Senin, 17 Oktober 2022

Flipped Classroom bersama Rumbel

 Praktik Baik Flipped Classroom bersama Rumbel di Kelas X TKJ A & B


Assalamu'alaikum..
Semangat Pagi Sahabat Rumah Belajar..!
Salam Pendidikan!!

Pada kesempatan ini, Bu Rien'z akan menerapkan model Pembelajaran Flipped Classroom di kelas X TKJ A & B. Dikelas ini, terdapat 1 siswa berkebutuhan khusus yang mengalami hearing lost. Menerapkan model pembelajaran Flipped Classroom memungkinkan siswa yang berkebutuhan khusus bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik.

Dimulai pada malam sebelumnya, Bu rien'z mengirimkan link materi yang berupa video dari tv edukasi. Link tv edukasi dikirimkan melalui grup WhatsApp, dan para siswa diberi panugasan untuk menyimak materi, dan membuat catatan-catatan kecil yang berisi materi yang belum jelas. Bu Rien'z juga memantau aktivitas siswa di rumah. Memastikan para siswa benar-benar telah belajar secara mandiri, menyimak materi dengan baik.

Keesokan paginya, Bu Rien'z masuk ke kelas dengan menyiapkan bahan diskusi. Dengan bantuan alat berupa LCD proyektor, Bu Rien'z mengajak siswa untuk mengeksplorasi portal rumah belajar. Setelah menjelaskan secara singkat langkah-langkah penugasan yang harus dilakukan oleh siswa, Bu Rien'z membagi para siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa.

Pada kegiatan diskusi, siswa diberikan kesempatan untuk mengakses Peta Budaya. Setiap kelompok bebas memilih artikel yang ada di Peta Budaya. Penugasan yang dilakukan adalah, siswa membuat perbandingan antara artikel aktivitas budaya yang terdapat pada Peta Budaya, dengan aktivitas budaya yang ada di daerah tempat tinggal masing-masing. bentuk karya yang dihasilkan juga disesuaikan dengan minat siswa. Bisa berupa Mind Map, Tabel, Infografis, Poster dan sebagainya.

Dengan memanfaatkan Rumah Belajar, siswa berkebutuhan khusus pun bisa mengikuti dengan baik. Semoga sahabat rumah belajar dapat menerapkan berbagai model pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan platform yang disediakan oleh kemendikbudristek dengan maksimal.


Eh, ada testimoni dari siswa berkebutuhan khusus di sini.. Video langsung tanpa editan ya..


 

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...