Selasa, 22 November 2022

Selamat kepada 34 Duta Teknologi Kemendikbudristek 2022

 Perjalanan Terakhir di PembaTIK

Hampir enam bulan perjalanan kegiatan PembaTIK tahun 2022 terlaksana dengan baik. Dimulai dari tahap level 1 hingga level 4 menjadi suatu pengalaman yang luar biasa. Banyak ilmu, pembelajaran dan pengalaman yang didapatkan sampai di penghujung PembaTIK tahun ini. Diikuti oleh 29.956 guru dari seluruh Indonesia pada level 1, hingga pada akhirnya menyisakan 34 Duta Teknologi Kemendikbudristek terpilih dari masing-masing provinsi. Pengumuman Duta Teknologi Kemendikbudristek (DTK) disampaikan melalui surat pengumuman dari Pusdatin pada hari Selasa, 22 November 2022 melalui laman simpatik.

Semburat jingga ditanggal cantik ini, 22-11-22 benar-benar tidak pernah terbayangkan di benak Bu Rien'z bahwa akan lolos sebagai DTK tahun 2022 ini. Kabar gembira sekaligus mengejutkan ini datang justru dari WhatsApp Grup Persiapan 5 besar yang dibentuk oleh Pak Marwan dari Sulawesi Selatan. Kami ber-4 yang pernah berkolaborasi bersama di SRB Raja Joss dan Jasuka sengaja membentuk grup ini untuk saling sharing dan menguatkan saat akan menghadapi seleksi 5 besar.

Tidak percaya, gemetar dan bersyukur campur aduk jadi satu. Bahkan sampai akhirnya dimasukkan dalam grup WhatsApp DTK 2022 oleh Pusdatin pun, bu Rien'z berasa masih mimpi. Selama 4 tahun berturut-turut mengikuti PembaTIK, tidak dipungkiri bahwa terbersit keinginan menjadi Duta seperti Ibu Endah Nurshinta yang menjadi inspirator selama ini. Namun dengan banyaknya peserta dan kemampuan peserta lain yang sangat hebat, menjadikan Bu Rien'z tidak berani menargetkan apapun. Murni ingin belajar dan menambah pengalaman. Hingga pada akhirnya berada di 30 besar kembali di level 4 kemarin, bu Rien'z sudah sangat bersyukur, apalagi bisa mencapai 5 besar dan akhirnya terpilih sebagai DTK, sungguh tidak terbayangkan sebelumnya. Sungguh tidak menyangka, bahwa tahun 2022 ini adalah tahun terakhir Bu Rien;z mengikuti PembaTIK.

Namun demikian, sujud syukur bu Rien'z panjatkan kehadirat Allah SWT, bersyukur atas pencapaian ini. Pencapaian ini bu Rien'z persembahkan kepada kedua orang tua kandung, kedua orang tua angkat suami dan anak-anak bu Rien'z. Tidak lupa pula, persembahan kepada bapak guru, wali kelas bu Rien'z ketika sekolah, Bapak Sunarto, A.Md., yang memberikan semangat dan motivasi saat dulu bu Rien'z mengalami keterpurukan akibat Bullying dari teman-teman di kelas. Beliau lah yang menguatkan bu Rien'z, membuka jalan pikiran bu Ruen'z yang hampir saja memutuskan untuk berhenti sekolah. Tanpa beliau, bu Rien'z tidak mungkin lanjut sekolah, kuliah dengan beasiswa Damandiri hingga menjadi guru seperti sekarang ini. Teriring doa untuk Bapak Sunarto, yang sekarang sedang terbaring, berjuang melawan sakitnya, semoga segera diberi kesembuhan dan pulih seperti sediakala. 

"Pak, anakmu berhasil sampai detik ini. Pengorbanan dan perjuanganmu mendidikku telah menjadikan aku seperti sekarang ini. Segera sembuh dan sehat kembali, pak. Banyak cerita yang ingin aku sampaikan kepadamu."

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...