Kamis, 27 Oktober 2022

DisPraBa RumBel #Part 7 (Roadshow Hari ke-1 Part 1 - SMK Tamansiswa Imogiri)

 Mengenalkan Rumah Belajar di SMK Tamansiswa Imogiri


Assalamu'alaikum...

Semangat Pagi.. dan Salam Pendidikan..

Hai, Sahabat Rumah Belajar.. Hari ini, Rabu 26 Oktober 2022 Bu Rienz mengawali kegiatan Roadshow DisPraBa RumBel ke beberapa sekolah di Sekitar Kabupaten Bantul. Sasaran sekolah untuk DisPraBa kali ini adalah sekolah-sekolah yang tercantum dalam SK Nomor 44 tentang Penerapan IKM, baik yang berstatus Mandiri Belajar, Mandiri Berbagi, maupun Mandiri Berubah. Adapun data tersebut merupakan dasbor Implementasi IKM yang Bu Rien'z dapatkan dari Balai Besar Guru Penggerak DIY, dimana dalam dasbor tersebut menunjukkan bagaimana progres pemanfaatan PMM di sekolah, jumlah guru yang telah mengakses Platform Merdeka Mengajar, sampai data kelulusan topik dalam pelatihan mandiri yang terdapat pada PMM. 

Berbekal Surat Rekomendasi dari Kepala Balai Dikmen Kabupaten Bantul, dan Surat Tugas Kepala SMKN 1 Pleret, diringi hujan rintik nan syahdu, Bu Rien'z meluncur ke SMK Tamansiswa Imogiri yang beralamat di Jl. Imogiri-Panggang Km. 1, Karangtalun, Imogiri, Ngetal, Karangtalun, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782. Ditemui oleh Ibu Kepala Sekolah yang cantik dan ramah, Ibu Sujiyem, Bu Rien'z bisa merasakan bagaimana kesabaran dan ketelatenan seorang guru di sekolah swasta yang tidak banyak memiliki siswa. Jumlah pendidik di SMK Tamansiswa Imogiri, sesuai dalam dasbor IKM sejumlah 12 guru. Namun pada hari ini, beberapa guru sedang tugas keluar untuk mengikuti diklat dan kegiatan di Yayasan Taman Siswa. Dengan demikian, kegiatan sosialisasi hanya diikuti oleh 2 orang guru yang pada saat itu sedang tidak mengajar di kelas, dan 2 orang siswa sebagai perwakilan.

Surat Rekomendasi Kepala Balai Dikmen Dan Surat Tugas Kepala SMKN 1 Pleret

 

Sosialisasi dilakukan secara singkat dan padat, dimulai pukul 09.00 - 09.30, Bu Rien'z menyampaikan Praktik Baik ketika mengajar menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan memanfaatkan TV Edukasi dan Peta Budaya pada Platform Rumah Belajar. Disampaikan bahwa penerapan Flipped Classroom ini sangat cocok untuk Mata Pelajaran yang memiliki materi cukup banyak, namun waktu pembelajaran tatap muka terbatas. Adapun sintak atau langkah-langkah pembelajaran menggunakan Flipped Classroom adalah sebagai berikut:

  1. Pre Class, yaitu kegiatan yang dilakukan sebelum kelas dimulai. Hari H-1 sebelum jadwal pembelajaran tatap muka. Guru memberikan materi untuk dipelajari oleh siswa terlebih dahulu.
  2. In Class, yaitu kegiatan saat pembelajaran tatap muka berlangsung. Pada saat ini, kegiatan berpusat pada siswa. Guru bisa mengelola kelas sekreatif mungkin.
  3. After Class, yaitu kegiatan setelah kelas dilaksanakan. Bisa berupa penilaian proyek, evaluasi terbimbing atau penugasan lainnya.

Selain itu, Bu Rien'z juga menyampaikan laporan dasbor IKM di sekolah ini, harapannya agar pemanfaatan PMM di SMK Tamansiswa Imogiri dapat meningkat, dan bisa menjadi salah satu langkah para guru untuk mengembangkan diri. Pada kesempatan ini, Bu Rien'z secara singkat menjelaskan cara download, mengakses, dan login pada PMM. Bu Rien'z juga menawarkan diri kepada ibu Kepala Sekolah, jika suatu saat memerlukan pendampingan lebih intensif mengenai PMM, sengan senang hati Bu Rien'z akan sowan lagi ke SMK Tamansiswa Imogiri.

Sementara itu, Bu Rien'z menyampaikan Platform Rumah Belajar kepada perwakilan siswa yang mengikuti sosialisasi ini. Para siswa dapat memanfaatkan RumBel untuk belajar secara mandiri, dan dapat ditanyakan kepada bapak/ibu guru jika ada hal yang belum dipahami. Tak lupa, Bu Rien'z juga memberikan motivasi kepada para siswa agar terus semangat belajar, pantang menyerah dan mendoakan agar para guru dan siswa selalu sehat, dan mencapai kesuksesan dimasa mendatang.

Daftar Hadir Peserta DisPraBa RumBel SMK Tamansiswa Imogiri

Video kegiatan dapat dilihat pada tayangan berikut ini:


Demikian, Roadshow Hari Pertama Part 1 di SMK Tamansiswa Imogiri. Setelah ini, Bu Rien'z melanjutkan perjalanan ke SMK Pembangunan Dlingo. Sampai Jumpa pada kegiatan selanjutnya.
Wassalamu'alaikum


0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...