Jumat, 26 Agustus 2022

Berbagi di Radio Edukasi

 Serunya Sharing bersama Radio Edukasi

Hari gini, adakah yang masih suka dengerin Radio?? Sudah pasti jarang sekali, ya? Sebagian besar penduduk Indonesia tidak terlalu menyukai Radio sebagai sarana untuk mencari informasi. Hal yang menjadikan radio tergeser oleh televisi yaitu karena radio hanya bisa didengar sebagai audio saja, tidak seperti televisi yang bisa dilihat secara visual bahkan televisi dapat kita nikmati secara audio visual.

Riset yang pernah dilakukan Broadcasting Board of Governors sebuah badan yang menaungi lembaga-lembaga penyiaran internasional milik Amerika dan perusahaan riset Gallup yang mengungkapkan bahwa dibandingkan dengan media lain, 87% penduduk Indonesia menggunakan TV untuk mendapatkan berita, 36% melalui SMS, 11% memperoleh informasi dari radio dan hanya 7% yang masih menggunakan media cetak untuk mendapatkan berita.

Jika pada 2010 50% penduduk Indonesia mendengarkan radio untuk mendapatkan berita, angka tersebut anjlok menjadi 31% pada 2011 dan terus merosot tinggal 24% pada tahun 2012. Kebiasaan ini dilakukan oleh 15% penduduk usia diatas 30 tahun, dan 30% usia muda (15 -- 24 tahun). Survey juga menunjukkan terjadinya penurunan pada jumlah pendengar radio, dimana saat ini hanya 24% penduduk Indonesia yang menggunakan radio untuk mendapatkan informasi.

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Rendahnya Minat Masyarakat untuk Mendengarkan Radio", Klik untuk baca:

 Nah, untuk mengenalkan kembali radio kepada kawula muda, para pelajar dari jenjang PAUD hingga Mahasiswa, ada Radio Edukasi untuk pendidikan. Radio Edukasi adalah sebuah stasiun radio yang dimiliki oleh Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, yang menyajikan komposisi acara pendidikan; berupa berita pendidikan, acara hiburan, dan pendidikan.

Radio Edukasi dengan slogannya Cerdas, Santun dan Menghibur mengudara setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB. Banyak acara-acara menarik setiap harinya, seperti Prestasi Pelajar Pancasila, Jendela Sekolah, Resban, Ngopi, dan lain-lain. Anda dapat mengakses Radio Edukasi melalui aplikasi Radio Edukasi atau secara online di https://radioedukasi.kemdikbud.go.id/ 

Berbagi Pengalaman di Jendela Sekolah Radio Edukasi

Pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2022 lalu, Bu Rien'z mendapatkan kesempatan untuk bertamu ke studio Radio Edukasi di Balai Besar Guru Penggerak Yogyakarta yang beralamat di Jl. Sorowajan Baru 367 Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198. Dalam kesempatan ini, Bu Rien'z mengisi acara Jendela Sekolah, dimana dalam siaran langsung selama 1 jam mulai pukul 15.00 - 16.00 WIB dengan tema Pemanfaatan Blog untuk Pembelajaran.


Mengapa mengambil Tema Blog?

Sebenarnya blog sendiri mungkin sudah bukan hal yang baru/asing bagi kalangan penjelajah online. Setiap kali kita mencari artikel tertentu, mencari informasi tertentu di mesin pencarian, seringkali tertaut pada artikel atau tulisan di blog. Nah, dengan mudahnya blog ini muncul di permukaan perncarian, kebanyakan konten blog ini merujuk pada bisnis, artikel populer atau berita. Bagaimana jika Blog ini dimanfaatkan untuk pembelajaran? sekaligus sebagai data base arsip materi pelajaran yang bisa dibuka kapan saja dan dimana saja oleh siswa dan guru?

Seberapa Manfaat Blog dalam Pembelajaran?

Manfaat Bagi Guru:
Guru dapat memposting materi di blog. Materi bisa disesuaikan dengan gaya belajar siswa, misalnya bagi siswa yang suka membaca, guru dapat menyajikan materi pelajaran menggunakan teks, file pdf, powerpoint dan sebagainya. Sementara siswa yang suka belajar dengan audio visual, dapat juga disajikan materi berupa video, atau disisipkan link yang ditautkan pada YouTube atau Google Drive. 
Dengan Blog, guru juga bisa menyampaikan materi yang tidak bisa disampaikan secara langsung di kelas.

