Senin, 24 Oktober 2022

DisPraBa Rumbel #Part 5 (Kolaborasi SRB RAJA JOSS)

RAJA JOSS Kolaborasi SRB Lintas Pulau
Riau, kAlimantan, JAmbi, JOgja, Sumatra, & Sulawesi

Assalamu'alaiku..
Semangat Pagi, Sahabat Rumah Belajar! Salam Pendidikan!

Dari PembaTIK Level 4 ini melahirkan banyak komunitas baru, grup baru dan tentu saja saudara baru. Sesuai tema PembaTIK tahun 2022 ini, "Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar", Bu Rien'z juga melakukan kolaborasi dengan beberapa rekan Sahabat Rumah Belajar. Kolaborasi pertama, Bu Rien'z mengajak rekan-rekan dari Riau, Kalimantan, Jambi, Sumatra dan Sulawesi. Kolaborasi ini sepakat diberi nama RAJA JOSS, yang merupakan akronim dari kota/provinsi asal SRB.

Bagaimana awalnya Bu Rien'z bisa mengajak dan bertemu mereka? Saat itu, Bu Rien'z berchatting ria di Telegram grup Ikatan Guru Indonesia. Selanjutnya, ada salah satu anggota grup yang juga sebagai Sahabat Rumah Belajar mencari rekan untuk berkolaborasi. Beliau adalah Bapak Akhmad dari Kalimantan Selatan. Langsung deh, obrolan berlanjut via jaringan pribadi. Beberapa saat kemudian, ada Ibu Lily dari Jambi juga menawarkan diri untuk ikut bergabung. Jadilan kita bertiga sepakat untuk berkolaborassi. Kemudian Bu Rien'z membentuk grup What's App untuk mempermudah komunikasi.
Dihari lain, Bu Rien'z mendapatkan tawaran kolaborasi kembali melalui Grup What's App Alumni Wardah Inspiring Teacher 2020. Beliau adalah bapak Marwan dari Sulawesi. Langsung saja beliau Bu Rien'z kirimi link WAG agar beliau bisa langsung bergabung.

Genap enam orang anggota grup kolaborasi ini, Bu Rien'z mengadakan virtual meeting melalui Googel Meet pada hari Kamis, 2 Oktober 2022 pukul 13.00 - 15.00 WIB untuk membahas rencana webinar pengimbasan yang akan kami lakukan. Pada pertemuan itulah, kami sepakat untuk mengadakan webinar pengimbasan pada hari Senin, 24 Oktober 2022 pukul 10.00 - 11.00 WIB. 
Setelah Flyer terbuat, kami segera mempublikasikan Flyer tersebut melalui Grup WA, Story WA dan media sosial lainnya. harapannya, agar semakin banyak dipublikasikan, akan semakin banyak peserta yang mengikuti. Peserta yang ingin bergabung pada Webinar ini, diminta untuk mengisi Google Form, kemudian pada akhir form setelah submit jawaban, calon peserta akan mendapatkan link dan diarahkan untuk bergabung di WAG melalui link tersebut.

Pada hari H pelaksanaan, Google meet dibuat oleh pak Marwan, sekaligus sebagai moderatornya. Webinar dimulai tepat waktu pada pukul 10.00 WIB sesuai pada flyer yang tersebar. Meskipun saat itu jumlah peserta yang bergabung belum banyak, kami tetap memulai webinar, agar waktunya lebih efektif. Diawali doa bersama dan mendengarkan Lagu Indonesia Raya dengan khidmat. Pak Marwan memandu acara dengan lancar. Setelah membacakan urutan penampil/narasumber webinar ini, Pak Mawran mempersilakan para Narasumber untuk langsung menyampaikan materinya, dengan durasi waktu masing-masing 10 menit.


Penampil pertama adalah Bapak Muhammad Yunus dengan Praktik Baiknya yang berjudul "Pembelajaran SOLE dengan memanfaatkan Rumah Belajar". Bapak Muhammad Yunus juga menyampaikan penggunaan Laboratorium Maya untuk pembelajaran.


Narasumber kedua, Ibu Lily dari Jambi menyampaikan materi sosialisasi pemanfaatan Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar kepada para peserta. Dilanjutkan dengan pemaparan praktik baik menggunakan Augmented Reality (AR) yang terdapat pada Rumah Belajar. Selama 10 menit, Bu Lily juga sempat mendemonstrasikan, bagaimana AR diterapkan melalui HP.

Sebagai penampil ketiga, Bu Rien'z memaparkan Praktik Baik "Penerapan Flipped Classroom dengan memanfaatkan Rumah Belajar dan TV Edukasi". Setelah melakukan perkenalan singkat, Bu Rien'z menyampaikan fitur-fitur Rumah Belajar secara singkat, karena sudah disampaikan oleh Bu Lily sebelumnya. Selanjutnya, Bu Rien'z menjelasakan apa itu Flipped Classroom? Bagaimana sintaknya? dan Bagaimana Bu Rien's melakukannya di dalam kelas? termasuk kelebihan dan kekurangan dari Flipped Classroom ini.

Penampil selanjutnya adalah Bapak Akhmad Khairawan dari Kalimantan Selatan. Beliau menyampaikan Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) yang terdapat pada Rumah Belajar. Beliau juga menunjukkan MPI yang beliau buat untuk pembelajaran. Sangat menarik dan keren sekali, MPI yang pak Akhmad tunjukkan kepada peserta.


Terakhir, narasumber sekaligus moderator Webinar, Bapak Marwan. Beliau menyampaikan praktik baiknya menggunakan model pembelajarna Discovery Learning berbantuan Fitur Sumber Belajar pada Rumah Belajar. Pak Marwan menyampaikan langkah demi langkah pelaksanaan pembelajaran dengan runtut dan sistematis. Setelah 10 menit berlalu pak Marwan menyampaikan paparannya, kemudian dilanjutkan dengan acara tanya jawab. 

Namun, setelah ditunggu selama 5 menit tidak ada satupun peserta yang bertanya, maka acara Webinar ini kemudian ditutup dengan bacaaan Tahmid bersama-sama.

Demikian, kegiatan Webinar tatap maya Komunitas Raja Joss, Kolaborasi SRB Riau, Kalimantan, Jambi, Jogja, Sumatra dan Sulawesi. Sampai jumpa kembali pada DisPraba RumBel bersama Bu Rien'z pada kesempatan berikutnya. 

Waaslamu'alaikum..

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...