Selasa, 08 November 2022

Inilah 5 Besar Kandidat Calon DRB/Duta Teknologi Kemendikbudristek 2022 DIY

Tahap Seleksi 5 Besar Calon DRB DIY 2022

Dari 30 peserta PembaTIK Level 4 DIY tahun 2022 ini, telah terpilih 5 peserta yang akhirnya berhak maju ke tahap selanjutnya, yaitu tahap seleksi Duta Rumah Belajar/ Duta Teknologi 2022. Kelima peserta tersebut terpilih melalui tahapan penilaian kinerja dan action plan yang di lakukan selama 2 kegiatan PembaTIK level 4, antara tanggal 13 - 30 Oktober 2022. Adapun peserta PembaTIK Level 4 yang masuk kedalam kategori 5 Besar DIY adalah:

  1. Rofiana (SD Negeri Pungkuran)
  2. Mailatul Jannah (SD MUhammadiyah Bantul Kota)
  3. Edy Wahyu Wibowo (SD Negeri Tukharjo)
  4. Rini Sri Lestari (SMK Negeri 1 Pleret)
  5. Muhammad Fathkul Damanhury (SMP Negeri 1 Tempel)
Belum selesai perjalanan kelima peserta di atas di PembaTIK Level 4 ini. Mereka masih harus menempuh 1 tahap lagi, yaitu tahap Uji Teknis dan Wawancara bersama tim Juri (penilai) yang nantinya, hasil tahap terakhir ini akan menentukan salah satu peserta yang layak menjadi Duta Rumah Belajar/Duta Teknologi tahun 2022 ini.

Napak Tilas Perjalanan di PembaTIK

Sampai ke tahap ini, merupakan hal yang sangat Bu Rien'z Syukuri. Saat ini adalah pencapaian tertinggi yang Bu Rien'z alami selama mengikuti PembaTIK sejak tahun 2019. Ya, Bu Rien'z telah mengikuti PembaTIK selama empat tahun berturut-turut. Awal kenal program PembaTIK ini, saat Bu Rien'z mengikuti kegiatan Pelatihan/Bimtek Pembuatan media pembelajaran menggunakan aplikasi Articulate Storyline di BTKP, Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Balai Tekkomdik) Daerah Istimewa Yogykarta pada bulan Maret 2019 lalu. Dihari ketiga pelatihan, ada salah satu narasumber yang sangat menginspirasi Bu Rien'z (dan Bu Rien'z langsung nge-fans saat itu juga), beliau adalah Ibu Endah Nurshinta, yang pada akhirnya lebih akrab dipanggil Bu Shinta. Beliau Duta Rumah Belajar pertama dari DIY pada tahun 2017. 

Dari cerita perjalanan beliau mulai dari awal mengikuti kegiatan PembaTIK hingga menjadi DRB 2017 sungguh sangat menginspirasi. Sejak saat itulah, Bu Rien'z mulai membuka-buka laman simpatik, membuat akun dan selalu mencari update informasi, kapan ada kegiatan PembaTIK di tahun 2019. Dan pada saat pertama kali ikut PembaTIK tahun itu, Bu Rien'z bisa mencapai ke level 3, dan masuk kedalam kategori 30 Besar DIY. Saat itu, di level 3 (30 Besar) langsung mendapatkan bimtek secara luring/tatap muka di Hotel Sharilla Yogyakarta selama 3 hari. Namun demikian, Bu Rien'z belum mendapatkan kesempatan untuk menjadi DRB tahun itu.

Setahun kemudian, di tahun 2020 Bu Rien'z kembali mengikuti kegiatan PembaTIK. Kali ini Bu Rien'z langsung menuju ke Level 3 (karena telah lolos level 3 di tahun sebelumnya). Bu Rien'z mengikuti kegiatan PembaTIK ini dengan penuh perjuangan juga. Jika di tahun 2019 Bu Rien'z dalam kondisi berbadan dua (saat itu lagi hamil Ekanta), bahkan saat bimtek level 3, usia kandungan Bu Rien'z menginjak bulan ketujuh (Perutnya udah gedhe banget tuh..hehe). Kali ini, Bu Rien'z harus pandai-pandai meluangkan waktu disela-sela mengurus baby Ekanta. Di tahun 2020 ini pun, Bu Rien'z hanya sampai ke lulus level 3 saja, dan tidak masuk ke 30 Besar DIY.

Tahun 2021, lagi-lagi Bu Rien'z mengikuti PembaTIK (Ga ada bosan-bosannya, ya?). Ada perbedaan di tahun ini, bahwa semua peserta PembaTIK harus mulai dari level 1 kembali. Tidak pandang bulu di tahun sebelumnya sudah sampai level berapa. Hal ini dikarenakan ada banyak materi baru yang disesuaikan dengan kondisi Pandemi. Baiklah, mulai level 1 pun Bu Rien'z ikuti dengan sebaik-baiknya dan penuh semangat. Sempat hampir menyerah di penugasan level 3, karena ada masalah dengan perangkat, namun pada akhirnya tugas level 3 bisa diselesaikan dengan baik. Meskipun hanya sampai lolos di level 3 saja (sama seperti tahun sebelumnya).

Daaan di tahun 2022 ini, tahun ke-empat Bu Rien'z mengikuti PembaTIK benar-benar merupakan pencapaian yang sangat Bu Rien'z syukuri. Ditengah-tengah kesibukan kegiatan di Sekolah dan kegiatan lainnya, Bu Rien'z bisa menyelesaikan tahap demi tahap mulai dari level 1 hingga level 4 (30 Besar DIY). Ternyata, tak disangka pula, pada tahun ini, Bu Rien'z berkesempatan untuk menjadi 5 Besar Kandidat DRB tahun 2022. Surat resmi pengumuman 5 Besar Kandidat DRB Bu Rien'z terima pada hari Senin, 7 November 2022 melalui Grup WhatsApp DIY-Level 4. Luar biasa kejutan yang Bu Rien'z dapatkan di dua bulan terakhir tahun 2022 ini.

Sehari kemudian, Selasa 8 November 2022 Bu Rien'z mendapatkan pesan pribadi dari Ibu Akila, pendamping PembaTIK Level 4 DIY dari Pusdatin yang berisi file undangan untuk mengikuti Seleksi Duta Rumah Belajar, Nomor 5165/J1/TI.10.01/2022 tertanggal 8 November 2022. Dalam undangan tersebut, tercantum pula jadwal Orientasi dan Penjelasan Teknis, sekaligus jadwal dan Juknis pelaksanaan seleksi tahap akhir PembaTIK 2022 bersama 170 Kandidat Calon DRB 2022 dari 34 Provinsi di Indonesia yang akan dilaksanakan pada hari Jumat, 11 November 2022 melalui Google meet. Sementara jadwal seleksi dilaksanakan pada hari Selasa - Kamis, 15 - 17 November 2022 sesuai jadwal yang tertera pada lampiran surat undangan.


Berdasarkan jadwal yang terlampir, Bu Rien'z masuk dalam kelompok 6, dimana pelaksanaan seleksi dijadwalkan pada hari Selasa, 15 November 2022. Hmmm.... Perlu persiapan yang cukup matang untuk menghadapi seleksi akhir ini. Namun demikian, Bu Rien'z tetap semangat dan terus berusaha semaksimal mungkin.




0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...