Selasa, 25 Oktober 2022

DisPraBa RumBel #Part 6 (Kolab SRB DIY-1)

 Bincang Selasa Malam bersama SRB DIY 2022 Lintas Jenjang

Assalamu'alaikum...
Semangat Pagi, Sahabat Rumah Belajar!
Salam Pendidikan

Para Sahabat Rumah Belajar DIY Tahun 2022 kali ini, berkolaborasi secara mandiri. Dengan membuat Grup Kolaborasi (Bukan untuk memisahkan diri) membuat para SRB menjadi lebih mudah dalam menyelenggarakan pengimbasan. Bagaimana tidak? Dengan tugas utama mengajar yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja, para SRB merasa kesulitan waktu untuk melakukan Roadshow ke sekolah-sekolah. Sehingga pengimbasan secara virtual menjadi alternatif paling efisien untuk berbagi.

Dimotori oleh Ibu Rofiana, kami membentuk kelompok masing-masing grup berjumlah 7 orang. Mengapa dibatasi? agar waktu Webinar Pengimbasan tidak terlalu banyak pemateri, yang dikhawatirkan akan menimbulkan kejenuhan bagi peserta webinar. Tugas membuat Flyer diserahkan kepada Pak Tutut, senior SRB DIY yang kalem dan rendah hati. Tugas membentuk grup dan ngopyak-opyak SRB agar segera kirim foto dan materi dilakukan oleh Ibu Rofiana. Pada akhirnya, ditentukan bahwa masing-masing SRB diharapkan bisa mengajak 5 peserta, asumsinya 5 x 7 SRB akan mendapatkan minimal 35 peserta webinar.

Flyer segera dipublikasikan, setelah Pak Tutut selesai mengedit dan menyusun susunan materi Praktik Baik yang akan dilaksanakan. Melalui Grup WA Guru SMK Bantul, Bu Rien'z membagikan informassi webinar tersebut, dan langsung ditanggapi secara positif oleh Bapak Purwantaka. 

Pelaksanaan Webinar dimulai tepat pukul 18.30 WIB. Dipandu oleh moderator cantik ibu Resti, Webinar Pengimbasan dengan topik Bincang SRB dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Meskipun terlambat masuk Gmeet, karena suatu hal, akhirnya Bu Rien'z bisa bergabung dan sempat menyampaikan materi. Urutan penyampaian materi adalah sebagai berikut:

  1. Rofiana, S.Pd., Kolaborasi PJBL dan Peta Budaya RumBel dala Karya Booklet Keragaman DIY
  2. Titin Sumarni, S.Pd. Pemanfaatan Fitur Sumber Belajarn pada Portal Rumah Belajar dalam Pembelajaran Matematika
  3. Putri Rosdiana Shalihah, Pemanfaatan Bank Soal dan TV Edukasi untuk Kelas V
  4. Resti Apriliyasari, S.Pd., Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Rumah Belajar
  5. Rini Sri Lestari, S.Pd., Penerapan Flipped Classroom dengan Memanfaatkan Fitur Peta Budaya pada Rumah Belajar
  6. Muhammad Fatkhul Damanhury, S.Pd., Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Radio Edukasi dan TV Edukasi
  7. Tutut Tri Setyo Budi, S.Pd., Pemanfaatan Rumah Belajar dalam Model Pembelajaran Discovery Inquiry

Seru dan Kompak sekali SRB DIY dalam berkolaborasi. Tidak hanya kelompok ini saja, masih ada beberapa kelompok lagi yang akan melakukan kolaborasi. Sampai jumpa pada aktivitas SRB DIY dalam PembaTIK Level 4tahun 2022.

Salam Rumah Belajar...
Belajar dimana saja, Kapan saja, dan dengan siapa saja....
Wassalamu'alaikum..

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...