Manfaat Bagi Siswa:
Siswa dapat mengakses blog dimana saja, dan Kapan saja. Blog dapat diakses menggunakan perangkat Smart Phone Android dan Laptop. Dengan demikian, siswa dapat mempelajari materi berulang-ulang, materi yang sudah disampaikan oleh guru pada waktu sebelumnya.

Seberapa Efektif Pembelajaran menggunakan Blog?

Sejauh ini, pembelajaran menggunakan blog cukup efektif untuk pembelajaran di kelas. Literasi siswa terlihat meningkat ditandai dengan fokus siswa dalam membaca artikel/postingan di blog dan mereka mampu erangkum materi apa yang mereka baca.
Tampilan blog yang bervariasi juga dapat mengundang ketertarikan siswa dalam belajar. Dan harapannya, dengan blog ini prestasi belajar siswa juga meningkat.
Tentu saja aktivitas siswa selama pembelajaran tidak hanya membaca blog saja. Guru bisa juga mengajak siswa melakukan aktivitas diskusi dengan materi dari blog yang dibuka. Bisa juga siswa diminta untuk membuat Mind Map dari materi yang tersaji di Blog Guru tersebut. 
Pada intinya, guru juga bisa mengembangkan aktivitas siswa agar tidak bosan di dalam kelas.

Apakah Semua Mata Pelajaran dapat Memanfaatkan Blog untuk Pembelajaran?

Sebenarnya hampir semua mata pelajaran bisa memanfaatkan blog untuk pembelajaran. Khususnya mata pelajaran yang sifatnya teori, dan pemahaman. Untuk mapel-mapel tertentu seperti mapel produktif yang mengharuskan untuk praktik, blog bisa dimanfaatkan pada saat pengantar teori dari topik tertentu, kemudian siswa mempraktikkan dari apa yang telah dibaca/dipelajari di blog tersebut.

Apakah Blog dapat dimanfaatkan untuk semua jenjang Pendidikan?

Bisa saja. Mulai dari jenjang SD hingga perguruan tinggi. Tentu saja untuk siswa SD perlu pendampingan, terutama memang diperuntukkan bagi siswa yang sudah lancar membaca. Krn pada dasarnya postingan blog berbasis teks, meskipun di dalamnya bisa disisipi video maupun gambar.

Apakah pembelajaran dengan Blog bisa mengakomodasi semua keinginan pembelajaran semua murid ?

Dalam memahami karakter belajar murid, tentu saja dengan blog juga bisa mengakomodasi semua karakter belajarnya. Bagi siswa yang suka dengan cara belajar visual, mereka bisa membaca materi teks yang tertulis di blog berikut materi yang disematkan dalam bentuk pdf. Bagi siswa yang suka belajar dengan audio-visual, mereka bisa mempelajari materi melalui video yang disematkan di blog, dan bagi siswa yang suka akan penjelajahan, bisa mengakses google site yang juga saya sematkan di blog.

Closing Statement

Guru yang baik adalah mereka yang selalu meng-upgrade ilmu dari manapun. Karena saat ini, guru bukanlah sebagai satu-satunya sumber belajar bagi murid. Teknologi memang penting. Dan saat ini adalah waktu terbaik kita untuk belajar mengaplikasikannya di kelas. Tapi pada akhirnya secanggih apa pun media yang kita pakai dalam pembelajaran. Teknologi tidak dapat menggantikan kedudukan guru.



Pengalaman yang luar biasa dapat berkesempatan untuk berbagi di Jendela Skolah Radio Edukasi. Berkat bantuan Ibu Sari Listyaningsih H, S.Sos sebagai host yang luar biasa keren, membuat Bu Rien'z bisa melepas grogi dan ketegangan yang dirasakan sebelum masuk ke studio.😃
Daaann, tentu saja tidak lupa pula kami mengambil foto bersama sebagai dokumentasi, dan kenang-kenangan yang tak akan terlupakan..








0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...