Jumat, 11 November 2022

Orientasi dan Penjelasan Teknis Seleksi DRB 2022

 Tahap Pertama Seleksi Kandidat 5 Besar DRB 2022

Jumat, 11 November 2022 pukul 15.00 - 16.00 WIB
Tahap pertama proses seleksi Kandidat 5 Besar Calon Duta Rumah Belajar/Duta Teknologi Kemendikbudristek tahun 2022 diawali dengan pertemuan tatap maya untuk orientasi dan penjelasan teknis pelaksanaan seleksi. Melalui Zoom Meeting, Bu Rien'z beserta 170 Kandidat 5 Besar calon DRB dari 34 provinsi di Indonesia berkumpul dalam 1 frame tatap maya.

Dipandu oleh moderator nan cantik, ibu Tikka Fitria Syarief, Orientasi dan Penjelasan Teknis ini diawali dengan pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya adalah laporan penyelenggara PembaTIK, yang dalam kesempatan ini disampaikan oleh Sub. Kor Pusdatin Bapak Arief Dharmawan, mewakili beliau bapak Wibowo Mukti berhalangan hadir karena ada ketugasan lain.

Laporan Penyelenggara PembaTIK 2022

Dalam laporannya, bapak Arief Dharmawan menyampaikan bahwa saat ini ada 170 finalis PembaTIK level 4 yang merupakan 5 besar dari 34 Provinsi di Seluruh Indonesia. ke-170 finalis ini telah berhasil bertahan dan menyisihkan sebanyak 29.269 peserta PembaTIK yang terdaftar mulai level 1 tahun 2022 ini. Para peserta tersebut telah mengikuti tahap demi tahap seleksi, mulai dari level 1 (level Literasi) yang diadakan pada 27 Juni - 12 Agustus (melalui 50 gelombang dan 1 angkatan remidial) dilanjutkan ke level 2 (Level Implementasi) bagi peserta yang lulus di level 1. Level 2 (Level Implementasi) ini dilaksanakan pada tanggal 22 Juli hingga 31 Agustus 2022 sesuai gelombangnya masing-masing. 

Berbeda dengan level 1 yang hanya mempelajari Modul secara mandiri, di Level 2 (level Implementasi) ini, peserta diberikan penugasan untuk mengimlementasikan materi pada Modul, melalui pembelajaran inovatif yang berpusat pada murid dengan memanfaatkan fitur-fitur di Rumah Belajar. Hasil implementasi tersebut wajib diunggah melalui akun YouTube peserta dan disematkan dalam Bukti Karya pada Platform Merdeka Mengajar.

Tahap selanjutnya, peserta yang dinyatakan lolos level 2 (level Implementasi) langsung masuk ke LMS bimtek Level 3 (Level Kreasi) yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 5 - 25 September 2022. Selama proses Bimtek Level 3 (Level Kreasi) ini, selain mempelajari Modul secara mandiri, Peserta juga mendapatkan pendampigan dari DRB tahun sebelumnya melalui Grup Telegram dan panduan penugasan melalui Google Meet. 

Pada level 4 (Level Berbagi), tidak semua peserta yang lulus level 3 (Level Kreasi) bisa mengikutinya. Di level 4 (level Berbagi) ini hanya 30 peserta dari masing-masing Provinsi yang berhak untuk mengikuti, dengan melalui pertimbangan serta syarat dan ketentuan yang berlaku. Ke-30 Peserta level 4 ini, kemudian disebut sebagai Sahabat Rumah Belajar (SRB). Diawali dengan Kuliah Umum PembaTIK Level 4 yang dilaksanakan pada tanggal 11-12 Oktober 2022, semua peserta PembaTIK Level 4 juga mendapatkan pendampingan secara intensif dari para DRB daerah masing-masing, serta pendamping dari Pusdatin. Dalam Kuliah Umum selama 2 hari tersebut, peserta mendapatkan materi sebagai bekal untuk melaksanakan kegiatan berbagi dan berkolaborasi. [Baca Artikel]

Adapun pelaksanaan level 4 (level berbagi) adalah tanggal 13 - 31 Oktober 2022. Pada level ini, semua peserta melakukan kagiatan berbagi praktik baik pembelajaran inovatif, sosialiasi Rumah Belajar dan Platform Digital lainnya kepada rekan guru dan siswa di satuan pendidikan masing-masing dan sekitarnya. Kegiatan ini boleh dilakukan secara individu maupun kolaborasi dengan sesama Sahabat Rumah Belajar (SRB). Selama pelaksanaan kegiatan tersebut, pendamping dari masing-masing provinsi juga mengadakan pertemuan tatap maya untuk memperdalam pemahaman peserta dalam melaksanakan penugasan level 4. Pada pendalaman materi tersebut, pendamoing/tutor di masing-masing provinsi memberikan tips dan trik agar lolos di level 4. Bagaimana peserta membuat pelaporan dalam bentuk Vlog dan Blog.

