Kamis, 27 Oktober 2022

DisPraBa RumBel #Part 11 (Roadshow Hari ke-2 Part 2 - SMK Cokroaminoto Pandak)

 Mengenal RumBel dan Optimalisasi PMM di SMK Cokroaminoto Pandak


Assalamu'alaikum..
Semangat Pagi Sahabat Rumah Belajar, dimanapun anda berada..
Salam Pendidikan!!

Masih semangat melaksanakan Roadshow DisPraBa RumBel Part 11 hari ini. Kamis, 27 Otober 2022. Setelah membersamai guru-guru dan siswa di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo Kasihan (MuBaKa), Bu Rien'z melanjutkan perjalanan menuju Kapanewon Pandak. Sepanjang jalan yang dilalui sangat menyenangkan. Pemandangan hijaunya pepohonan, membuat perjalanan jauh menjadi tidak terasa. Meskipun sempat harus memutar rute, karena ada jembatan yang sedang dalam perbaikan. 

SMK Cokroaminoto Pandak beralamat di Jalan Raya Sedayu, Gesikan, Jodog, Wijirejo, Kec. Pandak, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55761. Sampai di gerbang SMK Cokroaminoto Pandak, Bu Rien'z mencoba menemui pertugas keamanan di sana (satpam), karena berdasarkan pengalaman di sekolah sebelumnya, Bu Rien'z berjaga-jaga seandainya harus pindah tempat ke unit 2 lagi.. hehe.. Dan ternyata dugaan Bu Rien'z tepat, saudara-saudara.. Dari informasi pak satpam, saya diminta untuk menemui Ibu Lutty di unit 2 yang tak jauh dari unit 1. Baiklah, mari kita meluncuuurrr...

Disambut dengan para siswa yang sedang pembelajaran di luar kelas, Bu Rien'z langsung menuju ke ruang tamu dan mohon izin untuk menemui Ibu Lutty, seperti yang dikatakan pak satpam tadi. Ternyata Bu Rien'z kurang beruntung saat ini, karena Bapak Kepala Sekolah sedang ada tugas di luar. Namun tidak masalah, dengan dibantu Ibu Lutty, Bu Rien'z tetap bisa melaksanakan diseminasi kepada bapak/ibu guru di SMK Cokroaminoto Pandak ini.

Tidak banyak bapak/ibu guru yang dapat hadir, karena sebagian besar guru sedang monitoring siswa PKL, dan sebagian lagi mengajar di kelas. Namun hal ini tidak menyurutkan Bu Rien'z dalam melakukan Diseminasi. Dengan fasilitas LCD dan Speaker yang cukup, Bu Rien'z mengenalkan Portal Rumah Belajar terlebih dahulu. Mendampingi Bapak/ibu Guru untuk login ke Rumah belajar, baru kemudian menyampaikan praktik baik pembelajaran yang menerapkan model Flipped Classroom.

Selain itu, Bu Rien'z juga menyampaikan pesan terkait dengan persentase Platform Merdeka Mengajar. Sejauh mana bapak/ibu guru telah mengakses PMM tersebut. Dan Bu Rien'z juga menyampaikan tips dan trik mengerjakan Pelatihan mandiri sekaligus Aksi Nyata pada tiap topik yang dipelajari.

Dari kegiatan tersebut, terlihat semangat bapak/ibu guru SMK Cokroaminoto Pandak sangat luar biasa. Semua peserta langsung mendownload aplikasi dan login menggunakan akun belajar.id yang mereka miliki. harapannya, di sekolah ini, Portal Rumah Belajar dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran, Meskipun tidak bisa menjadi media utama dalam belajar, namun Rumah Belajar bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi kejenuhan siswa diantara rutinitas KBM yang konvensional.

Daftar Hadir kegiatan Diseminasi Praktik Baik Rumah Belajar (DisPraBa RumBel) di SMK Cokroaminoto Pandak


Jangan lupa, mampir ke Channel YouTube Bu Rien'z untuk menyaksikan rekaman kegiatan hari ini. Ditunggu Like, Coment and Subscribe, ya..


Demikian tadi, perjalanan Roadshow hari kedua tujuan kedua yang Bu Rien'z lakukan hari ini. Selanjutnya, Bu Rien'z akan meluncur ke arah Barat Laut, ke SMK Negeri 1 Pajangan. Sampai jumpa di sana, ya..

Salam Rumah Belajar..
Belajar dimana saja.. Kapan saja.. dan dengan siapa saja..
Wassalamu'alaikum...

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...