hadir, namun sambutan beliau secara virtual sangat memotivasi para Duta Teknologi yang akan dinobatkan pada kesempatan ini. Beliau Mas Menteri menyampaikan bahwa transformasi teknologi digital telah dilakukan dengan mengedapankan platform pendidikan yang mengutamakan kebutuhan pemangku kependidikan, guru, kepala sekolah, dan kepala dinas. Kita telah bersama-sama membuktikan bahwa teknologi digital bisa menunjang proses implementasi berbagai terobosan Merdeka Belajar secara lebih cepat dan efisien.

Selanjutnya, Kepala Pusdatin Bapak Hasan Chabibie dalam sambutanya menyakatan bahwa selama dua tahun terakhir, selama pandemi, guru dan doesn telah menggunakan teknologi sebagai media pembelajarn jaraj jauh. Transformasi terbesut dapat dilaksanakan karena adanya kolaborasi dan gotong royong dari semua pihak. Disampaikan pula perbedaan penyebutan bagi guru terpilih dalam kegiatan PembaTIK, yang tahun0tahun sebelumnya disebut Duta Rumah Belajar (DRB), pada tahun ini bertransformasi menjadi DUTA Teknologi Kemendikbudristek (DTK). Hal ini disebabkan karena meluasnya peran pendidikn dalam menjawab kebutuhan pembelajaran berbasis murid, khususnya selama andemi dua tahun terakhir ini. Para guru telah menggunakan berbagai platform pembelajaran termasuk Platform Merdeka Mengajar (PMM).


Dalam kesempatan ini pula, diumumkan juara-juara Gen Ki Hajar dari berbagai kategori. Perwakilan juara Gen Ki Hajar dipanggil untuk menerima hadiah dan penghargaan. Selanjutnya, acara diselingi dengan penampilan kolaborasi Duta Rumah Belajar dan Duta Teknologi dalam repertoar Tari Nusantara. Dalam repertoar tersebut, menunjukkan bahwa para Duta pun tetap menunjung tinggi budaya tradisional daerah, menghargai perbedaan dan kekayaan budaya Nusantara.

Sambutan pelaksana teknis (Plt.) Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh peserta, baik yang telah mendapatkan penghargaan maupun yang belum berkesempatan menjadi pemenang. Beliau mengatakan bahwa apa yang dihasilkan adalah berkat bimbingan para guru-guru hebat yang telah mendampingi murid dalam menghasilkan produk original dengan pemanfaatan teknologi. Disampaikan pula bahwa teknologi adalah bagian dari semua kebijakan yang tidak dapar terpisahkan. 

Akhirnya, saat yang ditunggu-tunggu tiba. satu demi satu Duta Teknologi dari 34 provinsi di Indonesia dipanggil untuk menerima penghargaan sekaligus dinobatkan sebagai Duta Teknologi. Penyematan Selempang secara simbolis dilakukan oleh beliau ibu Nunuk Suryani didampingi Kepala Pusdatin, Bapak Hasan Chabibie. Haru, bahagia, dan penuh rasa syukur tercurahkan pada saat itu. menerima selempang ini, artinya kami siap melaksanakan segala ketugasan yang disampirkan kepada kami, para Duta Teknologi.



Di sesi berikutnya, pengumumam pemenang daerah Jawara belajar.id dan pemberian penghargaan kepada kepala daerah yang merupakan peraih kategori daerah Jawara. 




Kamis, 01 Desember 2022

Anugerah Ki Hajar 2022 Part 3 (H+1)

 Penutupan Anugerah Ki Hajar 2022

Seluruh rangkaian kegiatan Anugerah Ki Hajar telah dilalui. Segenap panitia memberikan kesempatan kepada seluruh peserta agar memanfaatkan hari terakhir ini untuk menikmati Kota Jakarta dan mempersiapkan diri pulang ke kampung halaman. Dengan demikian, acara penutupan pun diajukan, yang semula direncanakan pada hari Kamis, 1 Desember 2022 pagi, dilaksanakan pada malam hari ini. 

Acara penutupan Anugerah Ki Hajar 2022 malam ini sangat berkesan. Mendatangkan 3 Duta Senior yang Hebat, salah satunya merupakan Duta Rumah Belajar Tahun 2017 dari Kalimantan Selatan, Deni Ranoptri yang luar biasa menginspirasi. Bu Rien'z langsung nge-fans sama beliau sejak di PembaTIK Level 3 Tahun 2021. Berkat webinar beliau, Bu Rien'z bisa menyelesaikan tugas MPI dengan lancar. Bahkan Bu Rien'z bela-belain download  video webinar dari YouTube yang berdurasi kurang lebih 2 jam itu.

Deni Ranoptri berpesan kepada kami, para Duta Teknologi 2022, adik bungsu Duta Rumah Belajar, agar kami tidak berhenti sampai di sini. Kami harus selalu mengembangkan diri, melebarkan komunitas dan banyak bersosialisasi dengan berbagai pihak. Tentunya tidak boleh pelit berbagi, karena dengan berbagi, maka kita juga akan mendaatkan yang lebih banyak lagi. Beliau juga menyampaikan kisah sukses beliau hingga menjadi top search di Google. Begitu mengetik nama beliau, deretan berita, artikel, dan media sosial menyebut nama Deni Ranoptri sebagai pencarian teratas. Luar biasa dan sangat menginspirasi.

Dalam penutupan ini, Kepala Pusdatin, beliau bapak Hasan Chabibi menyatakan bahwa selempang yang kami pakai mungkin tidak sampai ratusan gram, namun tanggung jawab yang disampirkan pada para Duta lah yang cukup berat. Meski demikian, tugas kami adalah bagaimana caranya agar kami bisa memantaskan diri dengan sampiran selemang tersebut di pundak kami. Pesan yang cukup singkat, namun maknanya luar biasa. Hal itu menjadi cambuk semangat kami untuk terus berkembang, belajar, berkolaborasi dan bersinergi bersama para duta yang lain.

Acara malam ini dilanjutkan dengan ramah tamah, bernyanyi dan berjoget bersama hingga tak terasa sudah larut malam. Saatnya untuk packing dan istirahat memulihkan tenaga untuk esok pagi.

Kamis, 1 Desember 2022, 34 Duta Teknologi check out dari hotel Grand Sahid Jaya dengan sejuta kenangan, sejuta oleh-oleh dan tentu saja kebahagiaan yang tak terhingga. Bisa menjadi keluarga besar Pusdatin, diterima dengan baik dan mendapatkan apresiasi yang luar biasa ini, sungguh menjadi hal terindah bagi Bu Rien'z.

Terima kasih Pusdatin.. Terima kasih Kemendikbudristek.. Terima kasih Indonesia..



Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...