Selasa, 18 Oktober 2022

Coaching PembaTIK Level 4 DIY #H 1

 Pendampingan Synchronus PembaTIK Level 4 DIY


Assalamu'alaikum..
Semangat pagi Sahabat Rumah Belajar! Berjumpa kembali dengan Bu Rien'z, di Blog Guru Seni.

Salah satu rangkaian kegiatan peserta PembaTIK Level 4 DIY adalah Coaching atau pendampingan untuk mendalami modul PembaTIK Level 4. Malam ini, 30 Peserta PembaTIK Level 4 Daerah Istimewa Yogyakarta didampingi oleh Duta Rumah Belajar (DRB) DIY, yaitu Bapak Sigit Suryono (DRB DIY 2018), Ibu Nur Ernawati (DRB DIY 2019), Ibu Yuli Nestyaningrum (DRB DIY 2020) dan Bapak Bachtiar Rifai (DRB DIY 2021). Selain keempat DRB hebat tersebut, turut hadir pula Ibu Akila, Bapak Donie dan Bapak Gama dari Pusdatin Kemdikbudristek (keren, kan??) dan tentu saja ada pendamping spesial, Bapak Saiful Jamal dan Bapak Hamrah Beliau berdua juga Duta Rumah Belajar dari Papua Barat dan Maluku (Hmmm, jadi pengen bertandang ke sana, nih..)


Acara coaching hari pertama ini dipandu oleh host cantik dan imut, ibu Nur Ernawati. Beliau mengantarkan acara coaching ini dengan sangat komunikatif, sehingga diwaktu jam ngantuk ini, semua peserta bisa mengikuti kegiatan sampai akhir. Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, peserta dengan khidmad mengikuti dari rumah masing-masing, dilanjutkan lantunan doa yang khusyuk dari bapak Sigit Suryono, membuat hati menjadi adem, dan turut melantunkan doa agar kegiatan PembaTIK Level 4 ini bisa terlaksana dengan baik, dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Sambutan dari Bapak Gama, sebagai salah satu pendamping dari Pusdatin Kemdikbudristek, mengatakan bahwa pada tahun ini, sasaran akhir PembaTIK bukan hanya sebagai Duta Rumah Belajar, melainkan Duta Teknologi. Untuk itu, harapannya semua peserta dapat berbagi praktik baik dalam memanfaatkan beragam teknologi yang terintegrasi dengan platform yang diluncurkan oleh Kemdikbudristek, seperti Rumah Belajar, Platform Merdeka Mengajar (PMM), Radio Edukasi, TV Edukasi dll.

Selanjutnya, DRB DIY 2018 Bapak Sigit Suryono menyampaikan sebuah materi mengenai Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Dimana beliau membagikan pengalaman ketika menjadi DRB di Tahun 2018 dengan berbagi melalui artikel di Blog. Beliau memberikan tips-tips menulis yang luar biasa, strategi penulisan hingga bagaimana agar semua aktivitas kita bisa diposting di Blog secara rutin. 


Sementara itu, DRB DIY 2021 Bapak Bachtiar Rifai menyampaikan materi tentang strategi komunikasi dan kolaborasi. Diawali dengan memanfaatkan Jamboard, Pak Bachtiar mengajak peserta untuk menyusun sebuah puzzle secara online. Dari permainan tersebut, dapat di ambil pelajaran bahwa dalam suatu kolaborasi diperlukan adanya kerjasama, saling menghargai, dan pentingnya leader dalam suatu kelompok. Tidak kalah penting pula dalam sebuat komunikasi adalah media yang tepat untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan, meskipun ditengah perjalanan pasti akan terdapat hambatan atau gangguan pada komunikasi.

Materi terakhir pada H1 coaching PembaTIK Level 4 ini disampaikan oleh DRB DIY yang cantik dari SMA 1 Seyegan, ibu Yuli Nestyaningrum. Beliau menyampaikan mengenai berbagai media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk berbagi. Dalam hal ini, Ibu Yuli juga memberikan pengalaman terbaik beliau ketika mengikuti PembaTIK tahun 2020 yang akhirnya mengantarkan beiau menjadi Duta Rumah Belajar DIY.

Malam Selasa yang luar biasa, sambil mangku si kecil yang lagi agak rewel karena demam, Bu Rien'z sangat bersyukur dapat mengikuti kegiatan ini hingga selesai. Banyak hal yang diperoleh dari G-Meet malam ini, sebagai bekal awal Bu Rien'z untuk mengikuti kegiatan PembaTIK Level 4 Tahun ini. 

Sampai jumpa pada coaching H2 besok malam, dengan narasumber keren DRB Maluku, Bapak Hamrah Surianto dan DRB Papua Barat Bapak Saiful Jamal.








0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...