Kamis, 14 April 2022

Materi Konsep Budaya (KD 3.1.1)

KONSEP BUDAYA



A. Pengertian Budaya

Asal kata kebudayaan:

Kata Buddhayah (sansekerta) bentuk jamak dari kata Buddhi (budi/akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Kebudayaan adalah hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat.

Menurut Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan gagasan dan karya manusia, yang harus dibiasakan dengan belajar, beserta keseluruhan dari hasil budi dan karyanya itu.

B. Bentuk Kebudayaan

1) Abstrak

Adalah bentuk budaya yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga tidak bisa dilihat, difoto, maupun diraba

2) Konkret

Adalah bentuk kebudayaan yang berpola pada tindakan atau aktivitas manusia dalam masyarakat yang dapat dilihat, difoto, diraba dan dapat disimpan.

C. Wujud Kebudayaan

Perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku, dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat

Tiga Wujud Kebudayaan menurut J. J Hoenigman:

1) Gagasan (Wujud Ideal)
Gagasan (wujud ideal) kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan yang bersifat abstrak, tidak dapat diraba, atau disentuh.

2) Aktivitas
Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu, yang terdiri dari aktivitas manusia yang saling berrinteraksi, berdasarkan adat tata kelakuan. Bersifat konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dapat diamati dan didokumentasikan.

3) Artefak
Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret di antara ketiga wujud kebudayaan.

D. Unsur Budaya

1) Bahasa
Alat komunikasi yang digunakan dalam suatu wilayah masyarakat.

2) Religi/Agama
Sistem kepercayaan manusia terhadap Tuhan YME.

3) Sistem Pengetahuan
Tingkat kematangan seseorang dalam berpikir dan kegiatan pendidikan

4) Sistem Sosial
Tata aturan hubungan antar masyarakat pada suatu wilayah

5) Teknologi
Penguasaan benda-benda teknologi dalam penerapan kegiatan di masyarakat

6) Sistem Ekonomi
Sistem yang berhubungan dengan kegiatan perekonomian masyarakat

7) Kesenian
Kegiatan yang berhubungan dengan cipta, rasa, dan karsa


Materi dalam bentuk video dapat dilihat [di sini]



0 comments:

Posting Komentar

Manajemen Pertunjukan Seni Tari

Manajemen Pertunjukan Seni Tari Materi Seni Tari Semester Genap 1. Pengertian Manajemen Pertunjukan Seni Tari Manajemen pertunjukan seni tar...