Senin, 03 Oktober 2022

Rekuitmen Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 8, 9, dan 10 Secara Serentak

 Kesempatan Emas, Ikuti Seleksi CGP A 8-9-10 secara Serentak

Pendidikan Guru Penggerak merupakan program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Dalam peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima: Guru Penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP). Tujuannya untuk menghasilkan Guru Penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama kurun waktu tertentu bagi calon Guru Penggerak. Selama mengikuti program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru. Sampai saat ini, telah dilakukan pendaftaran seleksi Calon Guru Penggerak (CGP) dalam 10 angkatan. Bu Rien'z bersama rekan-rekan guru di SMK Negeri 1 Pleret mencoba untuk mendaftar dan mengikuti seleksi CGP angkatan 8.

Berdasarkan Surat Edaran Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, nomor  2208/B3/GT.00.08/2022, tentang  Rekrutmen Calon Guru Pengerak (CGP) Angkatan 8 (untuk PGP Angkatan 8, 9, dan 10) bahwa dari jumlah 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, sejumlah 484 kabupaten/kota akan dijalankan dengan PGP Reguler, dan 30 kabupaten akan dijalankan dengan PGP Daerah Khusus (Dasus) dan PGP Intensif. Daftar 30 Kabupaten sasaran PGP dasus dan intensif ada pada Lampiran 1. Informasi dan Jadwal rekrutmen CGP dasus dan intensif, akan diinformasikan tersendiri. Pelaksanaan PGP angkatan 8 direncanakan akan dimulai pada bulan April 2023 selama 6 (enam) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring dan luring. Pelaksanaan PGP Angkatan 9 dan 10 akan diinformasikan kemudian.

Pendaftaran dan pengisian portofolio seleksi tahap 1 CGP angkatan 8 ini dilakukan mulai tanggal 1-30 September 2022 melalui laman simpkb pada layanan Guru Penggerak. Masing-masing guru diwajibkan untuk login menggunakan akun simpkb. Pada awalnya, Bu Rien'z belum berminat untuk mengikuti seleksi CGP angakatan 8 ini, setelah gagal di tahap 1 angkatan sebelumnya. Hal ini dikarenakan pada bulan September, Bu Rien'z sedang mengikuti kegiatan PembaTIK level 3 yang batas akhir pengumpulan tugasnya adalah tanggal 25 September 2022. Adapun persyaratan dan berkas-berkas yang harus disiapkan dapat dilihat dalam dokumen berikut ini:

Surat Edaran Dirjen GTK kemendikbudristek tentang rekruitmen Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 8, 9, dan 10

    

Pada tanggal 26 September 2022, Bu Rien'z mendapatkan informasi dari Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Bantul, bahwa ada virtual zoom mengenai coaching clinic pendaftaran serentak CGP angakatn 8, 9, dan 10. Bu Rien'z memenuhi undangan tersebut dan mengikuti coaching clinic bersama guru-guru se-DIY. Pada coaching clinic tersebut, disebutkan bahwa calon peserta seleksi CGP dari Kabupaten Bantul masih sangat sedikit. terhitung hanya sekitar 37 peserta yang sudah resmi mendaftar. Untuk itu, Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Bantul, Bapak Ismunardi, S.Pd., M.M. mengimbau agar guru-guru SMA/SMK Bantul mengikuti seleksi CGP angkatan 8 ini.

Dengan sisa waktu 4 hari ini, Bu Rien'z dan empat rekan guru SMK 1 Pleret mencoba untuk mendaftar kembali seleksi CGP angkatan 8. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Bu Rien'z akhirnya menyelesaikan Esay dan upload berkas seleksi CGP tahap 1 pada saat hari terakhir pendaftaran, tanggal 30 September 2022 pukul 12.00 WIB. Niat utamanya adalah "sendika dhawuh" bapak Kepala Baldik. Soal hasil, kami berlima pasrahkan kepada tim penilai.

Location: Pleret, Jl. Imogiri Tim. KM.9, Jati, Wonokromo, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791, Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...