Kamis, 27 Oktober 2022

DisPraBa RumBel #Part 12 (Roadshow Hari ke-2 Part 3 - SMKN 1 Pajangan)

Berbagi Bersama Guru dan Siswa SMKN 1 Pajangan di Wignya Wilapa


Assalamu'alaikum...
Semangat Pagi Sahabat Rumah Belajar.. Salam Pendidikan!!

Masih dihari yang sama, Kamis 27 Oktober 2022, kali ini tujuan ketiga dalam Roadshow DisPraBa Rumbel berada di SMK Negeri 1 Pajangan. SMK ini berlokasi di Pajangan, Triwidadi, Kec. Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751, diperlukan waktu 25 menit perjalanan dari SMK Cokroaminoto Pandak.

Disambut dengan ramah oleh Bapak Kepala Sekolah, Bu Rien'z mengutarakan maksud kedatangan dan menyerahkan Surat Rekomendasi dari Kepala Baldik Bantul dan Surat Tugas dari Kepala SMKN 1 Pleret. Tak lupa, Bu Rien'z juga menyampaikan laporan dasbor Implementasi PMM dari Balai Besar Guru Penggerak DIY kepada beliau, agar nantinya segera mendapatkan tindak lanjut.

Bapak Drs. Sunar, Kepala SMK Negeri 1 Pajangan mengutus Bapak Teguh, untuk menfasilitasi kegiatan diseminasi ini. Pak Teguh kemudian bekerjasama dengan Waka Kurikulum, Bapak Andri untuk mengkondisikan beberapa guru yang saat itu tidak mengajar, sekaligus mengajak tiga orang siswa yang tidak terlibat dalam latihan upacara bendera.

Menuju ke perpustakaan SMK Negeri 1 Pajangan yang bernama "Wignya Wilapa" memiliki filosofi  sebagai “tempat berkumpulnya orang-orang pintar”. Kesan pertama begitu masuk ke ruang perpustakaan adalah suasana yang adem, dimanjakan dengan ornamen batik dan front office dengan warna dasar Oranye, membuat perpustakaan ini terkesan ceria dan ramah anak.

Bersama tujuh orang guru dan tiga siswa, Bu Rien'z menyampaikan pengenalan fitur Rumah Belajar, sekaligus berbagi praktik baik pembelajaran menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom. Menurut salah satu siswa jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) yang mengikuti kegiatan ini, Tugas Praktik yang mereka lakukan adalah salahsatunya membuat game semacam yang ada di Rumah Belajar. Hal ini bisa menginspirasi mereka untuk membuat tugas yang bermanfaat bagi pembelajaran adik-adik kelas mereka.

Terkait dengan persentase implementasi PMM yang masih cukup rendah di sekolah ini, salah satu Guru, Pak Baroto menanyakan apakah ada pendampingan semacam workshop bagi guru-guru SMKN 1 Pajangan untuk mengimplementasikan PMM? Dengan senang hati, jika sekolah membutuhkan pendampingan dalam akses Pelatihan Mandiri di PMM, maka Bu Rien'z akan hadir kembali ke skolah ini. Tentu saja atas izin Kepala Sekolah dan perlu dialokasikan waktu khusus untuk pendampingan.

Tak lupa dilakukan sesi foto bersama, dengan menunjukkan portal rumah belajar, Bu Rien'z juga mengajak peserta untuk yel-yel rumah belajar. Para peserta diseminasi juga disilakan untuk mengisi daftar hadir sebagai bukti kehadiran.


Video bisa disaksikan melalui link berikut:


Demikian, berbagi praktik baik bersama Bapa/ibu guru dan siswa di SMK Negeri 1 Pajangan. Setelah ini, Bu Rien'z akan melanjutkan perjalanan ke arah Tenggara, tepatnya di SMK Negeri 1 Sanden. Sampai jumpa lagi, dan Salam Rumah Belajar..

Belajar dimana saja..
Kapan saja..
dan dengan Siapa saja...
Wassalamu'alaikum...




0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...