Selasa, 29 November 2022

Anugerah Ki Hajar 2022 Part 1 (H-1)

34 Duta Teknologi Diundang dalam Anugerah Ki Hajar 2022

Sebanyak 34 Duta Teknologi perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia menerima undangan dari Pusdatin Kemendikbudristek untuk mengikuti acara puncak Anugerah Ki Hajar Tahun 2022 yang diselenggarakan di Jakarta, 30 November 2022.  Bersama perwakilan pemenang Lomba Ki Hajar Stem (yang selanjutnya disebut Gen Ki Hajar) serta beberapa Kapten dan Co-Kapten belajar.id dari beberapa daerah Jawara Belajar.id. Rencananya, dalam acara puncak tersebut akan diumumkan pemenang lomba Ki Hajar Stem tahun 2022, pengukuhan Duta Teknologi Kemendikbudristek (DTK) 2022, dan pemberian apresiasi kepada daerah Jawara Belajar.id. Acara puncak Anugerah Ki Hajar dilaksanakan di Gedung D, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Senayan Jakarta pada hari Rabu, 30 November 2022 pukul 16.00 WIB.

Segala persiapan untuk mengikuti acara puncak Anugerah Ki Hajar 2022 telah disampaikan kepada 34 DTK melalui Grup WhatsApp Duta Teknologi 2022. Semua peserta diminta untuk mempersiapkan berkas administrasi berupa Surat tugas dari atasan, Surat Peritah Perjalanan Dinas, hingga mempersiapkan pakaian adat dari daerah masing-masing untuk acara puncak pengukuhan Duta Teknologi 2022. Undangan untuk mengikuti kegiatan ini sudah dikirimkan melalui Grup sejak hari Rabu, 23 November 2022. Segera saja, bu Rien'z mengirimkan Surat Undangan tersebut kepada Tata Usaha agar dibuatkan Surat Tugas dan SPPD sesuai dengan persyaratan yang disampaikan dalam surat undangan tersebut.

Keberangkatan dari Kota Asal ke Ibu Kota

Selasa, 29 November 2022, Bu Rien'z terbang menuju ibu kota Jakarta, bersama Duta Teknologi dari Jawa Tengah, Bapak Ardhi Kurniawan. Karena kebetulan sama-sama berangkat dari Bandara YIA, kami mengambil jadwal penerbangan yang sama agar lebih seru. Tepat pukul 11.15 kami mendarat di Bandara Soekarno Hatta dengan selamat. Di pintu keluar, kami sudah ditunggu Duta dari Papua Barat, Bapak Winarto dan Duta dari Kalimantan Barat, Ibu Meylan Kandau. Mereka berdua juga sengaja menunggu kedatangan kami, agar kami bisa berama-sama melanjutkan perjalanan menuju Hotel Grand Sahid Jaya.

Setelah kami ber-4 sampai di Hotel, disambut tim dari Pusdatin di Lobby Puri Agung (Karena Lobby depan Hotel sedang direnovasi). Bahkan Ibu Andini langsung nyamperin ketika kami sedang duduk-duduk di tangga hotel (xixixi). Karena sudah waktunya makan siang, maka kami diarahkan untuk segera menuju ke Resto Bengawan Solo yang terletak di lantai 1 untuk santap siang. Di sana, kami berjumpa dengan para DRB terdahulu yang juga diundang dalam acara ini, Waah, senangnya bisa kenalan langsung dengan mereka...😍

Aktivitas Pra Pembukaan

Kegiatan di H-1 ini, antara lain adalah acara pembukaan di pukul 19.30 WIB. Namun, Bu Rien'z bersama 7 Duta yang ditunjuk oleh para DRB dan tim Pusdatin, yaitu Ibu Eka (DTK Jatim), Ibu Meydia Afrina (DTK Bengkulu), Ibu Judesliana (DTK Sulawesi Barat), Bapak Rolla Fadhila (DTK Jawa Barat), Bapak I Made Agus Suputrayasa (DTK Bali), Bapak Alimka (DTK Sulawesi Selatan), dan Bapak Winarto (DTK Papua Barat)  mendapatkan tugas tambahan sebagai pengisi acara di Anugerah Ki Hajar besok sore. Akhirnya, sambil menunggu saat acara pembukaan dilaksanakan, kami ber-8 ditambah 3 DRB terdahulu, yaitu ibu Nurvis Melodiana, Bapak Ilham dan Bapak Handriyas melakukan latihan bersama di salah satu ruangan hotel. Kami ber-11 latihan dengan penuh semangat, tidak merasa lelah meskipun baru saja menempuh perjalanan yang cukup jauh. 

