Kamis, 27 Oktober 2022

DisPraBa RumBel #Part 10 (Roadshow Hari ke-2 Part 1 - SMK Muh Bangunjiwo)

 Kamis Manis di SMK MuBaKa

Assalamu'alaikum...Semangat Pagi, dan Salam Pendidikan!

Hallo Sahabat Rumah Belajar, kamis manis yang cerah ceria (Seceria hatikuuuu😍) Bu Rien'z akan melakukan Roadshow Hari kedua. Kali ini, Kamis, 27 Oktober 2022 roadshow DisPraBa RumBel dilaksanakan di area Kapanewon Kasihan, Pajangan, Pandak dan Sanden. Dengan diantar babang driver, Bu Rien'z memulai perjalanan menuju ke Barat (Ngikuti Sun Go Kong 😂😂). Tujuan pertama bu Rien'z sesuai Surat Tugas Kepala SMKN 1 Pleret adalah di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo Kapanewon Kasihan.

Melewati Desa wisata Kasongan, pandangan mata dimanjakan adanya hasil-hasil kerajinan gerabah yang dipajang di Gallery dan toko penjual souvenir wisata di sepanjang jalan Kasongan. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 35 menit dari SMK Pleret, GMap di Handphone Bu Rien'z berhenti di alamat Jl. Ngentak - Kalirandu Jl. Peleman No.RT 04, Kalirandu, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184. Artinya, tujuan sudah sampai, nih. Namun, Bu Rien'z sempat heran kok sepi banget? Salah alamat, kah?? Mencoba mendekati bangunan yang salah satu pintunya terbuka, Bu Rien'z mencoba untuk mengucap salam. 

Langsung bertemu dengan Bapak Kepala Sekolah. Ternyata, gedung yang Bu Rien'z datangi ini adalah Gedung SMK MuBaKa unit 1, sedangkan para siswa melaksanakan KBM di Unit 2, tak jauh dari Unit 1 (hanya terpisah lapangan sepak bola). Sebelum Bu Rien'z menuju ke Unit 2, tak lupa Bu Rien'z mengutarakan maksud dan tujuan kedatangan Bu Rien'z ke SMK MuBaKa ini. Dengan menyerahkan Surat Tugas dari Kepala SMKN 1 Pleret dan Fotocopy Surat Rekomendasi dari Balai Dikmen Kabupaten Bantul.

Kembali melanjutkan langkah ke SMK MuBaKa unit 2, di sana Bu Rien'z bertemu dengan Waka Kurikulum yang masih muda dan sangat cantik, ibu Karima. Beliau yang memfasilitasi kegiatan DisPraBa hari ini. Dengan peserta yang terbatas, karena sebagian besar guru dan siswa sedang melaksanakan Pembelajaran, kegiatan diseminasi dilaksanakan di lab komputer.

Pada diseminasi ini, Bu Rien;z mengenalkan fitur Rumah Belajar, baik fitur utama maupun Fitur Tambahan, serta bagaimana Rumah Belajar bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran. Seperti Praktik Baiik yang Bu Rien'z lakukan, yaitu menerapkan model pembelajaran Flipped Classroom dengan memanfaatkan Fitur Peta Budaya pada Rumah Belajar. Guru dan siswa sangat antusias mengikuti kegiatan disemonassi singkat ini. Ternyata, para guru dan siswa di SMK MuBaKa ini memang belum mengenal Rumah Belajar sebelumnya. Langsung saja, semua siswa yang ada di lab komputer langsung download aplikasi Rumah Belajar melalui Playstore.

Selain Rumah Belajar, Bu Rien'z juga menyampaikan dasbor PMM yang ada di sekolah tersebut. Data pada Dasbor Implementasi PMM dari Balai Besar Guru Penggerak DIY menunjukkan bahwa persentase pemanfaatan PMM di SMK MuBaKa masih cuku rendah. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, Bu Rien'z sekaligus menyampaikan tentang pemanfaatan PMM bagi guru.

Kurang lebih 30 menit, Bu Rien'z menyampaikan Praktik Baik dan mengenalkan Rumah Belajar kepada guru dan siswa SMK MuBaKa. Tak lupa pula kami langsung narsis mengambil video yel-yel RUmah Belajar dengan penuh semangat. Selanjutnya Bu Rien'z mohon izin untuk melanjutkan perjalanan menuju ke SMK Cokroaminoto Pandak.


Rekaman kegiatan DisPraBa Rumbel Par 10 di SMK MuBaKa dapat disaksikan melalui tayang berikut ini:



Sampai jumpa lagi, dan Salam Rumah Belajar!
Belajar dimana saja.. Kapan saja.. dan Dengan Siapa saja.
Wassalamu'alaikum...!

0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...