Sambutan Kepala Pusdatin Kemdikbudristek

Setelah Bapak Arief Dharmawan menyampaikan laporannya, Acara dilanjutkan dengan Sambutan Kepala Pesdatin, Bapak Hasan Habibi sekaligus membuka kegiatan Seleksi 5 Besar Kandidat Duta Rumah Belajar 2022. Dalam sambutannya, beliau menyatakan bahwa kegiatan PembaTIK ini telah dilaksanakan rutin setiap tahun. Di masa sekarang ini, bagaimana seorang guru bisa membahagiakan Murid di dalam proses KBM, sementara ruang murid saat ini adalah berupa ruang digital. Melalui PembaTIK, harapannya semua guru bisa mengadakan suasana yang membahagiakan, menyenangkan dengan teknologi.

170 Finalis Kandidat Calon Duta Rumah Belajar, yang mulai tahun 2022 ini akan berubah sebutan menjadi Duta Teknologi, akan berperan sebagai etalase teknologi pembelajaran untuk melakukan lompatan untuk kemajuan Indonesia. Sementara itu, Teknologi hadir untuk menyempurnakannya. Kepada semua finalis kandidat calon Duta Rumah Belajar/Duta Teknologi, beliau berpesan bahwa niatkan diri untuk belajar melalui PembaTIK, dan niatkan juga sebagai sarana ibadah untuk menciptakan KBM yang menyenangkan murid.

Penjelasan Prosedur Uji Teknis dan Wawancara

Penjelasan teknis pelaksanaan uji teknis dan wawancara disampaikan oleh Ibu Indah dari Pusdatin Kemdikbudristek. Pertama, beliau menyampaikan jadwal pelaksanaan Uji Teknis seperti yang tercantum dalam surat undangan. Adapun rangkaian kegiatan yang harus dilalui oleh 170 finalis adalah Orientasi dan Penjelasan Teknis yang dilaksanakan hari ini, Jumat, 11 November 2022. Setelah mengikuti orientasi, semua finalis diwajibkan untuk melengkapi pemberkasan yang meliputi:

  1. Profilling Calon DRB
  2. Form Critical Incident (Pengalaman Penting dalam kurun waktu 2 tahun terakhir)
  3. Rencana Aksi 1 tahun kedepan
  4. Bahan Presentasi Jika Saya menjadi DRB
Panitia penyelenggara telah menyiapkan Template Profilling Calon DRB yang telah dishare melalui Google Drive dan disematkan dalam Surat Undangan. Para finalis tinggal mengisikan form/template tersebut tanpa merubah tampilan dan tata urutannya. Isi profilling disesuaikan dengan kondisi yang sebenarnya, profil diri Calon DRB dan Curicullum Vitae sesuai dengan petunjuk pada template. Untuk mengisi Slide Dokumentasi bisa diisikan foto-foto/gambar kegiatan selama di level 4 yang belum tercantum dalam laporan Blog maupun Vlog.

Sementara untuk pengisian Critical Incident adalah menuliskan pengalaman penting yang dialami oleh finalis dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, baik itu pengalaman yang paling membanggakan, maupun pengalaman kegagalan yang mengecewakan. Lingkup pengalaman bebas, namun alangkah lebih baik jika pengalaman tersebut berhubungan dengan ketugasan/pekerjaan.

Dijelaskan pula, penyusunan rencana aksi dibuat dalam bentu Powerpoint maksimal 3 slide. Masing-masing rencana kegiatan memuat informasi sebagai berikut:
  • Nama Kegiatan
  • Waktu
  • Sumber Daya
  • Potensi Hambatan
  • Rencana Implementasi
Dalam rencana aksi tersebut, buatkah rencana kegiatan yang menarik, efisien dan efektif. Perlunya kerjasama dengan pihak lain agar kegiatan bisa terlaksana dengan baik.


Terakhir, mengenai Presentasi Jika Aku Menjadi DRB, tuliskan pengandaian finalis jika lolos sebagai DRB. Apa yang akan dilakukan? Bagaimana? dan seperti apa implementasinya. Presentasi ini dibuat maksimal 5 slide dengan desain bebas, disesuaikan dengan kreativitas masing-masing. Dalam presentasi ini, bagaimana caranya para finalis bisa membuat dewan juri terpukai dan tertarik dengan presentasinya. 
Keempat file tersebut harus diupload ke Google Drive panitia paling lambat hari Senin, 14 November 2022 pukul 12.00 WIB.

Teknis Pelaksanaan Uji Teknis dan Wawancara

Pelaksanaan Uji Teknis dan Wawancara dijadwalkan hari Selasa - Rabu, tanggal 15 - 16 November 2022 sesuai pembagian kelompok dan jadwal yang telah ditentukan dalam Surat Undangan. 
Dalam jadwal, masing-masing finalis akan menjalani 2 sesi tes, yaitu 30 menit pertama menjalani uji teknis yang akan dipandu oleh Juri, dan 30 menit berikutnya, finalis akan menjalani sesi Wawancara Substansi dersama 3 orang Juri dari Pusdatin. Diharapkan semua finalis bisa masuk ke room tepat waktu sesuai jadwal, karena waktu yang tersedia sangat terbatas dan semua peserta saling menunggu antrian. 

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...