Merasa cukup latihan, kami pun berpisah menuju kamar masing-masing untuk mandi dan bersiap-siap mengikuti kegiatan pembukaan. Kami sepakat akan melakukan latihan lagi setelah acara pembukaan selesai, karena kami massih merasa belum puas dengan hasil latihan kilat sore tadi. Penanggungkawab kegiatan, Mba Aiz dari pusdatin juga mengimbau agar kami sekaligus membawa pakian adat yang akan kami kenakan saat anugerah Ki Hajar besok pagi, karena siang besok kami akan langsung ke Senayan setelah mengikuti Tour ke Pusdatin. Sehingga saat makan malam dan pembukaan, kami semua sudah prepare segala keperluan dan perlengkapan pakaian adat yang akan kami kenakan.

Pembukaan Rangkaian Kegiatan Anugerah Ki Hajar 2022

Pembukaan Anugerah Ki Hajar 2022 dilaksanakan di Ruang Meeting Puri Ratna lantai 2. Setelah santap malam bersama panitia dari Pusdatin dan kakak-kakak DRB tahun sebelumnya, kami pun mengikuti acara dengan khidmat, bersama dengan adik-adik dan guru pendamping Gen Ki Hajar 2022. Diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan laporan pelaksanaan Ki Hajar Stem, PembaTIK 2022 oleh Bapak Arief Dharmawan selaku "Bapak Kepala Sekolah" di Pusdatin, dan terakhir, sambutan dari Sub Koordinator Pendidikan Bapak Wibowo Mukti sekaligus membuka rangkaian kegiatan Anugerah Ki Hajar 2022 yang akan kami lalui selama 2 hari kedepan.

Tak kalah serunya adalah saat Bapak Wibowo Mukti memperkenalkan semua tim di Pusdatin kepada kami semua. Satu per satu mereka memperkenalkan diri, dan kami baru bilang "ooo, ini to yang kemarin mendaampingi kami di PembaTIK". Sungguh sangat bahagia bisa berjuma langsung dengan beliau-beliau, tim hebat Pusdatin yang dengan sabar mendampingi kami semua sejak awal PembaTIK hingga saat ini. Tentu saja, satu-dua orang ada yang terasa spesial di hati karena pendampingan beliau yang luar biasa.

Terakhir, tak lupa pula satu ritual wajib ketika sudah jumpa darat adalah sesi foto bersama 34 Duta Teknologi Kemendikbudristek 2022. Kami pun melakukan foto berama, sekaligus mengakrabkan diri bersama rekan-rekan duta yang lain. Tentu saja sangat seru dengan berbagai pose wajib yang kami lakukan.


Pesta Cemilan Tradisional Nusantara

Tak berhenti sampai disini, kami yang tergabung di tim pengisi acara masih melanjutkan latihan hingga kurang lebih pukul 22.00 WIB. Kami ber-11 mematangkan latihan kami, karena esok pagi, kami sudah tidak ada waktu lagi untuk berlatih. Sementara rekan duta yang lain menuju ke lantai 20. Sejak awal kami terbentuk di Grup Duta, kami merencanakan acara keakraban dengan mengenalkan masing-masing cemilan tradisional dari 34 provinsi. Seru dan ramai sekali, dan tentu saja acara penutup H-1 ini sangat berkesan, meskipun membuat perut serasa ingin meledak kekenyangan😂


Location: Jl. Jenderal Sudirman No.86, RT.10/RW.11, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10220, Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...