Minggu, 23 Oktober 2022

DisPraBa RumBel #Part 4 (Anak-anak Omah Mindhi)

Serunya Mengenal Rumah Belajar di Omah Mindhi

Assalamu'alaikum..
Semangat pagi, Sahabat Rumah Belajar! Salam Pendidikan!!

Hari ini, Minggu 20 Oktober 2022 Bu Rien'z mudik ke rumah asal mantan pacar (suami 😀) di Dusun Penjalin RT 07, Desa Donomulyo, Kapanewon Kulonprogo. Di kampung halaman suami Bu Rien'z, kami membangun sebuah pendopo yang kami beri nama "OMAH MINDHI". Pendopo tersebut berdiri tanggal 1 Desember 2019. Harapan kami, pendopo Omah Mindhi bisa digunakan sebagai tempat berkegiatan, belajar dan berolah seni. Kami sedang merintis sebuah sanggar seni "Sekar Wilis", yang menyelenggarakan latihan menari bagi anak-anak secara gratis setiap Ahad pagi. Sementara ini, anak-anak yang ikut menari baru warga sekitar RT 07 saja. Namun, harapan kami, kedepan akan bertambah banyak dari daerah mana saja.

Selain untuk berkegiatan, lokasi Omah Mindhi yang dekat dengan Musholla, membuat Omah Mindhi selalu ramai pada sore hari. Anak-anak yang menunggu ustadzah datang, sering bermain Bersama di Omah Mindhi. Moment semacam ini Bu Rien'z jadikan kesempatan untuk mengenalkan Portal RUmah Belajar pada mereka.

Dengan membawa Leptop turun ke Omah Mindhi (karena lokasi Omah Mindhi agak di bawah dari rumah utama kami), saya memanggil anak-anak yang sedang ayunan dan petak umpet di sekitar gapura Omah Mindhi. Dan tak lama kemudian, anak-anak sudah berlarian masuk ke pendopo. Duduk diantara anak-anak tersebut, Bu Rien'z mengenalkan Rumah Belajar, baik melalui leptop, maupun melalui Android. Karena anak-anak tersebut tidak terbiasa membawa HP ketika bermain dan TPA, maka Bu Rien'z fokus mengajak anak-anak untuk eksplorasi menggunakan leptop.

Semua Fitur yang ada di Portal Rumah Belajar Bu Rien'z tampilkan dan didemonstrasikan. Bahkan kami sempat mengerjakan beberapa soal di Bank Soal. Dari keempat fitur utama, dan delapan fitur pendukung di Rumah Belajar, mereka sangat tertarik dengan fitur Laboratorium Maya. Karena rata-rata berusia SD kelas 1-4, mereka sangat takjub melihat kecanggihan teknologi pada Rumah Belajar. Secara bergantian, mereka saya biarkan untuk eksplorasi di Laboratorium Maya. 

Anak-anak sangat antusias dan tertib dalam bergiliran mengakses Laboratorium Maya. Namun, tak lama kemudian, mereka sudah dipanggil ke Musholla karena Ustadzahnya sudah datang. Bu Rien'z pun langsung menyuruh anak-anak segera menuju ke Musholla, dan berpesan jika nanti masih ingin belajar, boleh ke Omah Mindhi Lagi. Anak-anak pun menurut dan langsung tertib mengikuti kegiatan TPA.

Demikian serunya mengenal Rumah Belajar bersama anak-anak di Dusun Penjalin RT 07. Selanjutnya, Rumah Belajar akan dijadikan salah satu agenda kegiatan rutin di Omah Mindhi, selain kegiatan menari. Semoga Omah Mindhi semakin ramai dan semakin istiqomah memberikan layanan edukasi, seni dan rekreasi bari masyarakat.


Rekaman kegiatan DisPraBa RumBel di Omah Mindhi dapat disaksikan melalui tayangan berikut ini:



Bersama Rumah Belajar..
Belajar dimana saja.. Kapan Saja.. dan dengan Siapa Saja..
Wassalamu'alaikum...

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...