Kamis, 20 Oktober 2022

DisPraBa RumBel #Part 2 (MGMP Seni Budaya SMK Kab. Bantul)

 Diseminasi Praktik Baik Bersama MGMP Seni Budaya SMK Kabupaten Bantul

Assalamu'alaikum..

Semangat Pagi, Sahabat Rumah Belajar! 

Salam Pendidikan, dan Salam Rumah Belajar!

DisPraBa RumBel Part 2 kali ini, Kamis, 20 Oktober 2022, Bu Rien'z berbagi praktik baik pembelajaran bersama guru-guru seni budaya yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni Budaya SMK se-Kabupaten Bantul. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Google Meet. Yah, meskipun kami berada di satu wilayah kabupaten, namun kesibukan rekan-rekan guru Seni Budaya di kabupaten Bantul ini membuat kami kesulitan untuk bisa mengumpulkan personel secara tatap muka.

Sebenarnya, kegiatan ini tidak murni untuk berbagi RumBel, sih. Awalnya diadakan Google meet ini karena kami para pengurus membahas mengenai penerbitan Surat Keterangan anggota dan pengurus Aktif MGMP untuk pengajuan PAK tahunan (bagi guru ASN). Nah, kebetulan bu Rien'z menjabat sebagai sekretaris, sambil menyelam minum air, langsung saja memanfaatkan moment untuk berbagi praktik baik bersama rekan-rekan. 

Dalam DisPraBa RumBel bersama MGMP Seni Budaya SMK Kabupaten Bantul ini, Bu Rien'z menyampaikan praktik baik pembelajaran dengan model Flipped Classroom dengan memanfaatkan TV Edukasi dan Fitur Peta Budaya yang terdapat Platform Rumah Belajar. Diikuti oleh pengurus MGMP dan beberapa anggota, kegiatan rapat dan selingan DisPraBa RumBel bisa berjalan dengan lancar, mulai pukul 10.30 - 12.00 WIB.


Selain menyampaikan Praktik Baik bersama RumBel, pada pertemuan daring ini juga menyampaikan mengenai progres pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada sekolah-sekolah yang tercantum dalam SK Nomor 44 tentang Pelaksana IKM, baik yang masuk dalam kategori Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, Maupun Mandiri Berbagi. Sebagai salah satu Google Master Trainer (GMT) Kabupaten Bantul, Bu Rien'z juga perlu menyampaikan hal tersebut, karena berdasarkan Dasbor implementasi PMM yang dikirmkan dari Balai Besar Guru Penggerak DIY menyebutkan bahwa persentase implementasai PMM di Kabupaten Bantul, khususnya jenjang SMA/SMK masih rendah. Hal ini menjadi tantangan bagi Bu Rien'z dan teman-teman GMT Kabupaten Bantul, untuk meng-hijaukan Bantul.

Selanjutnya, sambil menunggu Surat Rekomendasi dari Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Bantul, Bu Rien'z menyampaikan rencana Diseminasi Praktik Baik ke sekolah-sekolah. Rencana Diseminasi akan dijadwalkan selama 3 hari pada pekan depan.

Demikian hasil rapat sekaligus DisPraBa RumBel (Diseminasi Praktik Baik Rumah Belajar) bersama MGMP Seni Budaya SMK Kabupaten Bantul. Sampai jumpa lagi pada DisPraBa selanjutnya..

Bersama Rumah Belajar... Belajar dimana saja.. Kapan saja.. dan Dengan siapa saja.

Salam Rumah Belajar.. Wassalamu'alaikum...

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...